The Orange Network

Microsoft – Yahoo?!

Posted on: May 6, 2007

Apa jadinya kalau beberapa perusahaan raksasa dunia sedang perang untuk lebih mendominasi market? Mereka akan melakukan apa saja untuk hal tersebut, anda munkin mendengar berita seperti misalnya Google yang sudah “mencaplok” YouTube dan DoubleClick. Kalau anda juga tahu berapa nilainya untuk 2 perusahaan tersebut? YouTube = $ 1.65 Billion dan DoubleClick = $ 3.1 Billion (silahkan rupiahkan sendiri) dan percaya atau tidak Google sudah mengakusisi lebih dari 30 perusahaan, silahkan lihat listnya disini List of Goggle Acquisitions.

Pertempuran tidak akan pernah berakhir rasanya, setelah pertempuran terakhir di bulan April 2007 antara Microsoft & Google dalam memperebutkan DoubleClick, terdengar rumor baru yang lebih hot tentang Microsoft yang berniat “mencaplok” Yahoo, anda bisa membaca sumber yang cukup dipercaya disini, Business Week Online.

Mana yang lebih “Digdaya”? Microsoft juga sudah sering melakukan acquisitions, anda bisa melihat list yang lebih panjang lagi disini List of Microsoft Acquisitions jadi rasanya kekuatan mereka “cukup” berimbang.

Banyak pihak menantikan “hasil” nya, termasuk saya, karena kebetulan tempat saya bekerja adalah patner exclusive dengan microsoft, kemungkinan besar segala sepak terjang mereka mempengaruhi atmosfer perusahaan saya. Seperti misalnya saat Google mendapatkan DoubleClick, beberapa senior management langsung mengirimkan sms, email meski di hari libur, dan mereka memikirkan apa efek yang akan di timbulkan, baik atau buruk, dan bagaimana menyikapinya.

Terlepas dari itu semua buat saya sendiri jika Microsoft mengakusisi Yahoo mungkin hal yang bagus buat perusahaan saya, dan pekerjaan saya tentunya, itu artinya ada kemungkinan Yahoo akan menunjuk Interactive Hub menjadi patner exclusive, yang berarti menambah network international untuk media placement online advertising kami.

Apakah itu berpengaruh ke dunia online? tentu saja, at least dominasi google sebanyak 54% di Search Ads compared by Yahoo 22% akan sedikit terganjal, sedangkan untuk Display Ads Microsoft 10% dan Yahoo 48% yang artinya sekitar 58% jika mereka bergabung, jelas untuk Display Ads, google juga masih “merangkak-rangkak” dari sekarang.

Apa keuntungan itu semua untuk kita? persaingan vendor akan memberikan keuntungan untuk market dimana market akan mendapat berbagai banyak pilihan terbaik yang diberikan oleh vendor-vendor yang ingin merebut hati market. Persaingan juga akan menimbulkan inovasi-inovasi teknologi yang memudahkan kita🙂

2 Responses to "Microsoft – Yahoo?!"

skrg aja google dah menang dari yahoo kan?

@denhurd… menang dari segi apa? dari segi search engine dan text ads iya, dari segi portal content, messenger, email rasanya ngga.

Rasanya hampir ngga ada 1 pemain yang akan bisa mendominasi semua hal.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: