The Orange Network

Why I’m So Special

Posted on: June 23, 2007

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya di blog ini dengan topik Are U Special?! dan keinginan untuk ikut ambil bagian dalam kontes kecil oleh bloger yang baru saja saya temukan tulisan2nya beberapa hari lalu di JennieForIndonesia maka munculah semangat menulis sebelum tidur, yang saya harapkan mudah2an tulisan saya ini bisa memberikan sesuatu yang positif untuk anda semua yang membacanya, karena kita semua tahu “Setiap orang mahluk adalah bisa menjadi special”

Special
“Setiap mahluk adalah special?” saya tidak sedang bercanda, saya memahami kata2 tersebut dari banyak hal, dari pengalaman pribadi, dari orang2 yang pernah memberikan nasihat kepada saya, televisi, film, buku2, majalah sampai komik, bagaimana saya bisa yakin bahwa kata2 itu bukanlah sekedar kata2 yang hanya berguna memotivasi kita tetapi memiliki kebenaran yang menakjubkan? mungkin akan lebih jelasnya jika diberikan contoh, CACING! mahluk hidup itu seolah2 sangat lemah dan tidak berguna, tetapi ternyata dia juga mahluk special, coba bayangkan dunia tanpa cacing, atau lebih extrem lagi tubuh anda tanpa cacing, got it now?!🙂

“Lalu untuk apa menjadi special? apakah harus?dan semua mahluk bisa menjadi special?” Kembali lagi ke diri kita sendiri, special adalah sebuah pilihan, untuk semua orang, pilihan bisa diambil atau tidak sama sekali, anda yang menentukan, tidak harus, tetapi jika special menjadikan anda lebih baik, kenapa tidak? Lalu untuk apa kita menjadi special? setiap orang berbeda, karena keadaannya berbeda, misalnya dimana kita berada, apa peran kita, apa tujuan kita, dsb. oleh itulah menjadi special juga berbeda proses dan hasilnya untuk setiap orang, ada beberapa hal yang mungkin perlu kita ingat juga, menjadi special bukan berarti bisa melakukan segala hal dengan sempurna, menjadi special adalah melakukan sesuatu dengan baik dan selalu berusaha membuat menjadi lebih baik, dalam satu atau beberapa peran hidup kita, untuk membuat diri kita, orang lain atau keadaan menjadi lebih baik.

Kalau berbeda2, lalu apa standarnya seorang dikatakan special? kalau menurut saya tidak ada standarnya, bisa dalam bentuk pengakuan tertulis misalnya gelar profesor yang sudah menemukan hal2 yang bisa membuat keadaan lebih baik, atau seorang atlit yang bisa memecahkan rekor, atau seorang penyanyi yang mampu membawakan lagunya dengan sangat baik, apa sebenarnya itu semua? PENGAKUAN. special ada karena adanya pengakuan, pengakuan dari siapa? orang lain? iya jika memang karena anda bisa membantu orang lain, tetapi tidak semua orang bisa membantu orang lain selamanya atau setiap saat, jadi pengakuan DIRI SENDIRI sangat berperan untuk menjadikan anda adalah special untuk anda sendiri.

Untuk apa seseorang memilih menjadi special? seperti sudah dibahas diatas, menjadi special bisa membantu membuat keadaan menjadi lebih baik untuk diri kita maupun orang lain, bahkan dunia. Jika anda bisa menjadi special minimal untuk diri anda sendiri, anda akan membuat diri anda menjadi lebih baik, lalu orang2 terdekat anda juga akan menjadi lebih baik, dan terus menyebar. Cari apa sesuatu yang special dari diri anda, bagaimana cara mencarinya? banyak orang yang bisa menyadari sesuatu yang special dalam dirinya lebih cepat dari kita, bahkan ketika mereka masih anak2, misalnya atlit yang sedari kecil menyadari bakat specialnya, atau seniman, artist, penyanyi, lalu profesi2 khusus seperti dokter, insinyur, presiden, guru dan lainnya tetapi untuk rata2 orang pada umumnya mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merasa dirinya menjadi special, bisa membutuhkan waktu 20 tahun, 30 tahun, bahkan 50 tahun lebih.

Bagaimana kita menemukan sesuatu yang special lebih cepat? anda harus memikirkannya dan berusaha sendiri, anda yang bisa menjadikan diri anda special, bukan saya, bukan Jennie, bukan orang lain, bukan sekolah, bukan gelar, bukan yang lain2 tetapi diri anda sendiri. Lingkungan kita hanya sebagai pendukung untuk menjadi special, apakah kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Saya akan memberikan pengalaman pribadi, saat dimana saya merasa saya adalah special, untuk saat ini mungkin hanya untuk diri saya sendiri dan orang2 terdekat saya.

Saya mempunyai prinsip yang sudah saya sadari sejak sekitar 6 tahun lalu, tepatnya ketika saya kehilangan orang2 yang saya cintai ayah, ibu, pacar, pekerjaan, teman, segalanya… . prinsip saya adalah “Manusia akan kehilangan segalanya, cepat atau lambat…” jadi persiapkanlah diri kita sebaik2nya untuk menghadapi hal tersebut, dengan mempersiapkan hal itu sebelumnya, ketika tiba saatnya, kita akan lebih cepat pulih dan bangkit, bahkan bisa menjadi lebih baik. Kegagalan adalah proses belajar yang wajar… Pengalaman mahal harganya itu benar… Hidup kadang terasa pahit, tetapi kita bisa mengubahnya menjadi manis kembali…

Sekilas sharing kehidupan saya, saat saya kuliah saya kehilangan ayah saya karena sakit kanker lambung, lalu ibu saya karena diabetes selisih 1 tahun… (saya merasakan ibu saya tidak bisa hidup tanpa ayah saya, karena cintanya yang amat sangat, maka dia kehilangan semangat hidup dan membuat kondisinya turun) saya sempat berlarut dalam kesedihan, dan trauma… saya trauma melihat suasana rumah sakit, saya tidak pernah mengunjungi rumah sakit, jika ada seseorang yang mengajak saya kerumah sakit untuk menjenguk seseorang, saya selalu mencari alasan untuk tidak ikut, bukan karena saya tidak peduli dengan mereka, tetapi karena ketika saya melihat suasana rumah sakit, selang2 infus, alat pacu jantung, alat bantu pernafasan, tabung oksigen, saya langsung sesak nafas, air mata saya akan langsung mengalir begitu saja, menangis tanpa suara, dan dalam pikiran saya terbayang-bayang saat ibu saya yang menghembuskan nafas terakhir di pelukan, dan melihat alat detak jantung yang semakin turun nilainya… sesaat setelah kami berdoa dan membisikan bahwa kami sangat mencintainya, kami ingin yang terbaik buat dia, kami akan baik2 saja dan selalu mengingat dia… saat saya menonton film yang ada adegan rumah sakit, saya memejamkan mata dan menutup telinga, kalau nontonya di dvd saya skip… hal lain saya marah dengan dokter dan tidak mempercayai semua dokter… kemudian saya marah dengan Tuhan… Saya marah karena Tuhan begitu cepat mengambil mereka disaat saya baru mulai bisa membalas budi mereka… (saya mulai bekerja dan mulai memberikan kado, mentraktir mereka makan, dsb) Saya berhenti ke gereja, bahkan ketika natal 2006… Lalu ada masanya saya sadar, kejadian seperti ini akan saya alami beberapa kali lagi dengan orang2 terdekat saya, saya harus siap, saya tahu saya tidak bisa mengendalikan segala sesuatunya, kecuali diri saya sendiri… Saya mendapat kekuatan baru, saya berubah, saya tidak takut kehilangan lagi… kehilangan adalah proses dari hidup saya… dan kita semua tentunya…

Setelah kejadian tersebut, saya menjadi lebih kuat, saya tidak takut menghadapi hidup lagi, saya menjadi lebih siap, saya sempat mengalami masa2 sulit lagi secara financial karena saya kehilangan bisnis kecil saya dan hampir terlibat hutang yang cukup besar, saya sempat hanya makan nasi, telur dan variasinya selama beberapa bulan… saya pernah berpikir berkali2 ketika saya ingin membeli buku yang saya sukai karena keadaan financial saya yang harus memprioritaskan kebutuhan hidup. Saya pernah kehilangan pasangan saya setelah kami menjalin hubungan 5 tahun, dan banyak hal lain yang membuat hidup terasa menderita, tetapi saya menyadari, sejak saat itu, hidup saya tidak pernah sama lagi, saya tahu bahwa saya special, saya bisa cepat pulih, saya orang yang optimis, saya bisa mengubah keadaan minimal untuk diri saya sendiri, bahkan sekarang saya kadang berpikir, mungkin saya akan kehilangan segalanya lagi… tetapi saya tidak takut. Selama saya masih hidup, saya akan bisa dan terus melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Bagaimana dengan anda? saya sendiri yakin 100% saat anda membaca blog ini, keadaan anda jauh lebih baik dari sebagian orang di luar sana, itu artinya untuk menjadi special akan lebih mudah bagi anda, anda yang menentukan, special atau tidak, apa yang anda butuhkan?

  1. Optimis & percaya diri.
  2. Belajar, berusaha, bekerja keras, berdoa dan pantang menyerah.
  3. Bantuan dari orang lain yang tepat jika diperlukan.

Mari kita sama 2 menjadi special, selain untuk diri kita sendiri, untuk orang lain dan dunia. Be Special and have a nice day!

*tulisan ini saya revisi, tentu saja karena ingin menjadikannya lebih baik, untuk saya dan anda.🙂

13 Responses to "Why I’m So Special"

Saya ingin mencoba menjadi lebih special lagi, jika ada yang ingin sharing/minta pendapat untuk masalah anda bisa comment di sini, atau yang ingin private email ke personal mail saya di AndyChen14@gmail.com (AndyChen14 at Gmail.com) saya akan baca dan balas… *toh saya pengemarnya masih sedikit…🙂

Orangemood,

Saya terharu membaca cerita di atas, syukurlah semua sudah terlewati, dan menjadi lebih kuat. Manusia memang unik, spesial, makanya penelitian tentang manusia tak ada habis-habisnya.

Kita memang harus siap kehilangan segalanya, apalagi situasi sekarang. Dari bencana alam, kehilangan karena sakit (penyakit makin banyak, entah karena ilmunya makin maju, jadi makin banyak yang ditemukan?), serta kita tak boleh berada dalam comfort zone terlalu lama yang membuat terlena. Perusahaan akan menghadapi persaingan yang makin meningkat, merger, akuisisi ataupun perusahaan menurun karena tak bisa memuaskan pelanggan dsb nya.

Cacing? Cacing berguna untuk menggemburkan tanah, dan menyuburkan. Jadi setiap makhluk hidup mempunyai fungsi masing-masing.

Selamat berkarya…harus optimis, dan harus ikut berubah, agar tak tergilas pada mesin perubahan.

salam kenal ko Andy.

good post bro… thanks

you know i love this posting..
Sambil ngebelaiin aku save di komku lho..
Wah keliatannya kamu dapat penggemar baru nie..🙂

nice, smooth and motivate.
Salam kenal Mas dari adhirock

http://www.adhirock.com

Selamat ya…

Tak salah, anda memang spesial…

Salam kenal dari saya n sukses selalu.

Indra

Selamat atas kemenangannya di kontes “Why I’m Special”, dan salam kenal.

@evelyn…
Wow… realy?… tersanjung deh g…🙂 thanks, semoga bisa bermanfaat…🙂

@Indra, Badiyo, Adhirock…
Welcome here, nice to meet you…🙂

Selamat ya.. jadi pemenang…🙂

selamat ya menjadi pemenang why i am so special…

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
