The Orange Network

How to survive in 2009

Posted on: December 16, 2008

Sudah bosan mendengar berita tentang krisis global? saya juga! Terus terang saya merasa beruntung karena saya bukan termasuk orang yang paranoid akan sesuatu hal, hal itu membuat saya bisa berpikir lebih tenang, percaya diri dan optimis, anda juga bukan?! Meski demikian adanya bukan berarti saya tidak peduli dengan krisis saat ini dan merasa semuanya akan baik-baik saja, tentunya kita bersyukur sudah cukup mapan dan  ingin tetap berada digaris kemapanan dan kalau bisa lebih tinggi dan tinggi lagi. *ukuran kemapanan setiap orang sangat relatif, standardnya kemapanan adalah jika penghasilan anda 20-40% lebih banyak dari pengeluaran anda.

Setidaknya ini yang saya lakukan untuk menghadapi krisis, mungkin akan berubah beberapa hal menyesuaikan keadaan ketika berjalan nanti, jika anda mempunyai cara anda sendiri yang lebih baik, tidak ada salahnya anda berbagi… *anda tidak akan kehilangan sepeserpun/menjadi bankrut dengan meng-share tips anda, malahan mendapatkan pahala jika anda membantu orang lain… *well at least thank you from us.

  1. Saving more!
    Mungkin anda akan berkata “Lagi-lagi tips ini!” tapi begitulah adanya, ini adalah tips basic yang paling mudah dan bisa anda lakukan sekarang juga. Jadi kenapa tidak sebaiknya anda lakukan? Berhemat bisa membuat anda menjadi kaya dan tips berhemat ada disini.
    Jika anda tidak bisa berhemat, mungkin selamanya anda tidak akan pernah kaya dan rasanya tidak hanya itu saja yang bisa terjadi dalam masa krisis, anda boros bisa saja kelaparan menanti anda. Usahakan untuk selalu ingat bahwa maksimum total hutang/cicilan anda perbulan sebaiknya tidak lebih dari 30% penghasilan anda.
  2. Increase your income.
    Anda sudah berhemat? good! tips ini adalah pasangannya, mulailah berpikir untuk memanfaatkan waktu luang anda untuk menghasilkan uang lebih banyak. Anda terikat dengan aturan kantor? saya rasa bos anda yang baik tidak masalah anda mempunyai side job selama performance anda selalu fantastis. *tapi memang ada beberapa perusahaan yang ketat dalam hal ini, tetapi biasanya dan seharusnya perusahaan tersebut membayar anda dengan cukup sangat baik*
    Apa yang bisa anda lakukan? tidak usah berpikir terlalu rumit, apapun yang anda lakukan selama menghasilkan uang tidak ada salahnya dicoba, misalnya anda menjadi guru privat setiap week end, menerima bimbingan skripsi sepulang bekerja, mengerjakan proyek design/membuat program bahkan menjadi barista di Starbucks. Anything, selama halal, try it… lupakan gengsi, pada awalnya anda akan malu/capai, lama kelamaan anda akan mengerti pekerjaan sampingan mana yang menghasilkan uang lebih cepat *bahkan diantaranya lebih besar dari pekerjaan utama anda*.
  3. Work harder and smarter.
    Pekerjaan anda yang sekarang tidak enak? stop mengeluh, masih beruntung anda bukan pemulung, pembersih jalan, penjaga toilet, penjaga jalan tol, pembersih kaca gedung, dsb. *jika ada pembaca yang pekerjaannya seperti itu maaf ya*
    Maksimalkan performance anda dengan bekerja lebih keras dan lebih cerdas, hal itu juga bisa menyelamatkan anda dari daftar karyawan yang akan dipulangkan kerumah jika perusahaan harus melakukan lay off bukan.
  4. Stay out from trouble!
    Saya berpendapat bahwa 95% masalah yang terjadi dalam hidup kita adalah karena ulah kita sendiri, 5% lainnya mungkin disebabkan sesuatu yang diluar kendali kita seperti bencana alam, kecelakaan mendadak atau kematian. Mari kita tengok masalah umum yang sering terjadi, misalnya seseorang yang terlibat hutang kartu kredit yang begitu besar karena dia boros, orang masuk penjara karena dia melakukan kejahatan, orang mendapat kecelakaan dijalan raya karena dia ceroboh, orang sakit karena mengkomsumsi makanan tidak sehat, orang dipecat karena dia tidak produktif, orang putus cinta karena dia tidak perhatian dengan hubungannya, orang cerai karena dia tidak menghargai komitmen perkawinan, dsb.
    Jadi ketika anda akan melakukan sesuatu, ingatlah akan akibatnya, saya yakin anda pasti sadar atau akan diingatkan sebelumnya, anda tinggal mengambil keputusan yang benar.
  5. Widen your networks.
    Banyak anak teman banyak rejeki, tentu saja! Semakin banyak anda mengenal dan dikenal orang, semakin banyak peluang yang tercipta. Peluang tersebut bisa saja menjadi peluang bisnis yang bisa membawa anda menjadi lebih sukses lagi. Dan beruntungnya kita sekarang, karena teknologi seperti web 2.0, instant messaging, email, jejaring sosial dan lainnya memudahkan kita untuk memperluas network kita hingga ke seluruh dunia.
  6. Focus with the best!
    Anda punya banyak idea? remember, you only have one head with two hands! terutama jika anda masih muda pengalamannya, lebih baik anda focus pada bidang yang ada kuasai saja. Lagipula orang-orang yang sangat sukses biasanya hanya sukses disatu bidang. Menghandle banyak hal dalam keadaan tidak krisis saja dibutuhkan extra waktu, tenaga, pikiran dan materi, apalagi di saat seperti ini.
  7. Be closer with God.
    Ini adalah jalan termudah dan terbaik, dekatlah dengan Tuhan, anda akan merasa dilindungi dan nyaman. Bahkan ketika ada masalah sebesar apapun dalam hidup anda, Dia akan membantu memberikan solusi terbaik-Nya.
  8. Help others.
    Jangan berdalih krisis lantas anda mementingkan diri sendiri, krisis akan lebih mudah dilewati bersama, jika anda bisa membantu teman/orang lain, bantulah sebisa anda. Jika tidak bisa, setidaknya anda tidak membuatnya lebih susah. Pointnya adalah karma, apa yang anda dapatkan sekarang adalah hasil apa yang anda lakukan sebelum-sebelumnya. Anda membantu orang lain saat ini, mungkin orang lain akan membantu anda dilain kesempatan.
  9. Positive thinking.
    Berpikiran selalu positif tidaklah mudah, tetapi tidak sesulit yang dibayangkan, cobalah untuk berpikiran positif di setiap keadaan, karena biasanya akan memaksa anda menemukan formula yang pas ketika anda mengalami masalah. Disaat krisis kita lebih membutuhkan solusi ketimbang keluhan bukan?!

Itu tips dari saya dan yang akan terus saya lakukan di 2009, bagaimana dengan anda? apakah tips ini berguna? Goodluck in 2009!

4 Responses to "How to survive in 2009"

makasih tipsnya.. ntar coba saya jalankan di 2009…

*menunggu tahun baru*

cara saving perlu di breakdown dunkz… susah nih cara saving😛

@chika kembali kasih, semoga sukses!

@blogpreneur nanti malam ya saya sharing yang biasa saya lakukan buat saving. intinya seh disiplin diri.

Nice Tips, jadi makin semangaat! menyongsong 2009!😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: