The Orange Network

Accept the compliment!

Posted on: September 29, 2007

“Selamat yah, kamu hebat bisa menjalankan proyek ini dengan sukses” tepuk tangan dari beberapa orang terdengar seru, dan kemudian mereka berhenti dan menyimak/mendengarkan apa yang akan di katakan anda… Apa yang anda katakan? *coba tulis/ingat baik2 jawaban anda yah.

Seperti yang ditulis di topic sebelumnya 11 ++ Great People Sign saat anda menerima compliment atau pujian, terimalah dengan penuh percaya diri, bangga, antusias, bersemangat, friendly, dsb. karena bagaimanapun itu adalah hasil kerja keras anda, beberapa orang mungkin bilang “s/he just lucky…” just don’t care, lucky or not, you got that! Tidak usah mempedulikan anggapan2 negative yang mungkin terdengar, entah itu faktor keberuntungan atau bukan, anda berhak dan sudah menerimanya. Meskipun jika mereka yang beruntung, mereka belum tentu bisa seperti anda bukan?!🙂

Jadi saat anda menerima penghargaan/pujian, anda TIDAK PERLU melakukan hal ini :

  • Menganggap diri anda rendah, anda boleh ingin merendahkan diri, tetapi jangan terlalu rendah, apa perbedaannya?
    “Wah saya sangat tidak pantas menerima karena bla bla bla…
    *secara detil”
    “Terima kasih, saya senang sekali menerimanya”
  • Membelokan pujian ke orang lain, orang lain mungkin pantas menerimanya tetapi ingat anda juga pantas menerimanya.
    “Rasanya si XXX lebih pantas menerimanya daripada saya”
    “Saya dan team berusaha keras untuk mendapatkan semua ini”
  • Menyatakan bahwa semuanya itu hanya karena keberuntungan, seperti yang dikatakan di atas, anda / orang lain mungkin saja beruntung, tetapi jika bukan karena anda, keberuntungan hanyalah sebagai keberuntungan, tidak membuahkan hasil.
    “Saya benar-benar beruntung saja”
    “Saya berusaha dengan keras dan baik dan juga sedikit beruntung”
  • Menyatakan bahwa anda hanya berperan sangat kecil atau tidak berperan sama sekali, jika itu adalah pekerjaan team, maka anda adalah bagian dari team, jika anda dihargai, maka mereka juga seharusnya merasa senang karena mereka adalah team anda yang baik.
    “Ehm… Saya hanya melakukan tugas yang sangat simple kok”
    “Setiap team bekerja sama dengan baik dan maksimal”
  • Membicarakan kelemahan anda, ini bukan saat yang tepat bukan? bicarakan nanti dengan pasangan anda secara private untuk mencari solusi mungkin akan lebih baik.
    “Sebetulnya saya tidak bisa melakukan hal itu…”
    “Saya melihat, mendengar, belajar, dan melakukan itu dengan sungguh2”

Jadi sebaiknya yang bisa anda lakukan adalah Terima pujian itu dengan semangat, antusias, gembira, optimis, ketahui peran anda, ketahui peran team anda, hargai diri anda, hargai peran mereka, jujur dan jadikanlah hal itu sebagai pemacu untuk melakukan hal yang lebih baik lagi di kemudian hari. Congrats!

“Andy OrangeMood is Motivational Blogger”

2 Responses to "Accept the compliment!"

Manusiawi sih kalau dipuji senang, tapi ya cukup sesaat saja karena buat saya selalu ada langit di atas langit.

Jawaban saya…”Terimakasih, semoga lain kali saya (atau kami) dapat berbuat lebih baik lagi….”

Ya, agar pujian tadi membuat kita makin semangat membuat hasil yang lebih baik lagi, karena orang lain yang belum berhasil juga akan bekerja dengan lebih keras.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
