The Orange Network

Investment Shopping

Posted on: December 29, 2007

shopping2.jpgSetiap orang suka shopping, buat saya pribadi terus terang shopping memang menyenangkan, saya tidak tahu apakah ada pengaruhnya secara ilmiah ketika seseorang melihat sesuatu barang yang disuka, mencoba, kemudian mempunyai rasa ingin memiliki yang sangat besar, lalu akhirnya dia bisa memilikinya. (maybe we must ask women…)

Yang tidak enak adalah jika kita lupa membatasi shopping kita, singkat kata lebih besar pengeluaran di banding pemasukan dalam hal financial, hal itu banyak terjadi dan kita bisa lihat dimana2, misalnya seseorang yang sering sekali berganti handphone yang terbaru dan mungkin ter-mahal (biasanya pria) atau seseorang yang selalu memakai pakaian model terbaru dengan merk yang mahal (biasanya wanita). Kita tidak akan membahas akibatnya karena kita semua juga sudah tahu jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan = hutang = lingkaran kesusahan.

Lalu apa maksudnya Investment Shopping (terus terang itu istilah asal comot) maksudnya adalah cobalah untuk belajar belanja sambil berinvestasi, apakah hal itu mungkin dilakukan karena dua hal tersebut investment dan shopping adalah kontras sifatnya? menurut saya mungkin saja, karena kita akan bisa mendapatkan keuntungan setelah kita mengeluarkan pengeluaran jika kita bisa memilih dengan baik dan benar.

  • Ketahui keadaan keuangan anda dalam waktu dekat dan dalam waktu kedepan.

Jika anda membutuhkan dana untuk sesuatu yang memang sudah ada dalam anggaran, maka usahakan jangan menggunakan dana tersebut. Jangan memaksakan diri yang akan membuat anda menyesal di kemudian hari.

  • Belanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Mungkin itu susah awalnya, karena biasanya keinginan selalu datang lebih dahulu dibanding kebutuhan, usahakan setelah keinginan datang, anda harus mengingatkan diri sendiri apakah anda membutuhkannya. Misalnya anda ingin handphone baru, apakah yang lama sudah benar2 layak diganti?

  • Hitunglah manfaat dibandingkan dengan pengeluaran yang kita keluarkan, artinya kita harus tahu jika kita membeli barang tersebut apa yang akan kita dapatkan.

Usahakan jika anda membeli produk pilihlah yang bisa mempermudah/membantu anda atau mempunyai fungsi. Misalnya mungkin anda harus berbelanja pakaian kantor yang lebih representatif karena anda baru saja naik jabatan, that’s ok. Anda bisa saja membeli mobil baru yang jauh lebih irit, representatif, tidak merepotkan anda karena sering mogok, dsb.

  • Belilah produk yang benar2 bagus. Lebih baik mempunyai 1-2 barang bagus dengan kualitas yang terbukti meski harga lebih mahal, dibanding 10 barang yang murah tetapi kualitas jelek.

Sebenarnya saya tidak terlalu brand minded, tetapi biasanya brand yang bagus mempunyai kualitas barang yang bagus juga, dari segi design, bahan, fungsi, ketahanan sampai detailsnya, maka saya akan memilih brand tersebut daripada saya harus membeli barang yang tanpa brand tetapi mudah rusak sehingga saya akan lebih sering membelinya lagi, artinya ada kemungkinan total pengeluarannya sama, dan malah anda rugi waktu dan biaya lain2 karena harus sering2 kembali membeli.

  • Belilah produk yang memang untuk investasi.

Banyak macamnya, anda bisa membeli property, saham, dollar, reksadana, dsb. Tetapi ingat, pelajari dahulu cara mainnya, and try with small investment first of course because we want to learn how to invest not gambling.

So happy smart shopping guys!

3 Responses to "Investment Shopping"

Untuk barang tertentu, seperti sepatu, saya memang cari yang bagus, karena kaki saya bermasalah…..dan untuk yang ini saya menunggu jika ada diskon. Baju dan yang lain tergantung kebutuhan, apalagi kalau dulu dikantor kan pake blazer warna gelap (karena bekerja di kantor yang nuansanya konservatif)…
akibatnya kalau jalan-jalan lebih suka pake jeans.

(mungkin saya termasuk hanya belanja sesuai kebutuhan…jadi bukan termasuk orang yang jadi target marketing)

hai..salam kenal ya…:)
wah bagus nih jd warning buat aku yg mulai hobby shopping :p

shopping…

kynya dulu seneng deh
cuma skrg udah ga gt
pikir2 karena cari duit susah, jd kalo punya duit lbh bawaannya sayang buat dibelanjain mwahwahwah

even yah, kalo lg kepepet (bokek)
malah jd mata rusak deh mao ini mao itu

pa lg yah, gua buka toko online
terus suka jg liat2 toko online org laen (ga ada lirik2, cuma tiap mereka ngepost something new or dapat comment di photonya, kebaca ama gua)
malah jd pengen beli ini beli itu
hanya karena “lucuuuuuu”
**cape deehh**
pa kg u know lah, online itu sangat2 praktis
gua ckp transfer dr komp (klikbca)
lalu nunggu 1-2 hari barang dateng
huhu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: