The Orange Network

2009 Indonesia Online Trend Predictions

Posted on: January 14, 2009

Akhir-akhir ini, setiap bertemu client atau teman yang membahas tentang dunia online, saya sering ditanya apa yang akan terjadi di 2009 ini, oleh karena itu saya coba sharing disini juga supaya kita bisa saling berdiskusi.

Prediksi online trend 2009 di Indonesia menurut saya adalah :

  1. Investasi anggaran untuk online marketing meningkat 10-15%.
    Krisis 2009 sudah menerjang, hampir semua perusahaan di dunia berbenah diri, dari mulai perampingan tenaga kerja karena memang menurunnya produksi karena penjualan juga menurun, ataupun karena melakukan penghematan meskipun perusahaan masih untung seperti yang dilakukan Google, hal lain yang paling akan terasa dampaknya adalah penurunan anggaran untuk marketing, hingga 30-50% oleh karena itu para marketer dituntut untuk berpikir lebih efektif dan efisien.
    Lalu mengapa saya optimis untuk anggaran online malah meningkat 10-15% ? tahukah anda berapa persen rata-rata perusahaan di Indonesia menginvestasikan anggarannya untuk online marketing tahun lalu? <1% saja. Menyedihkan? menurut saya malah menggembirakan, dengan anggaran yang sekecil itu maka seharusnya akan lolos dari pemotongan anggaran lagi, dan karena online marketing sifatnya lebih targeted & very measurable, maka marketer yang smart akan memberikan perhatian yang lebih besar.
    Saya beri contoh sebuah perusahaan xxx dengan anggaran 200 M untuk tiap produknya tahun lalu, jika mereka melakukan pemotongan anggaran hinggan 50% sehingga hanya menjadi 100 M tahun ini, lalu tahun lalu mereka hanya mengalokasikan untuk online marketing 1M saja, apakah tahun ini mereka akan menurunkan budget untuk online marketing menjadi 500 juta saja? saya rasa sekarang pun anda sadar media apa yang harus dilakukan penghematan lagi, yaitu media yang sangat susah untuk diukur keberhasilannya dari segi ROMI yaitu media tradisional.
  2. Online marketing campaign akan semakin creative, personal & niche*. *Rich media platform
    Marketer yang sudah mulai bermain di online sebelumnya, pastinya akan belajar banyak dari pengalaman sebelumnya, dimana mereka akan mengerti bahwa internet adalah media yang potential untuk mencapai objective mereka dalam marketing selama digarap dengan baik dan benar.
    Media internet sangat berbeda dengan media traditional yang sifatnya mass dan satu arah seperti TV, Billboard, Koran/Majalah. Sayangnya masih ada beberapa marketer/agency yang menyamakan hal tersebut, dengan berasumsi pokoknya pasang banner di situs yang paling rame, selesai. Hal itu tentu saja SALAH BESAR!
    Melakukan online marketing bukan hanya memasang banner dengan microsite satu halaman file JPG berisikan produk info lalu berarti tugas anda selesai. Metric click through rate tidak bisa lagi dijadikan satu-satunya benchmark sekarang ini, karena ada yang namanya metric interaction, exploration, acquisition, engagement, etc.
    Hal lain yang harus diperhatikan adalah customer semakin smart! mereka tidak akan begitu saja meng-click banner anda, apalagi ketika banner anda bersanding dengan puluhan banner lainnya. Ada istilahnya Ads Blindness, yaitu ketika kita masuk ke sebuah situs dengan begitu banyak iklan maka secara otomatis kita akan meng-ignore semuanya. Jadi ketika akan melakukan online marketing, pikirkanlah dari sisi si user itu sendiri, what is their behaviour, pschology, interest, etc.
  3. Kampanye politik semakin banyak yang mencoba ke online*. *dan hanya sedikit yang berhasil.
    Siapa yang tidak tahu kisah suksesnya Obama menjalankan kampanye politiknya di media online? kita semua mengakuinya, dia sangat pintar. Ada hal yang perlu diingat, kesuksesan dia selain karena memang pribadi dia yang begitu hebat, dia memiliki sebuah team khusus untuk menangani kampanya onlinenya yaitu Blue State Digital ditambah lagi dengan market yang memang sudah sangat mature untuk online marketing. Yang ingin saya sampaikan adalah melirik media online Indonesia untuk melakukan kampanye politik bukanlah hal yang salah, tetapi buatlah strategy yang tepat untuk lokal market juga dan sesuaikan dengan objective yang ingin dicapai, karena jika kita mengadopsi mentah-mentah strategy campaign Obama sekalipun, saya rasa hal itu tidak berhasil dilakukan disini.

  4. Iklan teks pencarian akan menjadi optional/alternatif.
    Hal ini berhubungan dengan penghematan anggaran dan tuntutan efektifitas dari setiap campaign yang dilakukan, iklan teks pencarian atau yang biasa kita sebut search ads yang diprovide para search engine seperti Google, Live & Yahoo adalah sebuah online marketing yang bisa dijadikan alternatif untuk small advertiser atau optional untuk big advertiser. Perlu kita ingat bahwa online marketing dengan pencarian teks sifatnya dalah PULL marketing, karena ketika user butuh dia akan mendapatkannya. Sementara display ads atau banner sifatnya adalah PUSH dimana advertiser akan mengingatkan/menawarkan secara langsung kepada user dengan beberapa cara. Jadi idealnya rasanya menggunakan metode PULL dan PUSH secara bersamaan adalah strategy yang bagus untuk online marketing dan pantas dicoba.
  5. Iklan mobile akan menjadi optional/alternatif.
    Untuk yang satu ini, saya menghubungkannya dengan sifatnya yang mass dan personal karena hampir semua orang sekarang mempunyai handphone. Meski saya pribadi sebagai user masih merasa sangat terganggu dengan adanya iklan lewat sms misalnya, tetapi saya rasa hal itu karena para advertiser masih melakukan dengan cara yang kurang tepat. *saya ingin membahas bagaimana caranya di topik yang lain nanti.
  6. Dominasi internasional site masih kuat.
    Tidak bisa dipungkiri, internet user Indonesia itu “unique”, orang Indonesia sendiri itu masih meragukan produk dalam negerinya sendiri, termasuk untuk produk/service/media online. Tetapi kita perlu mengakui juga bahwa website internasional seperti  WordPress, Facebook, Friendster, Hotmail, Yahoo, Google, Live, Flickr, Twitter, Plurker, LinkedIn, dsb masih memiliki teknologi yang lebih baik dibanding situs buatan lokal yang celakanya banyak situs lokal yang hanya mengandalkan konsep “Me 2” alias copy cat plus kalah teknologi dan tentunya resources.
  7. Akan hadir dan akan hilang beberapa pemain di bisnis online.
    Saya sudah mendengar kabar bahwa sekurang-kurangnya akan ada 4 – 6 pemain baru dari lokal yang akan meraimakan dunia online Indonesia, namun beberapa pemain lama akan tumbang atau “berdarah-darah” karena mengalami kegagalan dalam me-monetize bisnisnya. Monetizing adalah masalah utama dalam sebuah bisnis, beberapa pihak yang memasuki dunia online terkadang lupa akan hal tersebut karena memang kita akui online business is easy to start, hard to maintain.
  8. Jumlah blogger* akan meningkat tinggi. *micro/fast/blogger.
    Sebanding dengan penetrasi yang meningkat dan bertambahnya internet user, maka jumlah blogger akan bertambah, terutama untuk micro dan fast blogger karena sifatnya yang lebih easy & fun.
  9. Semakin banyak e-commerce lokal*.  *dan masih sedikit yang berhasil.
    Saya percaya bahwa semakin net savvy seseorang, dia akan lebih berpikir untuk memanfaatkan internet sebagai sesuatu yang berguna, dan tentunya para pengusaha/pebisnis tidak akan mengacuhkan media internet yang memang bisa dimanfaatkan untuk memperluas bisnisnya misalnya dengan menyediakan channel e-commerce.

Bagaimana menurut anda? apakah prediksi anda untuk online trends di 2009?

5 Responses to "2009 Indonesia Online Trend Predictions"

1-3 = setuju alias akur
4 = tidak tahu
5. mulai tumbuh
6. >50% iklan online msh lari ke situs asing
7. akhir 2009 dugaanku tinggal 50% bukan krn tutup tapi kolaborasi
8. Persis, setuju banget
9. Tidak yakin
10. VC asing berkiprah di indo
11. int’l player bermain serius, yahoo, microsoft, facebook etc

eh bagus juga, saya link ya

Setuju, Mas. Tapi, sayangnya, masih banyak perusahaan dengan generasi yang lebih ‘dewasa’ (baca: berumur) yang masih belum yakin dengan kekuatan dunia maya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: