The Orange Network

Renov rumah asik lho!

Posted on: January 12, 2008

Kemungkinan 1 bulan lagi rumah saya yang di Villa Melati Mas Serpong selesai dan siap ditinggali, hal ini adalah pengalaman pertama merenovasi rumah, sungguh menyenangkan, terkadang kita harus benar2 kreative, apalagi jika kita memiliki lahan dan dana yang terbatas. Saya akan sharing hal2 apa yang perlu diketahui supaya project merenov rumah bisa berjalan dengan baik.

  • Pastikan anda memilih arsitek & insinyur yang profesional, handal dan selaras, terutama dalam selera model, persiapan dan eksekusi, jika dana anda terbatas, anda bisa meminta bantuan kolega/teman anda yang anda percaya mempunyai selera yang sesuai dengan anda, ajaklah ia berkunjung ke lokasi, sharing2lah, minta pendapat dia, beritahu keinginan anda, komunikasikan dengan baik. Untuk rumah saya, saya dibantu oleh kakak ipar & kakak kandung, kakak ipar saya kebetulan sorang kontraktor profesional, seleranya tidak diragukan, terbiasa membangun rumah dengan berbagai model, dari perumahan, office sampai mall. singkat kata apapun yang dia akan lakukan terhadap rumah saya it’s ok.
  • Pastikan anda memiliki kontraktor yang profesional, baik dari mandornya hingga ke pekerjanya, mandor yang baik akan selalu mengontrol dan memberi masukan ke pemilik rumah apa yang terjadi sebelum melakukan eksekusi dan berpikir untuk jangka panjang.
  • Lakukan perhitungan untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, sehingga anda bisa mempersiapkannya dengan baik.
  • Awasi proyek secara berkala minimal seminggu sekali untuk melihat hasilnya secara bertaha, agar tidak terjadi kesalahan yang membuat anda kecewa atau bekerja 2 kali.
  • Meskipun anda memiliki arsitek, insinyur dan kontraktor yang handal, pastikan anda juga turun tangan dalam setiap detilsnya, misalnya pemilihan warna, keramik, wastafel, kitchen set, shower2 mandi, letak closet, arah pintu, dsb. Beritahu keinginan anda lalu dengarkan pendapat mereka.
  • Bacalah buku2 tentang design rumah untuk inspirasi dari berbagai ruangan, dari fasad depan, car port, teras, ruang tamu, ruang tidur utama, dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar mand sampai ruang service, anda tentunya tidak ingin salah membangun model rumah anda yang mungkin akan anda tinggali seumur hidup anda.
  • Pemilihan bahan sebaiknya yang berkualitas, jika dana terbatas, mintalah saran pada kontraktor, arsitek/insinyur mengenai type barang yang bagus dengan harga yang terjangkau, saya sendiri mengakali hal tersebut dengan melakukan mixed, misalnya untuk keperluan kamar mandi utama saya menggunakan Toto produk, sedangkan keperluan kamar mandi tamu menggunakan produk cina, beberapa produk cina seperti Wasser/GDS cukup bagus, hanya saja Toto lebih banyak variasi dan selalu mengeluarkan type baru.

Bagian paling menyenangkan ketika saya membangun rumah ini adalah ketika membagi lahan yang ada untuk ruangan-ruangan yang kita inginkan, kita harus mempertemukan keinginan dengan realita dengan kreativitas kita, seperti misalnya ketika kami harus membobol tembok tetapi hanya sebagian untuk dijadikan meja makan yang bisa juga berfungsi sebagai mini bar karena berseberangan dengan dapur kering.

Atau ketika memikirkan bagaimana caranya ruangan keluarga ada aliran udara dan kami bisa merasakan gemericik air ketika hujan tiba tetapi tidak membuat ruangan basah. Hal lain juga serus adalah ketika memilih keran2 untuk kamar mandi, closet duduk, wastafel, shower, dsb begitu banyak model yang bagus (Toto bagus dari segi design dan cukup mahal). Atau pemilihan keramik kamar mandi dari mulai warna dan teksturnya, rasanya sudah tidak sabar ingin segera melihat rumah saya selesai.

Kedengerannya sangat menarik kan? memang benar kenyataannya seperti itu, hal itu juga salah satu kelebihan membeli rumah second dibanding membeli rumah baru yang sudah jadi dan langsung tinggal begitu saja. Semoga rumah saya cepat selesai, nanti saya akan sharing disini lagi, thanks.

ps : silahkan browsing2 keperluan kamar mandi di Toto website

Berikut adalah pilihan saya dan pasangan, tentunya dengan memperhatikan kemampuan dana, beberapa item first choice, beberapa item second choice karena terlalu mahal…
wastafel.jpg keran.jpg shower.jpg kerandalam.jpg

5 Responses to "Renov rumah asik lho!"

Saran yang bagus Andy, walau dalam praktek saya masih kedodoran saat membangun rumah di Cilandak, karena kesibukan kerja. Ternyata, walau sudah diserahkan ke kontraktor, tetap saja kita harus monitor secara ketat.
Apapun ini pengalaman buat saya, karena saat membangun rumah di Bandung, saya tak ikutan (hanya ikutan menyetor dana ke suami…hehehe)

Rumah sendiri atau rumah orang tua?

tukang ketik
http://adiwirasta.blogspot.com

@tukang ketik…

Rumah sendiri, orang tua saya sudah tidak ada sejak kuliah.

– Sediakan minimal 30% dana cadangan.

wah… renov rumah…
bentar lagi sebar undangan donk!, nanti klo udah selesai renov jangan lupa photo2 yah ^^

klo perlu di bahas per ruangan wakakakak…

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
