The Orange Network

New Wave Marketing For Us (I)

Posted on: November 4, 2008

New wave? gelombang baru, new wave marketing? gelombang baru marketing… apa itu maksudnya? terdengar cool dan complicated sekaligus… tidak sekomplek itu teman, setidaknya dalam pikiran saya seperti ini… gelombang baru diisini maksudnya kumpulan beberapa hal, entah itu teknologi, informasi, komunikasi, media, strategy, cara, rencana, action, tindakan, pemikiran, dsb yang di gabung dengan tujuan marketing.

Teknologi untuk berkomunikasi/bertukar informasi baru sebutlah Wifi, 3.5G dan sebentar lagi WiMax, belum lagi hardwarenya seperti i phone, i pod touch, blackberry, smart phone, PDA.  Hal tersebut bisa mengubah cara kebiasaan/tindakan kita bahkan pemikiran kita dalam hal marketing. Misalkan sekarang kita sudah cukup sering menerima SMS promosi seperti misalnya departemen store M sedang diskon 70%, atau melihat para calon pemimpin kita berlomba2 mengikuti cara Obama yang di optimiskan menang dalam pemilihan presiden kali ini melalui kampanye onlinenya yang smart.

Atau kita akan sering melihat iklan yang dibuat khusus hanya untuk di media online seperti YouTube dan tidak tampil di media2 tradisional seperti TV meski bentuknya sama2 video. Atau bahkan kita akan melihat aplikasi yang diboncengi sebuah brand dalam social networking kita seperti FaceBook / Friendster.

Itulah yang dimaksud dengan new wave marketing, sebuah gelombang baru untuk marketing, yang mengubah marketing one to many (contohnya iklan2 di media tradisional yang sifatnya massal seperti televisi, billboard) atau one to one (contohnya direct selling seperti SPG, CRM) menjadi many to many (contohnya world of mouth / viral marketing)

Forget about them, the marketers… let’s talk about us! what’s the good for us? am I say good? how about bad? or both? setiap program marketing mempunyai tujuan masing2 dan diharapkan memberikan efek yang baik bagi brand/produk/jasa itu sendiri di mata customers, tapi apakah benar adanya?

Contoh pribadi saya saja lah, ketika menerima SMS yang mengatakan ada SALE 70% di departemen M, saya langsung mengumpat “WTF!” tetapi lain halnya dengan para wanita yang mungkin berkata “Let’s go shopping ’till drop” atau “Shopping today, saving tomorrow!” tapi menurut saya program itu berhasil secara marketing, karena langsung menjadi BUZZ! dalam beberapa hari karena banyak yang berbicara mengenai hal tersebut dan terbukti Departement M dibanjiri customer sampai jalananpun ikut macet.

Contoh lain, saya suka melihat video2 di youtube dan terkadang terkecoh setelah melihat video yang sangat menarik ternyata diboncengi oleh sebuah brands seperti misalnya Ponds Flawless White versi cartoon.

Itulah new wave marketing, setiap brand/produk/jasa harus segera mempelajari apa itu new wave marketing dan bagaimana aplikasinya yang tepat untuk program marketingnya… lalu apakah artinya untuk anda sendiri?

1 Response to "New Wave Marketing For Us (I)"

new wave marketing itu jargonnya om hermawan kartajaya kan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: