The Orange Network

Pengalaman kedua naik busway…

Posted on: February 28, 2007

Hari ini saya ada meeting di daerah kelapa gading, rumah saya di daerah GreenVille, karena cukup jauh dan sering macet, saya ingin mencoba naik busway, kebetulan di daerah Citraland ada halte busway Jelambar, setelah mencari info sebelumnya lewat Cybermap tentang rute busway, saya pun pergi pagi2 jam 8.15 AM *janji meeting jam 10.00 AM, perjalanan awal ngga terlalu padat mungkin karena masih pagi, jadi begitu 1 bus datang saya bisa langsung terangkut, tapi sayangnya yang katanya tiap 5 menit lewat kok saya sempat menunggu sampai 15 menit yah… but it’s ok lah.

Ngga lama bis datang, pintu dibuka dan seeetttt… ibu2 berbadan agak gemuk dari belakang tiba2 menyerobot saya, hmmm… biasa seh di Indo gitu… mungkin takut buswaynya habis… :p ternyata cukup penuh, jadi saya harus berdiri dan berdesa-desakan saat masuk dan didalam, jadi mikir kok petugasnya ngga ngatur jumlah penumpang yah, kalo tahu penuh sesak begini saya rela deh nunggu bus berikutnya, tapi kayaknya ngga bisa juga karena setiap pintu dibuka sudah terdorong2 dari belakang…

Sampai di Harmoni, saya harus berpindah untuk tujuan Pulau Gadung, dan turun di Pulau Mas, nah ke arah sana ngga rame, jadi saya sempat duduk dan menikmati perjalanan dengan lebih santai, perhatiin buswaynya agak bersih seh ngga ada sampah di dalam bus, ngga ada pengamen, ac pun normal, tapi debu2 pasir di bawah tetap ada, masih kalah soal higienis dibanding MRT di Singapore yang bersih sekali. Oh ya saat naikbusway ke arah Pulau Mas ini juga menunggu bisnya cukup lama sekitar 15 menit.

Selesai meeting saya kembali lagi naik busway, ngga rame, tapi bisnya lama sekali sekitar 20 menit, turun di Harmoni, dan ambil arah Kali Deras, nah disini perjuangan baru dimulai, antriannya panjang, desak2an lebih ganas, kedatangan bus cukup lama 15 menit. Akhirnya sampai juga ke rumah, yah ada beberapa kesimpulan seh :

Kelebihan

1. Murah, GreenVille – Kelapa Gading cuman Rp. 3500,- kalo naik taksi sekitar Rp.60.000,- / Rp. 45.000,- tarif lama, sekali jalan.

2. Ngga repot pindah2 angkutan.

3. Kalo lebih teratur / sepi cukup nyaman dan aman, ngga ada pengamen, kalo pencopet? ngga tahu juga. :p

4. Cukup cepat, hanya berhenti di lampu merah.

Kekurangan

1.Kurang teratur, baik petugas maupun pengguna, mestinya orang yang turun didahulukan dan disediakan jalur tengah, sedangkan yang akan naik jalur kiri dan kanan serong dan harus menunggu setelah orang selesai turun. petugas harus menghitung kapasitas ideal 1 bis, jangan di paksakan.

Arus antrian turun dan naik untuk MRT Singapore : xx = orang turun terlebih dahulu, yy = orang naik setelahnya.
___|xx|___
___|xx|___
yy\ ___/yy
yy_____ yy

2. Ngga ada petunjuk posisi kita sedang di halte mana dan rute semua jalur buswa, kalo turis ingin memanfaatkan busway gimana donk? nanya ama petugas? mereka ngga bisa bahasa english lho.

3. Kurang bersih, saya yakin harusnya bisa lebih bersih lagi, sediakan vacum cleaner di masing2 bis, dan bersihkan minimal beberapa kali sehari.

kira2 itu seh, untuk hal2 lain nanti akan ditambahkan kalo ada, jadi sudah siap & berniat naik busway?!🙂

2 Responses to "Pengalaman kedua naik busway…"

Gw pernah sich sekali naek busway.. ngerasain rasanya gimana.. tp sumpah ga ada enak” na. yang bikin males ngantrinya sama desak” an.. apalagi klw da desak” an gt sebelah kita BB = Bau Badan iyukh.. sumpah ga tahan mo turun cepet” bawaannya..
Untungnya waktu gw naek busway gw pergi sama temen gw yg sering berpergian gunain busway.. jd na dia tau tempat yg nyaman ga desek” an.. berdiri diposisi paling belakang.. biasanya org ngumpul deket pintu tengah.
BTW katanya busway jg ada copet.. so hati” aja.

@deutzy… bener banget, kalo kita agak jauh dan ngga dapet tempat duduk, sebaiknya pilih bagian belakang atau depan sekalian, karena orang2 itu pada ngumpul di pintu masuk tengah doank dan ngga mau masuk ngisi yang belakang dulu, jadi kita2 yang nyadar yah ngalah deh🙂

semoga pemerinta makin ngurus tuh busway, toh ntar juga duitnya ke mereka juga.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: