The Orange Network

Pleasure of Sleep

Posted on: July 8, 2007

SleepDi blog saya sebelumnya “How to make every work day more fun” Saya sempat menyinggung mengenai “Tidur yang cukup”, dulu saya seorang insomnia parah, hal itu mungkin disebabkan akibat pekerjaan saya sebelumnya yang menggunakan sistem shift, 09.00 – 21.00 dan 21.00 – 09.00, kurang lebih selama 2 tahun seperti itu, jadi mungkin sistem metabolisme saya kacau atau entah bagaimana saya menjadi sulit sekali tidur, dan mudah terbangun (sampai sekarang saya masih mudah terbangun, hanya dengan vibrate hp 2 detik / nada sms “ting tong”, saya bisa terbangun)

Tetapi untungnya sekarang saya tidak mengalami kesulitan untuk tidur, saya lupa membaca dari mana bahwa ada beberapa tips supaya mudah tertidur (tanpa menggunakan obat tidur tentunya) lalu saya juga merasakan sendiri perbedaan antara tidur berkualitas dan tidur tidak berkualitas. Berikut tipsnya supaya mudah tertidur, karena tidur merupakan kebutuhan pokok untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tentu saja produktif.

  1. Buatlah ritual tetap sebelum tidur, sebelum anda tidur, buatlah ritual tetap yang anda lakukan setiap harinya sesaat sebelum anda menuju pulau kapuk, seperti misalnya bersih2, cuci muka, dsb lalu membaca, menulis, mendengarkan musik, menonton dvd, menonton televisi, atau aktifitas lain yang tentu saja anda tahu itu tidak akan membuat tubuh anda semakin tegang, tetapi semakin relaks agar mudah cepat tidur. Untuk musik misalnya anda memutar musik instrumen klasik saja yang tanpa ada liriknya jadi anda tidak tertarik untuk menyanyi, hanya mendengar. Untuk dvd misalnya anda memutar film dokumentasi tentang sejarah mesir, dsb, anda juga akan mendapatkan informasi yang berguna juga kan. Ritual saya pribadi adalah membaca buku atau menulis blog.🙂
  2. Relax, kosongkan pikiran anda, lemaskan seluruh tubuh, rasakan anda bernafas, posisi tidur yang bagus adalah posisi terlentang menghadap keatas, karena dengan posisi tersebut tubuh bertumpu dengan sempurna/seimbang dibandingkan posisi miring kanan / kiri.
  3. Segelas susu hangat, boleh dicob, saran ini banyak sekali didapat dan memang cukup terbukti, susu hangat akan membuat anda merasa kenyang dan hangat, perasaan kenyang akan membuat anda lebih relax dan mengantuk. Saya pribadi lebih suka membuat teh susu, meski teh sebenernya akan membuat tubuh kita lebih terjaga karena mengandung kafein, tetapi teh susu cukup berhasil buat saya.
  4. Berhayal, bayangkan sesuatu yang menyenangkan dan relax, seperti anda berada di sebuah pulau yang indah, dengan hamparan pasir putih, ombak yang tenang, angin yang sepoi2, lalu anda berjemur disana menikmati hidup.
  5. Berdoa, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi, entah kenapa saya sering sekali tertidur saat saya berdoa malam hari, mungkin karena posisi berdoa saya juga posisi tidur… hehehe *so sorry God…
  6. Me-ngulet dan menguap, pancing tubuh anda dengan melakukan mengulet/merenggangkan tubuh dan menguap agar lebih relax.

Tidur berkualitas adalah tidur yang benar2 tidur, dalam arti tubuh anda beristirahat dengan baik, dan anda bangun dengan keadaan segar bugar, ciri2nya adalah :

  • Anda terbangun dengan sendirinya di waktu yang tepat (setelah 6-8 jam)
  • Badan anda terasa segar, pikiran jernih, perasaan senang, mata tidak mengantuk, bersemangat.
  • Biasanya tidak bermimpi, atau bermimpi yang menyenangkan.

Sedangkan tidur tidak berkualitas tanda2nya :

  • Anda terjaga tengah malam / sebelum waktunya.
  • Saat bangun badan anda sakit2, masih merasa mengantuk sekali, bad mood, malas.
  • Mata anda berkantung dan hitam.
  • Bermimpi buruk.
  • Selalu terjaga setiap saat / beberapa jam.

Pastikan :

  1. Seluruh badan anda bersih sebelum tidur, sebaiknya hapus make up, dsb.
  2. Pakaian tidur anda nyaman, hindari pakaian ketat saat tidur.
  3. Tempat tidur anda bersih dan nyaman, tidak ada kotoran di tempat tidur, anda tidur di kasur, suhu udara pas, dsb.
  4. Suasana nyaman, tenang, tidak ada yang mengganggu konsentrasi tidur anda.

Semoga anda bisa benar2 menikmati tidur anda, jika anda mempunyai tips lain, silahkan disharing disini, thanks and have a nice dream.🙂

7 Responses to "Pleasure of Sleep"

Anak sulungku mempunyai kelainan tidur yang disebut narcolepsy (sleeping disorder), mudah sekali tertidur, semakin stres makin tertidur. Jadi lingkungan harus membantu mengingatkan,kalau kuliah sering tertidur dan karena dosen udah tahu dibiarkan saja.

Saya kalau stres sulit tidur, jadi masalahnya harus diselesaikan dulu. Kalau ga bisa tidur, paling mujarab minum susu hangat, cuci muka, dan membaca bacaan ringan…sebentar kemudian udah melayang. Kuncinya stres diselesaikan dulu.

akhir2 ini saya baca qur’an or cari kerjaan di internet dan setelah itu ngantuk , padahal harus buat CV dulu karena esok harinya ada interview or ngirim CV , udah lulus ternyata harus sibuk cari kerja.

hmm, saya mau sharing dikit.
kalau mau tidur, kalau bisa jangan berpikiran jelek atau bad mood, karena biasanya akan sampai terbawa mimpi, kecuali kalau memang ingin tidur untuk menghapus ingatan tentang hal jelek yang terjadi.

Saya juga mau tanya satu hal.
apakah baik kalau kita tidur 12 jam sehari?padahal untuk seumuran saya, yang ideal itu kata orang 9 jam per hari…

@edratna… wah ada juga yah yang semakin stress semakin mudah tidur… bagaimana menurut dokter?… hmmm kalau secara logika saja, berarti ada kemungkinan penderita narcolepsy saat dia stress pasokan oksigen ke otak berkurang?… apakah itu tidak apa2?… bagaimana pencegahannya?…

Saya menyimpulkan seperti itu karena sewaktu ibu saya masih hidup dia penderita diabetes, waktu parah2nya, terkadang saat dia berbicara dengan saya/keluarga, bisa tiba2 tertidur sebentar kurang lebih sekitar 2-5 menit, lalu nanti bicara lagi… begitu juga saat mendengarkan… (kasihan banget yah…) saya menanyakan ke dokter katanya karena pasokan oksigen ke otak terganggu/kurang…

@randi…
Kalau begitu karena melamar pekerjaan itu penting, ubah jam untuk mencari pekerjaan di internetnya, jangan terlalu malam, misal jam 7 setelah makan malam, atau siang hari diwaktu senggang…🙂

@cs_1912…
berapa umurnya?… jumlah jam tidur yang normal memang berubah2 sesuai umur, saat kita bayi kita membutuhkan tidur lebih lama, lalu saat kita anak2 jam tidurnya berkurang, remaja semakin berkurang, dewasa semakin berkurang, orang tua semakin berkurang lagi…

Kurang lebih grafiknya ada disini http://www.50plushealth.co.uk/media/images/daily%20sleep%20hours.gif

Kebanyakan tidur juga tidak baik, dari pengalaman pribadi saat saya menganggur, saya terlalu banyak tidur, seperti sudah tidur siang, tidurnya sore juga, yang saya rasakan adalah kepala terasa berat, perasaan menjadi malas, badan lemas, kadang migrain…

wah artikelnya bagus .. aku ngga pernah mengalami kesulitan tidur .. tapi minggu kemaren harus mengalami “minggu disaster”. Satu minggu tidur di lantai dan di hari terakhir tidur di sofa.

Hanya karena tukang numpang …😦

Wah kebetulan nih, gua lagi insomnia, kalo tidur juga gampang kebangun hanya karena suara kulkas, vibrasi hp) dan siklus tidur gua kacau yg pengaruh juga ke metabolisme skrg (krn begadang malem juga jadinya ngemil, laper makan, dll)..

well, thanks for the feedback…
soalnya saya sekarang masih umur 14 menuju 15, kalau tiap kali sekolah itu pasti jam tidur kurang, paling-paling 6 jam doang, tapi kalau pas liburan, itu kaya pelampiasan saja, jadi tidur bisa 12 jam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: