The Orange Network

First Media ISP : Bad Service!

Posted on: September 21, 2008

Sebetulnya saya sangat tidak suka menuliskan tentang servis-servis yang buruk dari sebuah perusahaan, karena itu artinya saya sedang sial dan benar-benar give up dengan pelayanan “mereka”, padahal saya termasuk orang yang cukup bertoleransi untuk masalah-masalah kecil.

Dan rasanya cukup fair, ketika saya puas dengan service sebuah perusahaan, saya juga akan memberitahukan kepada orang lain seperti misalnya service Shell pertama dan kedua yang benar-benar memuaskan, service Toyota, service St. Regis Singapore (saya tidak perlu menuliskannya bukan? St. Regis Singapore adalah 6 stars hotel!) atau sebaliknya ketika saya merasa ditipu oleh service di salah satu Honda AHASS, atau service di salah satu Pizza Hut dan sekarang saya merasa “gerah” dengan service First Media yang memang sedang mengalami masalah karena President Director-nya terlibat kasus penyuapan senilai 500 juta.

Berawal dari kesimpang siuran soal area coverage, dimana sudah sejak 3 atau 4 bulan lalu, saya beberapa kali selalu menanyakan apakah sudah bisa masuk ke wilayah saya, mereka selalu mengatakan belum. Saya sendiri melihat jaringan Indovision/KabelVision sudah masuk di tiang depan rumah, logikanya itu artinya jaringan infrastructure sudah tersedia, dan konyolnya si customer service dengan pedenya selalu mengatakan “tidak bisa” “itu bukan Indovision/KabelVision” bla bla bla.

Sekitar 3 minggu kemarin, setelah saya menyerah dengan kelambatan jaringan 3G/3.5G yang disediakan oleh Telkomsel Flash, saya mencoba menghubungi kembali First Media dan akhirnya bisa terdaftar (aneh bukan?). Dan ternyata saya baru tahu bahwa saya di “tipu” karena saya dipaksa untuk berlangganan cable tv 33 nya juga, padahal ternyata bisa langsung berlangganan internetnya saja, meski akhirnya saya pikir saya akan mencobanya 1-2 bulan pertama saja.

1 minggu kemudian teknisi datang,  nah ini juga salah satu jeleknya mereka, saya selalu minta dan mengingatkan schedule mereka adalah sabtu pagi, karena sabtu siang saya sudah ada urusan lain, namun mereka selalu datang terlambat dan selalu diatas jam 12. (3x teknisi datang, 3x mereka terlambat)

Payahnya lagi, 3x teknisi datang masalah tv / internet yang tidak aktif selalu ada, dimulai dari tv yang hanya menangkap channel lokal, sambungan internet yang tidak menyala, pemasangan jalur yang salah (saya meminta untuk dihubungan di box yang sudah tersedia di rumah saya di 2 tempat, di ruang utama dan kamar utama, yang berfungsi hanya di kamar utama) sampai bad signal.

3 minggu sejak pemasangan, baru kemarin mulai aktif, dan setelah 1 hari semua kelihatan berjalan normal baik tv maupun internet, hari ke 2 tv mengalami gangguan “Access Denied” dan setiap kali saya menelpon, jawaban CSnya selalu membuat saya naik darah, bagaimana tidak ada CS yang berani mengatakan “Jadi ini salah siapa, bukan salah saya donk, karena system kami sedang rusak…” konyolnya lagi setiap kali saya menelepon saya harus menjelaskan ulang kejadian dari awal, dan mendapatkan prosedur yang sama yaitu reset factory default, dibantu refresh dari pusat dan tunggu 30 menit lagi. Terus dan berulang-ulang, saya seperti makan obat sehari 3x untuk melaporkan masalah saya.

Yang paling parah adalah malam ini saya mendapatkan sms dari mereka yang mengatakan meminta saya untuk membayar tagihan secepat mungkin paling lambat besok untuk service yang belum jelas bisa saya nikmati atau tidak. konyolnya ketika saya tanyakan ke CS nya, mereka mengatakan bahwa disana billingnya hanya mencatat ketika aktif, tapi ketika saya pastikan dengan menanyakan kalau dalam waktu 1 bulan saya hanya bisa menikmati selama 10 hari karena gangguan, apakah tagihannya berkurang? jawabannya tidak… WTF, lalu untuk apa berdalih kesana kemari soal billing?!

  • Service first Media benar-benar buruk, mereka tidak mengerti bagaimana cara berbicara dengan customer, dibandingkan dengan customer service telkomsel yang jauh lebih baik cara menanggapi customer
  • First Media tidak mengerti yang namanya tepat waktu karena teknisi mereka selalu datang terlambat dari jadwal yang dijanjikan dan membuat customer harus menunggu padahal ada urusan lain.
  • First Media CS tidak mendengarkan customer & mengerti yang namanya efisiensi (ketika saya mengingatkan CS supaya memberitahu nanti teknisi lapangannya sebaiknya membawa modem cadangan karena saya sudah mencoba dengan modem kakak saya lainnya internet saya langsung ok, mereka tidak menyampaikannya).
  • First Media tidak mengerti yang namanya bekerja dengan hati-hati & benar karena mereka membuat tembok kamar mandi saya kotor meninggalkan bekas telapak tangan mereka dan sukar dibersihkan karena terletak di bagian atas, belum lagi salah memasang jalur antena di box internal.

Singkat kata jika ada ISP lain yang bisa menjangkau wilayah saya dengan segera saya akan menggantinya, bagaimana dengan ISP / First Media anda disana? ataukah memang hanya saya yang sedang sial? rasanya sih tidak karena ternyata tetangga saya malah sudah menuliskan ke surat pembaca kompas karena dia sudah dari dulu sekali meminta pemasangan tapi tidak pernah di tanggapi dan di ping pong ke nomor2 salesnya (salesnya ternyata rebutan pelanggan dan komisi)

ps : tulisan ini diposting dengan menggunakan Windows Live Writer, applikasi yang memudahkan kita untuk menulis blog (misalnya menulis secara offline terlebih dahulu, begitu online automaticaly baru terposting, dsb)

Update : OMG, 1 jam setelah menulis ini, sambungan internetnya pun ikut mati… apakah mereka membaca blog saya?…🙂

11 Responses to "First Media ISP : Bad Service!"

thanks God, gw ga pake first media.
Dah ditelpon 4 kali menanyakan untuk pasang first media, gw tolak.
Jadilah pake indovision plus internet kantor, huehehehe

saya tadinya pake FM, tapi saya ganti karena beberapa masalah : http://denhurd.wordpress.com/2007/11/04/first-media-internet-provider-yang-handal-kah/

skrg sih saya pakai speedy?
knp ko andy gk pake speedy? kan ada promo jam 8 malam – 8 pagi tidak hitung quota

wah, bener2 kacau ya?
mungkin emang gara-gara pemain baru?
tapi menurut g nggak ah.😀

speedy yang serba pas-pasan aja servicenya masih jauh lebih baik daripada yang diceritain di atas😀

Saya pake sejak namanya masih Kabel Vision, memang sejak menjadi First Media, apalagi akhir-akhir ini, internet kadang lelet (atau perasaan saya?. Tapi memang mesti ditelusuri, apakah lelet karena jaringan kabelnya atau dari sisi indosat M2.

Quote: Speedy di kantor malah lebih lelet lagi di banding FM….jadi mesti pake apa dong?

terpaksa pindah aja deh..😛

Emang sih customer carenya First Media paling parah, mereka gak bisa ngasih solusi hanya ngasih janji kosong, pengalaman gak enak saya sih hanya pas saat pertama pasang. yaitu teknisinya tidak pernah tepat waktu datangnya, dan ganti jadwal tanpa konfirmasi.
udah gitu it skill nya kurang. mereka hanya tahu untuk tarik kabel, terminasi, pasang modem. tapi pas modem di pasang dan gak bisa sambung mereka gak bisa trouble shoot sendiri, la wong IP yang musti di dapet aja mereka gak ngerti😛
Tapi setelah terpasang sampai saat ini koneksi lancar…

[…] sebelumnya, bahwa customer service Telkomsel cukup baik dalam menangani pelanggan, tidak seperti CS First Media, jadi biarpun Telkomsel sebenarnya melakukan kesalahan yang cukup fatal alias bisa merugikan […]

sabar2 ndi…

gw jg dulu kena sama 1st media pas baru mau pasang.
gw lagi tersambung ke ISP indosat cable, lalu gw disuruh putusin dulu cablenya… pas gw putusin, eh si 1st media malah bilang udah full daerah gw, dan ga bisa pasang sampe bulan dpn…

alhasil gw marah2, tadi bilang bisa skrg bilang ga bisa, bla2x… tetep loh harus nunggu ampe bulan dpn, akhirnya ada yg berbaik hati kasih no hp personal org 1st media gw ga tau lah pangkatnya apa, gw telpin minta tolong langsung dipasangin.

Barusan saya selesai telpon dgn CS First Media. Sampe merah kali kuping mereka.

Masalahnya karena modem saya sering offline tiba2 (lampu status kedap-kedip). Dalam sehari saya harus unplug power cable berkali2 untuk reset supaya internetnya jalan lagi. Saya sudah telpon CS berkali2, dan mereka janji akan melapor ke Technical Support untuk menghubungi saya. Janji itu BOHONG! TS tidak pernah telpon saya. Mereka sudah mencatat no HP, dan nama saya 3 kali. Hari ini saya bertekad tidak akan mau tutup telpon sampe saya mendapat pertanggungan jawab untuk teknisi dateng ngecheck. Mereka mengulang2 omongan mereka, dan saya tetap mengulang2 untuk minta tanggung jawab yg concrete. Saya minta berbicara dgn atasan tapi tidak di gubris.

Setelah lumayan lama, akhirnya supervisornya yg take over. Beliau adalah Ibu Nur. Dia memberi saya no HPnya, dan janji bahwa TS pasti akan datang untuk check condition internet saya.

Thank you banget ada profesionalisme Ibu Nur di antara kinerja First Media yg ancur parah!

Lalu bagaimana dengan masalah paket tambahan TV33 nya ?…
apa sudah di tutup ?.. dipersulit ndak ketika mau nutup ?… lalu sekarang biaya sudah naik menjadi 135.000 (rp. 150 rb termasuk pajak).

Belum lagi issue “Go green” yang terkesan mengada ada. Go green mereka mengacu pada point paperless… zzzz.. padahal iuran sudah naik tapi mereka bahkan nggak mau ngasih billing ?…

ya sudah,.. kalau saja ada ISP lain yg unlimited melintas di pamulang,… ganti pasti nih,…

@aatblog sampe sekarang seh HBO masih jalan meski aku bilang ngga di perpanjang, iya iuran internetnya naik, dan soal go green seh aku setuju, kita ga perlu kertas kan? cukup email / login ke website, sampe rumah kita juga pasti cuman jadi sampah kok.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
