The Orange Network

Are You Special?!

Posted on: May 6, 2007

KotlerSemalam sebelum tidur setelah membaca buku yang baru saya beli minggu kemarin “According to Kotler” tiba-tiba terlintas dalam pikiran saya, apa sih yang spesial dari diri saya? terus terang susah untuk menemukan jawabannya, karena kalau saya melihat orang-orang “hebat” di bidangnya masing di seluruh dunia ini, saya merasa sangat-sangat kecil. Mungkin ibarat 1 titik pasir di padang gurun. Tiba-tiba saya merasa lemah, kecil, khawatir dan tidak berguna.

Lingkup yang lain kalau kita melihat seorang artist seperti Johny Deep yang mampu memainkan Jack Sparrow dalam trilogi Pirate The Caribian dengan begitu sempurna, atau melihat David Beckham yang “jatuh bangun” dilapangan hijau dan kehidupannya, namun menurut saya hidupnya “berhasil” karena dia mampu menjadi atlit yang hebat di lapangan, dan menjadi icon di dunia lifestyle, atau melihat Donald Trump yang terus mampu mengubah bisnis menjadi tambang emas, atau Bill Gates yang akan terus menghasilkan uang meskipun dia hanya tidur selama akhir hidupnya, atau Steve Jobs yang mampu menggerakan Apple untuk terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang di cintai sebagian besar orang di dunia, atau Google yang terus berekpansi untuk menguasai dunia internet dan masih banyak orang2 yang benar-benar HEBAT!

Atau ketika saya melihat teman yang begitu lancar bermain gitar, membuat program, merancang bangunan, membuat 3d, memiliki usaha sendiri, mampu bernyanyi dengan baik, dan lain2 yang terus terang saya tidak atau minimal belum mampu melakukannya.

Saya jadi berpikir, saya bisanya apa sih? Saya kuliah IT, dapet gelar Sarjana Komputer, tapi tidak bisa programmer, hanya bisa sedikit networking, tapi sekarang juga sudah lupa kalau disuruh utak-utik. Saya tidak ada bakat seni, suara saya jelek, saya tidak bisa menggambar atau melukis, saya tidak bisa bermain alat musik, saya belum pernah bermain peran, saya tidak bisa dancing. Saya masih rata-rata dalam urusan olahraga, meskipun untuk futsal/football yang menjadi olahraga favorite saya, saya tidak mahir dalam tenis, tenis meja, basket, golf dan semua olahraga lainnya. Saya sudah mencoba berbisnis sendiri lebih dari 5x dan semuanya belum pernah ada yang stabil. Saya bekerja di perusahaan orang lain sebanyak 4x dan belum benar-benar mapan. Jadi apa kelebihan saya di banding orang lain?

Terus terang saya belum tahu jawabannya… banyak orang bisa menemukan dengan cepat apa yang menjadikan dirinya special, baik dalam 1 bidang maupun banyak bidang, lalu apakah untuk menjadi special itu hanya karena bakat? menurut saya tidak, bakat hanyalah additional yang harus dikembangkan, dan tidak semua bidang hanya membutuhkan bakat, seperti misalnya bisnis.

Apakah spesial hanya untuk orang-orang tertentu? jawabannya bisa IYA: hanya untuk orang-orang yang berusaha jauh lebih keras dibanding orang lain untuk menjadi spesial, atau TIDAK : semua orang bisa menjadi spesial selama ada usaha yang keras untuk menjadi spesial. (sama saja)

to be continue…

1 Response to "Are You Special?!"

[…] Posted June 23, 2007 Melanjutkan tulisan saya sebelumnya di blog ini dengan topik Are U Special?! dan keinginan untuk ikut ambil bagian dalam kontes kecil oleh bloger yang baru saja saya temukan […]

Leave a comment

OrangeCategory

OrangePhotos