The Orange Network

Just believe in God…

Posted on: November 26, 2007

Barusan saya pulang dari Mall Taman Anggrek, setelah acara makan malam bersama orang tua pasangan saya, ketika menyeberang jalan, ada seorang ibu-ibu memanggil saya… tampangnya ragu dan bingung, agak gemuk, penampilannya biasa, tidak terlihat seperti orang kaya tetapi tidak juga terlihat kekurangan.

“Mau nanya, adek pulang ke bogor?…”

“Ngga, saya tinggal di dekat sini… ada apa?…”

“Oh ngga apa2 saya pikir ke Bogor, saya mau nebeng…”

“Oh… saya ngga ke Bogor…”

Lalu saya melanjutkan perjalanan, sambil berpikir lalu berbalik…

“Ibu mau pulang ke Bogor?… lalu kenapa ibu bisa ada disini?…”

“ehm… begini tadi saya mencari anak saya di kostan tanjung duren satu harian, terus ngga ketemu, akhirnya saya muter2…”

“Lalu tadi naik apa kesininya?…”

“Naik bus, terus kehabisan ongkos, suami saya sudah 5 bulan tidak pulang, bla bla bla… “

Ceritanya membingungkan, saya sempat siaga takut dia berbuat jahat misalnya bermaksud menghipnotis saya, tangan saya mengecek dompet… ada, hp… ada, melihat kiri kanan belakang siapa tahu ada temannya… ok aman.

“Jadi ibu tidak bisa pulang karena tidak ada ongkos?… lalu apa rencana ibu?…”

“Iya saya lagi cari tebengan…”

“Berapa ongkos pulangnya?…”

“Dua belas ribu…”

Berpikir sebentar apakah ibu ini jujur atau tidak…

“Ok, saya tidak tahu cerita ibu benar atau tidak, hanya Tuhan yang tahu… saya akan kasih ibu ongkos pulang… 12 ribu ya…”

Saya membuka dompet tidak ada uang pas 12 ribu, akhirnya saya kasih lembaran 20 ribu…

“Ini buat ongkos pulang, ibu ke depan, ke arah sana, tanya polisi disana, karena saya juga tidak tahu rute bisnya… yang pasti dari sana…”

“Terima kasih, ehm ini ikhlas ngga?…”

“ehm… saya bukan tidak mau percaya cerita ibu, tetapi banyak kejadian seperti ini yang disalah gunakan, jadi saya hanya percaya sama Tuhan, kalau kita baik Tuhan pasti menolong, kalau kita jahat kita bisa dihukum…”

Ngga tahu kenapa saya bisa berkata seperti itu…

“Terima kasih ya dek…”

Lalu dia berjalan ke arah yang saya tunjuk, ketika saya keluar dari tempat parkir, saya iseng jalan perlahan sambil melihat seberang jalanan tadi, sudah agak ke depan, ternyata dia ada, dan memang nampaknya kebingungan… dia berjalan menjauhi arah naik bis semestinya sih, tetapi saya tidak bisa memberi tahu karena jalanan 1 arah dan dia jauh diseberang… setidaknya dia bisa bertanya dan sudah mempunyai ongkos… Orang aneh yang kasihan…

Terkadang kita memang bingung, bahkan ketika kita akan menolong… memang susah untuk mempercayai orang, apalagi yang tidak dikenal… ada baiknya selagi kita bisa menolong semampu dan seikhlas kita, percayakan saja pada Tuhan dan lakukan saja!

ps : sudah ke sekian kalinya (kira2 5x…) saya mengalami kejadian seperti ini… orang yang tersesat / kehabisan ongkos pulang… dari ibu2, mba2 sampai anak lelaki…

13 Responses to "Just believe in God…"

kok lucu sih ndi udah kejadian berkali2? g sendiri blm pernah tuh… kalo dideketin orang ga kenal pernah pernah waktu di singapore, sampe g pegangin terus tas g kenceng2, takutnya dia mo nyolong hihihi… emang serem skrg2 soalnya banyak kejadian aneh2

Hmmm susah juga yaaa, mau nolong takut malah ditipu. Tapiii sebaiknya yaa bismilah dan menolong saja🙂

yah, memang kita harus waspada, tapi ttp saja kita juga harus peduli dengan orang yg memang butuh seseorang…

Hi Mas Andy,
First of all, terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Salam kenal.

Hanya orang yang memiliki tabungan kebaikan yang bisa berbuat kebaikan, bukan? And you are the one!

Salam,
dadang

Terima kasih untuk kebaikan hati Andy. God repays your kindness many times over.🙂

wah gw jg sering dapet kejadian seperti inih..
entah tendensi apa dibalik itu..

disisi lain kita kalo tidak ngasi jg kasihan bila dilihat secara manusiawi tp kalo di kasih bisa kepikiran apakah org ini bener2 butuh ato sekedar NGOMPAS ato MAJAK [minta uang secara tidak paksa]

hmm.. smogah kejadian jadi peringatan..
supaya kita bisa bertindak tegas..
dikasih ato tidak.. dengan pertimbangan
naluri..

heuuee ..🙂

saya juga sering mengalami kejadian serupa. tetapi selalu saya tolak dengan halus.
soalnya kejadian pertama, saya bisa membuktikan jika pelakunya adalah penipu.
sama seperti cerita Mas Andi, dia cerita bla bla bla… dari Cikampek! [saya di cikarang].
tapi di hari lain, saya lihat pelaku makan gado-gado di kaki lima dekat lokasi penipuan.
hmmm, nggak pernah bisa percaya lagi cerita-cerita sejenis.
jikapun memang suatu saat ketemu dengan orang-orang yang bener-bener bukan penipu, saya minta maaf saja dalam hati karena nggak bisa berbuat baik dalam hal yang satu itu.

Di Jakarta ini memang susah, mau nolong, ntar dihipnotis…tapi kalau kita tak sendirian, kabar2nya hipnotis tak mempan.

Tapi ya Bismillah aja…mudah2an memang si ibu tadi kehabisan ongkos.

ho oh..palagi di jkt,,gw juga kdang berpikir dua kali klo nolang orang n liat facenya juga…n dulu juga kadang kebawa juga ke bandung ..n gw juga agak2 takut juga ngasih tau arahnya…ya beginilah klo di negara kita

kayak gini emang serba salah sih ya. Sekali waktu, gw juga suka ngasih, dan kasusnya mirip banget dengan Andy. Mikirnya jg sama. Ya udah lah, lebih baik diikhlasin ceban, n berharap si orang bisa pulang dengan selamat. Ya kalo emang niatnya dia nipu, ya sudah. Toh tanpa ceban, juga gw masih bisa hidup.🙂

kalau gitu sih, tergantung nurani dan keyakinan saja, kalau sudah mau nolong ya nolong aja, nggak usah takut akan ditipu😀 tapi nice true story

Di tempat saya tinggal, hal yang sama juga sering terjadi. Sedihnya mereka mempermainkan perasaan orang-orang yang betul-betul mempunyai keinginan untuk membantu. Memang benar, jika kita ingin membantu harus secara ikhlas dan tidak melihat ke belakang untuk melihat apakah yang menerima itu betul-betul yang memerlukan atau hanya penipu yang membuat hati kita menjadi dingin untuk nantinya berhadapan dengan yang jujur.

[…] ingatkan cerita saya tentang ada orang yang meminta uang untuk ongkos pulang dengan berbagai alasan disini? setelah 2 bulan terakhir ini saya semakin sadar bahwa ternyata saya beneran di tipu… fakta […]

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
