The Orange Network

There is always a positive side?!

Posted on: August 10, 2008

Percaya atau tidak, melambungnya harga minyak dunia tidak selalu berdampak negatif, tetapi juga membawa dampak positif bagi banyak pihak bahkan seluruh dunia. Memang saya sendiri belum merasakannya untuk di Indonesia sendiri khususnya Jakarta, tetapi untuk long term, jika kita menganalisa maka akan ada kemungkinannya untuk hal tersebut.

Di Amerika sana, ada perusahaan industri berat seperti pencoran/pengolahan baja yang justru mengalami kenaikan order sebesar 30% pada tahun ini, dan 25% tahun sebelumnya, bagaimana bisa ketika minyak dunia sedang melambung begitu tinggi? logikanya begini, perusahaan tersebu menerima produksi untuk mendaur ulang baja untuk tempat penampungan baik itu truk besar, anjungan minyak dan tempat penampungan lainnya. Pada saat harga minyak naik, banyak bisnis besar yang ingin menghemat dibagian logistik salah satunya, dimana daripada mereka bolak-balik dengan boros BBM untuk mengirim barang karena hanya menampung sedikit, mereka memilih memperbesar penampungan sehingga mampu menampung lebih banyak pengiriman dengan ongkos BBM yang sama. Masuk akal bukan?

Disisi lain, mahalnya energi memang berdampak positif, karena orang dipaksa berhemat, mencari alternatif, mendaur ulang apa saja, menemukan inovasi baru, dan hal-hal lain yang tadinya mungkin tidak terpikirkan ketika harga minyak sedang murah. Disisi pshycological, biasanya orang cenderung boros ketika segala sesuatunya murah/tidak menghargai.

Lalu sangkut pautnya dengan lingkungan, orang akan berpikir menggunakan mobil karena BBM yang mahal, dampaknya? kemacetan seharusnya berkurang, polusi berkurang, global warming melambat, bahkan orang tersebut bisa saja menjadi lebih sehat hidupnya karena lebih banyak beraktifitas seperti menggunakan sepeda / berjalan kaki karena mengurangi obesitas yang termasuk momok dunia. Belum lagi ditambah industry mobil terus dipacu untuk menciptakan mobil hibrida misalnya bahan bakar dengan air, listrik bahkan tanaman yang terus dikembangkan.

Intinya adalah dengan naiknya harga minyak dunia kita dituntut lebih efektif dan efisien dalam segala hal, termasuk dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.

Bagaimana dengan anda? apakah kehidupan anda terpengaruh ke arah yang lebih positif atau anda terkena dampak yang negatif? bagaimana menurut anda tentang kenaikan harga minyak ini?

Inspiration : Business Week Magazine

3 Responses to "There is always a positive side?!"

Kenaikan harga bensin yang lumayan drastis secara langsung memberikan dampak bagi konsumen untuk berpikiran lebih efektif dalam berkendara sehari-hari. Mereka dituntut untuk merubah cara hidup (life style). Hal ini menurut hemat saya adalah sisi positif dari kenaikan harga bensin. Less traffic karena orang mencari alternatif public transportation. Berpikir dua kali untuk mengadakan perjalanan jarak jauh dengan mobil atau membeli tiket pesawat terbang. Saya sendiri tidak mau naik mobil lagi ke kantor, naik kereta listrik karena lebih hemat.

General Motor, salah satu perusahaan tertua di Amerika harus menyetop produksi divisi truk mereka. Menjual brand names seperti Hummer (yang terkenal boros bahan bakar), dan memberikan kekuatan baru bagi divisi hybrid yang selama ini hanya dijadikan anak tirinya untuk merekrut talent-talent baru yang dapat menghasilkan ide mobil hemat masa depan.

Ga setujuu aaahhh… liat aja, gara2 harga minyak naek, bursa saham seluruh dunia rontok abis, pas harga minyak uda turun lagi, harga saham bukannya balik naek, malah ikut turun.. iklim investasi jadi ga kondusif dan masa skrg mal2 musti hemat listrik, eskalator mo dimatiin, balik ke jaman batu dong??!!

kalo masalah nyari energi alternatif, itu sih ga usah harga minyak naik juga dari dulu udah pada sibuk nyari sumber energi alternatif. sama juga dengan masalah hemat energi, ga usah nunggu harga minyak US$140, dari dulu orang udah berkutat dengan menghemat energi.

berarti sebenarnya kenaikan harga bbm ini justru bikin kita makin hidup dengan benar kan? padahal harga yang kita bayar adalah sama saja ketika harga bbm tersebut sedang rendah-rendahnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: