The Orange Network

Be Unpredictable!

Posted on: October 7, 2008

Dalam keseharian kita, kita pasti pernah bertemu orang yang segala sesuatunya sangat mudah ditebak *predictable… misalnya si A selalu makan siang di depan komputer, dengan kotak makanan warna biru 2 tingkat sambil membaca milis, atau si B yang selalu bercerita tentang pacarnya yang menyebalkan, atau si C yang ketika meeting selalu duduk di pojok dan diam, atau si D yang memakai baju itu itu saja, dsb.

Hal tersebut memang bukanlah sesuatu yang buruk, hanya saja orang lain mungkin akan bosan melihatnya dan mungkin orang itu sendiri juga sebenarnya sudah bosan dengan dirinya. Coba bandingkan dengan jika anda bertemu orang yang kelihatannya bersemangat setiap hari, cara berpakaiannya berubah-ubah, selalu penuh kejutan, selalu berinisiatif dengan hal2 baru.

Tidak hanya sampai disitu sebenarnya, orang yang unpredictable juga biasanya terpacu untuk menjadi orang yang kreatif, karena dirinya terbiasa untuk melakukan hal2 baru, maka hal itu akan tercermin ke hal lainnya, seperti misalnya ide-idenya selalu out of the box lain dari yang lain, orangnya pantang menyerah, berani mencoba hal baru, mempunyai banyak teman dari berbagai macam komunitas, dsb.

Lalu bagaimana untuk menjadi orang yang tidak membosankan/unpredictable?  berikut beberapa tipsnya dari saya sendiri yang mungkin bisa ditambahkan oleh anda :

  1. Mulailah dari hal-hal kecil, misalnya mengganti model rambut, mengubah cara berpakaian, mengganti parfum anda, menyapa orang di pagi hari, lunch di tempat yang benar-benar berbeda dari biasanya, dsb.
  2. Cobalah bergabung dengan komunitas yang baru yang berguna untuk anda,  misalnya ikut fitnes club, ikut seminar/sharing session, ikutan kopi darat sesuai dengan interest, ikut kursus alat musik / bahasa / belajar membuat kue, dsb.
  3. Baca buku/tonton tentang sesuatu yang baru, lupakan buku tentang programming anda, atau tinggalkan sebentar koleksi novel anda, carilah buku2 yang benar2 berbeda tetapi menarik minat anda, jika anda suka menonton televisi, ganti channel anda ke channel2 yang memperkaya wawasan anda tentang hal2 baru, misalnya discovery travel & living.
  4. Jika anda memang tertarik dengan hal yang anda dapat dari buku/acara tersebut, digging more, praktekan, misalnya anda baru saja belajar tentang membuat komik, cobalah untuk mempraktekannya. Jangan takut/malu  untuk mencobanya, lupakan pendapat orang lain sejenak, toh anda tidak merugikan orang lain, buatlah mereka terkejut, rasanya menyenangkan melihat orang lain keheranan melihat hobby baru anda.
  5. Perbanyaklah bertemu orang baru, biasanya orang baru akan membawa suasana baru, anda juga bisa belajar hal baru.
  6. Belajarlah dari siapa saja, proses belajar tidak hanya selalu dari guru/orang yang lebih tua, kita bisa belajar dari orang lain yang usianya jauh lebih mudah dari kita, bahkan anak kita sendiri, misalnya saya sedang ingin diajarin bermain piano oleh keponakan saya, karena memang dia sudah lebih mahir dibanding saya.
  7. Beri waktu kepada diri anda sendiri, terlalu banyak hal yang harus dikerjakan memang terkadang membuat kita tidak bisa memperkenalkan kita kepada hal2 baru, luangkanlah waktu setiap mingu selama beberapa jam hanya untuk diri anda sendiri, dan pergunakan waktu itu untuk mengexplore diri anda.
  8. Don’t bother what people thinks about you as long as for good things! itu prinsip saya sih, saya tidak pernah memusingkan apa yang orang pikir tentang diri saya selama yang saya lakukan itu baik/tidak merugikan orang lain, so just do it!

So ready to be unpredictable person?!

ps : Menjadi seseorang yang unpredictable juga biasanya disukai banyak wanita lho… tanyakan saja kepada teman wanita anda…

2 Responses to "Be Unpredictable!"

..Menjadi seseorang yang unpredictable juga biasanya disukai banyak wanita lho… tanyakan saja kepada teman wanita anda…

Hehehe…betul Andy.
Suatu ketika saya tanya pada anak perempuanku..”Nduk, kenapa kok kamu nggak pilih si B, tapi si A? Padahal si B kayaknya baik, kalm dsb nya….”
Jawaban anakku,” Iya sih bu, si B baik banget, tapi kurang menantang……”

nice writing🙂
yep, cuma kadang males mikirinnya mau berubah jadi seperti apa, soalnya udah enak sama keadaan sekarang.. hehehe..
apa salahnya mencoba😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: