The Orange Network

Gaji kok ga cukup2…

Posted on: May 6, 2007

Salary

Pernah merasa seperti itu? atau sedang merasa seperti itu? terus terang saya pernah mengalaminya, waktu pertama kali kerja gaji saya hanya 1,5 juta dan saya masih bisa menabung 500 ribu, waktu gaji saya naik 2x lipat, harusnya saya bisa menabung 2x lipat juga kan? tetapi kenyataannya tidak, nah pada saat itulah saya merasa kok gaji ga cukup2 yah…

Kadang kita tidak sadar, ketika kita tahu bahwa kita mampu menghasilkan sekian rupiah perbulan, tiba2 kebutuhan kita juga naik, yang berakibat pengeluaran juga naik, sayangnya naiknya pendapatan dengan naiknya pengeluaran menjadi tidak seimbang tanpa kita sadari, misalnya naik pendapat 2x lipat, naiknya pengeluaran bisa 3x ata 4x lipat tanpa kita sadari.

Contohnya yang tadinya biasa kalau makan siang di warteg seharga 10 ribu, sekarang makan siang di kantin seharga 15 – 20 ribu, yang tadinya jalan2 2 minggu sekali, sekarang setiap minggu, yang tadinya merek bajunya cuman asal yang penting enak, sekarang mereknya Zara, yang tadinya hpnya cuman bunyi “tit tut tit tut” sekarang bunyinya lagunya Shakira, dsb. Nah hal2 seperti itulah yang membuat kita selalu merasa kekurangan uang meski pendapatan kita sudah meningkat.

Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Berhemat! itu adalah jalan terbaik, anda bisa melihat2 tipsnya disini
  2. Stay low profile, cobalah tetap seperti anda yang dulu, menikmati hidup boleh saja, tapi tetap prioritaskan kebutuhan, pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan, tentu anda tahu bedanya kan? kebutuhan adalah sesuatu hal yang memang anda butuhkan dan tidak bisa dihindari. Sedangkan keinginan adalah perasaan sesaat yang membuat anda ingin memiliki tanpa adanya faktor kebutuhan, dimana dengan anda tidak memiliki/melakukan hal tersebut anda sebenernya tidak akan apa-apa.
  3. Cari pendapatan yang lebih besar lagi, bukan berarti anda meninggalkan pekerjaan sekarang dengan begitu saja, tetapi yang dimaksud adalah dengan membuka usaha kecil2an/sampingan dari sebagian penghasilan yang bisa anda sisihkan sekarang.

Nah mari meng-audit pengeluaran kita lagi.

1 Response to "Gaji kok ga cukup2…"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: