The Orange Network

Blogging, Micro Blogging & Fast Blogging

Posted on: October 11, 2008

Sekarang ini kita mengenal yang namanya blogging, micro blogging dan fast blogging, kalau saya perhatikan dari tingkat kesulitan keahlian yang dibutuhkan, maka urutannya adalah :

BLOGGING – > MICROBLOGGING -> FASTBLOGGING

Blogging adalah salah satu bentuk kegiatan pengguna internet berupa menuangkan pemikiran/research/study/opini bentuk lainnya kedalam sebuah tulisan yang bisa dipublikasikan untuk semua orang/golongan/pribadi didalam sebuah website yang disusun secara berurutan berdasarkan waktu dengan tema/topik tertentu. Tidak ada batasan standar bahwa sebuah blog minimal harus berisi beberapa tulisan atau ditulis selama beberapa lama tentunya. Biasanya orang akan menilai dengan sendirinya ketika sudah melihat blog seseorang, misalnya dengan hanya registrasi di wordpress dan terdapat postingan “Hello Word” tentunya belum bisa dikategorikan sebuah kegiatan blogging, meski sudah ada wujudnya.

Dalam menulis sebuah blog sebenarnya hampir semua orang bisa melakukannya, yang membedakannya hanyalah tidak semua orang mau melakukannya. Dalam menulis sebuah blog, kebutuhan yang paling mendasar adalah komitmen, baik itu komitmen untuk menyelesaikan sebuah tulisan, ataupun komitmen untuk tetap menulis/mengupdate blognya. Terlepas dari seberapa baik/dalam tulisannya itu sendiri.

Contoh blogging misalnya seperti topik yang sedang anda baca sekarang. Platform yang digunakan biasanya mendukung untuk karateristik penulisan blogging, seperti misalnya WordPress ini yang menyediakan  text editor dengan tools yang cukup banyak misalnya untuk menambahkan gambar, mengedit jenis font dan ukurannya, mengatur paragraf, mengkategorikan tulisan, menambahkan multimedia dan settingan lain yang lebih komplek.

Microblogging adalah pergeseran bentuk penggunaan blog yang terjadi dengan sendirinya karena behaviour/kebiasaan internet user itu sendiri. Seperti yang tertulis diatas bahwa menulis sebuah blog membutuhkan komitmen yang lebih besar, maka microblogging adalah bentuk simple/lebih mudahnya. meskipun sebenarnya tetap membutuhkan komitmen untuk terus mengupdate blognya.

Tidak ada batasan standar juga bahwa microblogging seberapa pendek/panjang  tulisannya, tetapi Wikipedia menyebutkan antara 140 – 200 character, termasuk link ke sumber lain ataupun multimedia. Kemudian topik/tema yang dibahas lebih ringan/tidak membutuhkan penjelasan yang panjang lebar.

Dari sisi platform yang digunakan adalah sama, hanya dari sisi penggunaannya saja, karena biasanya microblogging tidak memberikan penjelasan yang lebih details seperti misalnya research/study/opini. Mengenai pemanfaatan multi media itu sendiri, terkadang beberapa blogger hanya memberikan link video/sound yang didapat dari sumber lainnya.

Lalu apa itu Fast Blogging? Saya sendiri sebenarnya kurang setuju untuk menggunakan istilah blogging disini, karena fast blogging bisa dikatakan sebuah pergeseran bentuk (lagi) dari micro blogging itu sendiri, yang pertama adalah karena microblogging masih membutuhkan komitmen untuk terus mengupdatenya, untuk beberapa orang hal itu masih terasa sulit/tidak mudah untuk melakukannya, namun mereka tetap mempunyai sebuah keinginan untuk berbagi apa yang sedang ada dipikirannya saat itu.

Yang kedua adalah dari sisi platform yang digunakan, biasanya fast blogging ini tidak lagi membutuhkan sebuah platform blog lagi (dalam arti tingkat kompleksitasnya) tetapi dibentuk sebuah platform yang lebih simple lagi ataupun sudah terintegrasi dengan platform lainnya seperti online social networking. Contoh bentuk platform fast blogging misalnya Twitter, Jaiku, Plurker, Moodmill, dsb. contoh yang sudah terintegrasi biasanya kita lihat seperti field Status di Facebook, Shout Out di Friendster, dsb.

Dari sisi behaviour antar blogger, microblogger ataupun fastblogger, tentunya ada perbedaannya, tetapi akan sangat relative dan dynamic karena seorang blogger bisa saja juga terlibat dalam kegiatan microblogging ataupun fastblogging, atau sebaliknya seorang fastblogging saja bisa saja berubah menjadi seorang blogger.

Last but not least,  in a short summary buat saya :

Blogging:

  • Sebuah kegiatan menulis untuk mengumpulkan apa yang ada didalam pikiran saya dan membaginya ke orang lain secara global dengan metode pull (tanpa harus memaksa/meminta/just give it away for free) yang mudah-mudahan bisa membantu atau setidaknya bisa membuat anda berkomunikasi secara tidak langsung dengan saya.
  • Sebuah tempat penyimpanan informasi dari pikiran saya dari beberapa waktu lampau yang mungkin berguna untuk kedepannya untuk diri saya sendiri ataupun orang lain.
  • Sebuah cerminan beberapa bagian perjalanan hidup saya.
  • Dalam timbal baliknya, membaca blog orang lain juga memberikan pembelajaran bagi diri saya.

Microblogging

  • Tulisan kecil yang lebih bersifat santai, atau tidak membutuhkan penjelasan yang lebih details atau saya memang sedang tidak mau membahasnya lebih lanjut.

Fastblogging

  • Pikiran saya pada saat itu.
  • Cenderung kearah yang lebih personal
  • Tracking keseharian kegiatan dalam hidup kita
  • Jika tulisan tersebut hilang, tidak berarti terlalu banyak.*

*Bagi pengguna addicted platform fast blogging seperti plurk, twitter, jaiku, bahkan facebook/friendster poin terakhir ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan, terutama jika platform tersebut tidak dilengkapi dengan backup/import/export postingan anda, maka ketika servicenya berhenti tiba-tiba anda akan kehilangan semuanya, oleh karena itulah kenapa ada baiknya kita meng-invest domain dan hosting sendiri… *ups saya juga malas melakukan hal tersebut, jadi mari kita mulai sama2…

Jadi termasuk yang manakah anda? Blogger? Microblogger? Fastblogger? Have a nice weekend!

6 Responses to "Blogging, Micro Blogging & Fast Blogging"

tulisan yang panjang tapi menarik!

Hmm.. menurut saya yang mas Andy maksudnya dengan fastblogging merupakan microblogging itu sendiri. Mengapa dibedakan?


@F… good question…

Microblogging masih kelihatan format blognya dan masih menggunakan platform blog yang sebenarnya memungkinkan untuk menulis dengan details lengkap dengan segala kemampuannya untuk mengedit tulisannya, secara psikologi microblogger juga sebenarnya masih ada keinginan untuk meng-arsipkan tulisan2nya tersebut, atau bisa juga merupakan bentuk awal dari blogger itu sendiri (step by step mulai menulis yang pendek2 dan ringan2, kemudian beralih ke yang spesifik, serius, dalam, akurat, dsb)

Sedangkan Fast blogging cenderung ke arah apa yang sedang ada dipikiran kita saat itu, misalnya “Saya mau mandi, saya mau ke mall, saya sedang ini, saya sedang itu, dsb.” Secara platform akan lebih simple dalam arti tidak membutuhkan editor yang komplek, kemudian secara psikologi orang tersebut lebih untuk fun communication dengan topik sangat ringan.

Begitu maksud saya diatas kira2… bagaimana menurut anda?

Tulisan menarik Andi….saya masih hanya satu yaitu blogging….karena bisa dilakukan saat memang ada waktu, di rumah, dan ada ide yang di tulis.
Dan mungkin juga awal blogging kan karena biar akrab dengan anak-anak…alasan sederhana ya….dan sms aja males, apalagi pake yang aneh-aneh….

[…] Jumlah blogger* akan meningkat tinggi. *micro/fast/blogger. Sebanding dengan penetrasi yang meningkat dan bertambahnya internet user, maka jumlah blogger akan bertambah, terutama untuk micro dan fast blogger karena sifatnya yang lebih easy & fun. […]

[…] Jumlah blogger* akan meningkat tinggi. *micro/fast/blogger. Sebanding dengan penetrasi yang meningkat dan bertambahnya internet user, maka jumlah blogger akan bertambah, terutama untuk micro dan fast blogger karena sifatnya yang lebih easy & fun. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: