The Orange Network

Beberapa Cara Menjadi Kaya (I)

Posted on: October 23, 2008

Tadi siang, via Live Messenger ngobrol dengan client, awalnya dari statusnya dia yang mengatakan “If you want to be rich and happy, don’t go to school?” saya mengatakan padanya kalau saya tidak sependapat, menurut saya sekolah itu sangat penting dan bisa membuat orang menjadi kaya, tidak menjamin tapi sangat membantu… kalau menurut anda bagaimana?…

Dulu ketika baru lulus kuliah, saya pernah berpikiran seperti itu, saya berpikir percuma saya kuliah nih, buang2 waktu dan uang saja, karenanya saya sudah bekerja sejak semester 5 dan memang saya merasa kemampuan yang saya butuhkan dalam pekerjaan saya tidak diajarkan dalam kuliah… *pekerjaan saya waktu itu sebagai Junior Network Administrator divisi Management Information System, saya memang kuliah IT, tapi tidak diajarkan secara details tentang memanage server2, saya harus belajar sendiri lagi. Kemudian saya juga berpikiran saya tidak ingin melanjutkan ke jenjang S2, karena saya pikir selain mahal tidak BEP…

Ya saya masih ingat pikiran itu, tapi sekarang justru sebaliknya, saya ingin sekali S2, terutama jurusan bisnis, hanya memang prioritas belum memungkinkan untuk saat ini. Apa yanga membuat saya berubah pikiran menjadi 180 derajat?  karena sekarang saya semakin sadar bahwa pendidikan yang baik/tinggi adalah salah satu cara menjadi kaya.

Logikanya begini *beritahu saya jika saya salah ya. semakin kita mengenyam pendidikan yang tinggi maka semakin banyak yang kita ketahui, semakin banyak yang kita ketahui maka semakin kita bisa menentukan apa yang akan menjadi focus kita, semakin kita focus maka kita semakin ahli dalam bidang tersebut, semakin kita ahli semakin banyak sedikit orang yang seperti kita, semakin sedikit orang seperti kita maka semakin banyak orang yang mencari kita, semakin banyak orang yang mencari kita maka semakin tinggi harga kita=kaya. *saya punya teman yang saudaranya seusia saya dengan penghasilan >100juta/bulan hanya dari karir saja dan memang dia luar biasa pintar.

Itu baru satu hal, hal lain semakin kita pintar, semakin kita bertemu orang2 pintar lainnya, semakin kita mendapatkan kesempatan lain untuk menjadi kaya misalnya dengan berpartner bisnis. Hal lain lagi, semakin kita pintar, kita bisa memanage team/company/bisnis yang berisi orang2 pintar yang bisa membuat kita menjadi kaya. Semakin kita pintar semakin kita tahu mana yang harus dihindari dan harus ditingkatkan, dsb dsb dsb…

Teman saya mengatakan pintar kan tidak harus dari bangku sekolah, banyak orang sukses yang tidak sekolah sebelumnya, kata saya salah sekali! coba saya tanya berapa banyak orang yang sukses tanpa sekolah dibanding berapa banyak orang yang susah hidupnya karena tidak sekolah? paling banyak kita hanya bisa menyebutkan tidak lebih dari jari-jari 2 tangan kita untuk orang yang sukses tanpa sekolah, nah sekarang coba tengok dijalanan… berapa banyak yang menjadi *maaf pengemis, pengamen, penjahat, pencopet, dsb karena mereka tidak sekolah.

Nah jadi apakah anda setuju kalau pendidikan yang baik adalah salah satu cara menjadi kaya?… pikirkan dan sharing disini… Selamat pagi teman!

ps : cara yang lain akan di posting di topik berikutnya.

11 Responses to "Beberapa Cara Menjadi Kaya (I)"

Jujur saya muak dengan buku2 yang menghina dan merendahkan sekolah, menganngagap sekolah tidak penting. Sekolah memberikan kita ILMU, dan itu lebih berarti, lebih berharga, lebih berguna dibanding materi/kekayaan

Sama seperti saya yang sampai harus berantem dulu sama bokap tentang S2. Menurut saya benar2 tidak masuk akal bayar 50jutaan hanya untuk ilmu mentah yang masih harus muter otak lagi biar jadi duit.

Saya salah satu orang yang beranggapan kalau mau kaya lewat sekolah itu tidak benar bagi saya dan kebanyakan orang.

Benar bisa kaya lewat sekolah BILA yg sekolah tersebut otaknya brilian qum laude dan belum lulus pun sudah diundang / diperebutkan walk-in interview oleh perusahaan2 top Indonesia. Kalau sudah begini, hajar langsung S2 S3 sambil menunjang karier.

Kalau tipe seperti saya IP pas2an wah mendingan ngandelin hobi dan sukur2 bisa cari duit via hobi itu😉

agree, sebuah opini yang sangat mendasar, mengingatkan kembali kepada kita semua tentang pentingnya pendidikan.

@Aria…

Setuju, meski beberapa orang memprioritaskan hal lainnya terlebih dahulu…🙂

@Felix…

Setuju bila keadaannya seperti itu, pendidikan yang tinggi hanya salah satu cara…

@Robert…

Thanks

[…] 1, 2008 Setelah sharing bahwa pendidikan yang tinggi adalah salah satu cara menjadi kaya, ada yang bertanya via messenger “Kalau kita ngga bisa sekolah tinggi2, berarti kita ngga bisa […]

Kalau saya liat Bill Gates. Cara menjadi kaya antara lain :
-Luck
-Skills
-Passions
-Communication
Saya punya kenalan yang sekolahnya gak selesai berpengahasilan lebih dari 100juta/bulan krn saya liat dia juga memiliki kriteria diatas.

[…] tidak sesulit yang dibayangkan jika kita tahu jalannya. Di topik sebelumnya sudah dibahas mengenai pendidikan yang baik bisa membantu kita menjadi kaya, saya rasa tidak kita semua setuju hal itu bukan? dengan gelar S2 atau bahkan S3, gaji 16 juta […]

Pendidikan tetap perlu. Yang diperbincakan ini sebenarnya adalah pendidikan finansial, bagaimana cara kita mengelola uang, agar kita bisa mencapai tujuan-tujuan hidup.
Robert T. Kiyosaki menegaskan bahwa pendidikan finansiallah yang perlu kita pelajari sekarang, dan pendidikan itu memang tidak diajarkan didalam kurikulum pendidikan kita juga negara-negara lainnya.
Mungkin bisa merefensi buku Robert seperti Rich Dad Poor Dad dan Cash Flow Quadrant, dibuku ini digambarkan dengan jelas tentang hal tersebut.
http://mugen-ryoku.blogspot

Dari buku2 yang ‘melarang’ orang untuk bersekolah, saya mencoba memahami bahwa yang ‘salah’ bukanlah bersekolahnya, namun metode yang digunakan di sekolah. Dan kalau menurut saya, memang ada hal2 yang masih kurang pas di dunia pendidikan kita. Yang sederhana saja, nilai adalah segalanya, proses tidak dinilai. Asal nilai oke, selesai urusan. Apakah proses menuju nilai tersebut benar2 mampu membuat (maha)siswa paham yang sedang dipelajarinya, tidak diukur.

Just 2 cents of mine..

hi Andy Orangemood, saya sangat setuju dengan Anda. Saya pikir sekolah adalah tiket pertama masuk arena. Dengan tiket yaitu ilmu yang sudah didapat, kita jelas mudah dong masuk ke arena pertunjukan. Itu ibaratnya. Tanpa sekolah, kita clueless, kita sulit punya pengetahuan yang sistematis. Nah setelah sekolah, tinggal kita mengembangkan diri sehabis habisnya, sekuat kuatnya, untuk bisa sukses di bidang yang kita fokuskan untuk kita pilih. Saya setuju bahwa ada korelasi yang kuat antara pendidikan tinggi dan penghasilan. Selamat atas post nya yang sangat bagus. Keep posting🙂

semua ada masanya. saat kita lahir kita cari SUSU, saat sekolah kita cari ILMU, saat lulus kita cari KERJA, kemudian kita cari PASANGAN HIDUP, ketika tua kita cari KEBAHAGIAAN/ KEBENARAN. Belajar dari Yesus/Budha: Carilah dahulu kerajaan allah (NIBANA) dan kebenarannya, maka SEMUANYA ITU DITAMBAHKAN KEPADAMU. SQ diatas IQ dan EQ, kalau SQ naik otomatis IQ dan EQ ikut kekatrol.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
