The Orange Network

What is Success?

Posted on: November 11, 2007

Beberapa waktu lalu ada seorang teman lama saya yang bertanya kepada saya “Bagaimana yah biar bisa sukses?” Dia adalah teman saya dari kami masih balita, kami berdua ada foto balita sedang duduk bersama dimana air liurnya masih menetes kemana-mana…

Saya lalu bertanya balik kepada dia “Apa itu sukses?” … dia diam dan berpikir, cukup lama… lalu dia bilang “Aku kepingin kaya… lu gimana?… ” Saya tersenyum, berpikir sejenak dan mencoba sharing apa yang ada dipikiran saya.

Sukses bagi saya adalah sebuah proses, sukses bukanlah akhir karena memang tidak ada batasannya apalagi kita sebagai manusia, sukses adalah proses ke keadaan yang lebih baik bisa bagi diri kita sendiri ataupun beserta orang lain, sukses saya katakan proses juga karena biasanya jarang yang instant, dan sukses sendiri bisa terbagi-bagi dalam skala kecil sebelum akhirnya sampai ke skala yang lebih besar.

Contoh, ketika seseorang sukses menjadi orang kaya karena mempunyai usaha yang banyak dan besar, tentunya itu ada sebuah proses dari sukses-sukses kecil lainnya, misalnya dia sukses membuka usaha kecil pertama kalinya, dia sukses membuka cabang-cabangnya hingga akhirnya menjadi benar-benar sukses.

Contoh lain ketika seseorang sukses menduduki jabatan top management seperti misalnya CEO, pada awalnya dia melewati proses sukses sebagai staff junior, lalu sukses menjadi staff senior, manager, director, dsb.

Jadi saya mencoba menjelaskan ke teman saya “we can aim high, that’s good, then we must break down the way to the success” kita bisa menginginkan sesuatu yang tinggi sebagai tujuan kita, hal itu bagus karena artinya kita mempunyai tujuan dan memacu kita, lalu yang harus kita lakukan adalah kita menemukan satu persatu, tahap demi tahap menuju kesuksesan.

Semua itu membutuhkan proses, ada yang instant dan bisa menemukan shortcut untuk menuju kesuksesan, sedikit diantaranya karena mereka diberkati dengan keadaan yang lebih baik dari kita, kebanyakan lainnya karena mereka bekerja keras. Then we must realize, kita harus melihat dimana jalan kita, jika kita diberkati, thanks God, jika kita harus berusaha keras, then do it!

Terkadang kesuksesan itu susah dan berat untuk di dapatkan, itu juga yang menyebabkan orang lupa bahwa kesuksesan harus melalui sebuah proses, kita ingin menjadi kaya, keadaannya kita tidak mendapatkan warisan yang instant dari keluarga kita, maka kita harus bekerja keras, jika sudah bekerja keras saja masih gagal, jangan menyerah, bayangkan apa yang terjadi jika anda tidak bekerja keras, keadaan bisa menjadi lebih buruk tentunya, mau contoh? lihat disekeliling kita orang-orang yang pekerjaannya hanya meminta-minta atau bahkan menipu, biasanya mereka akan susah keluar dari lingkaran tersebut karena mereka malas.

So if we want a BIG success, we must & can start with a small success, let’s find our way…🙂

*obrolan saya dan teman saya berlanjut dengan mencoba mencari apa yang bisa dilakukan oleh teman saya, dimulai dari hal-hal kecil, seperti misalnya rencana untuk memperbaiki usahanya.

5 Responses to "What is Success?"

Sukses: impian yang terwujud. Biasanya melibatkan kedamaian rohani, kecukupan fisik dan kenyamanan finansial (bukan “kebebasan,” karena finansial bukan situasi atau sifat yang harus dihilangkan tapi alat yang perlu/harus dimanfaatkan). Pencapaian dalam ketiga hal tersebut adalah syarat umum kondisi sukses (terwujudnya impian).

Jadi, impian adalah tujuannya, ketiga hal di atas adalah sarana pencapaiannya. Keseluruhan, semua itulah sukses. IMHO🙂.

sukses ? wah gak tau ya, karena sukses selalu ada di depan kita, point demi point selalu kita kumpulkan dalam mngarungi perjalanan hidup yang panjang
tapi kalau bahagia menurut saya adalah suatu kondisi dimana kita bisa ikhlas menerima dan menjalani segala sesuatunya

Sukses? Kayaknya masing-masing kita punya impian, ada yang terlalu tinggi, ada yang sedang2 aja.
Dan karena sedang2 aja, kayaknya hidup selalu saya syukuri…dan rasanya saya udah melewati impian semasa masih remaja dulu (walau ada yang tak tercapai, tapi secara netto lebih tinggi…hehehe, kayak menghitung nilai investasi aja)

@mas Uwie, penjelasan yang bagus sekali, memang sukses itu mempunyai banyak versi bagi setiap orang, semoga kita semua bisa mencapai sukses versi kita.

@Andrias
Benar, menerima dan menjalani dengan rasa syukur akan apa yang kita miliki sekarang juga salah satu proses menuju sukses. Asal jangan nerimo terus ya mas, kita juga harus ngoyo kalau diperlukan lho…🙂

@edratna…
ibu toh sudah sukses, bagi2 resepnya gitu..🙂

Start with a mindset.🙂 Good job.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
