The Orange Network

When someone look down on you

Posted on: November 10, 2007

LookDownKetika kita bertemu orang lain khususnya orang baru, kita biasanya bisa merasakan bagaimana respon mereka terhadap diri kita, meski hal hanya sebagian kecil dari proses awal dari sebuah hubungan yang akan terus berubah atau tidak berkelanjutan sama sekali.

Terkadang kita melihat beberapa orang yang meremehkan orang lain, dari cara mereka memandang dan berbicara, contoh yang paling simple misalnya kita masuk ke sebuah toko dengan brands bermerek yang sangat terkenal dengan harganya yang mahal, dan pada saat itu penampilan kita memang sedang biasa-biasa saja, beberapa pelayan terkadang meremehkan kita, seolah-olah sudah bisa memastikan kita tidak akan mampu membeli barang-barang yang ada disana. Contoh lain ketika kita bertemu orang lain untuk urusan bisnis/pekerjaan, ada beberapa orang bertingkah laku seperti mereka adalah yang paling hebat dan mengganggap remeh orang lain dengan perkataan atau tingkah lakunya.

Bagaimana jika anda yang berada di posisi orang yang diremehkan tersebut? menyebalkan bukan? oleh karena itu, marilah kita mencoba untuk selalu menghargai orang lain. Kemudian apa yang bisa kita lakukan ketika orang lain mengganggap remeh kita?

  • Tetaplah tenang dan percaya diri fokuskan pada apa tujuan anda, ada kemungkinan itu hanyalah first impression yang wajar, atau hanya perasaan kita.
  • Jika memang orangnya seperti itu, percayalah anda bisa berada dipihak yang diuntungkan atau setidaknya anda tidak akan dirugikan lebih jauh, kenapa? biasanya ketika orang yang suka mengganggap remeh orang lain, dia bukan orang yang benar-benar hebat, contoh nyata biasanya hal itu banyak dilakukan oleh para pelayan atau staf junior atau mungkin para eksekutif yang baru saja di promosikan menjabat di bagian middle management.
  • Jika anda sedang dalam sebuah kompetisi, anda sedang diuntungkan karena orang tersebut berarti belum bisa mengukur kemampuan anda sesungguhnya, dengan catatan anda sudah berlatih keras dan mempunyai skill yang diperlukan. Pengalaman pribadi waktu di Bangkok Media Works III, saya masih ingat saya mengedipkan mata sambil memberikan tanda jari ok, ke orang yang pernah meremehkan saya pada saat pertama kali bertemu dari atas panggung karena team kami memenangkan juara 1 kompetisi Coca Cola Pitching Simulator tersebut.
  • Jika pada akhirnya anda memang bisa membuktikan bahwa anda lebih baik, itu adalah merupakan pukulan telak bagi orang tersebut. Jika tidak, it’s ok keep practice more…

Jadi stay cool & never look down on any body!

3 Responses to "When someone look down on you"

Ya, aku si sering seperti itu.
Dipandang rendah ketika bertemu seseorang apalagi saat pertama kali bertemu.
Penampilan adalah kunci utama di Indonesia agar tidak dianggap rendah!
Misalnya kalau ke mall kita pakai sandal japit dan kaos oblog * pernah * tidak ada satupun mbak2 penjaga stand yang akan memberikan senyum barang secuil.
Susah memang, kadang kalau kita terlalu ribet dengan penampilan tapi lupa akan kemampuan otak kita, tetep aja orang akan anggap rendah kita!

@Eve : kalo sudah spt itu langkah selanjutnya, mulailah obrolan dengan dicampur2 sedikit bahasa Inggris, pasti pegawainya langsung keder.

*pengalaman pribadi*

Bagus banget postingannya, saya suka kalimat yang ini, dalembanget

“Jika pada akhirnya anda memang bisa membuktikan bahwa anda lebih baik, itu adalah merupakan pukulan telak bagi orang tersebut.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: