The Orange Network

When we make a mistake.

Posted on: September 19, 2007

Beberapa hari ini dan 2 minggu ke depan akan sangat sibuk rasanya, dari mulai beberapa hari lagi fiscal year company tutup sampai “menyambut” new fiscal year yang berarti challenges baru akan dimulai, tentu saja dengan target yang makin tinggi. fiuh… this is life… hahaha…

Saya akan sedikit sharing mengenai satu hal yaitu kesalahan, kita semua pasti pernah membuat kesalahan, besar kecil, berat ringan, di kantor, di keluarga, di masyarakat dan lainnya, apa yang anda lakukan biasanya?

Kemarin saya melakukan sebuah kesalahan, miss komunikasi yang bisa menyebabkan saya kehilangan project medium dalam jangka pendek, dan jangka panjangnya bisa project2 big, sebenarnya jika saya akan membela diri, bisa saja saya menang, tetapi pada akhirnya juga kalah, karena mungkin lost project, jadi saya mengalah yang akhirnya menang karena mendapat project itu dan berikutnya. Meski prosesnya cukup “melelahkan” tetapi win win solutions di dapat.🙂

Pada saat melakukan kesalahan, awalnya juga saya masih berpikir untuk membela diri, untunglah segera sadar bahwa yang penting adalah terlaksananya project itu, apa yang saya lakukan? saya mengakui kesalahan, mempelajarinya, dan mencari solusi terbaik, kemudian melupakannya karena mendapatkan apa yang memang seharusnya.

So what we learn here is, when we make a mistake :

  • Akui, tidak ada gunanya anda berdalih jika memang anda melakukan kesalahan, semakin anda berdalih, semakin banyak masalah yang akan datang.
  • Minta maaf, jika melibatkan orang lain apalagi merugikan, segeralah meminta maaf, setidaknya kita meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
  • Pelajari, perhatikan dimana kesalahan anda, kenapa anda bisa salah, dsb.
  • Lupakan, Jangan habiskan waktu, tenaga dan pikiran anda untuk kesalahan yang kita perbuat, pikirkan saja bagaimana solusinya.
  • Cari Solusi, temukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Dengan begini semoga kita tidak melakukan kesalahan yang sama lagi di lain waktu, have a nice day!
“Making mistakes simply means you are learning faster.” ~Weston H. Agor

“The only real mistake is the one from which we learn nothing.” ~John Powell

“The man who makes no mistakes does not usually make anything.” ~Edward Phelps

“Never say, “oops.” Always say, “Ah, interesting.” ~Author Unknown

“If you don’t make mistakes, you’re not working on hard enough problems. And that’s a big mistake.” ~F. Wikzek

“Mistakes are part of the dues one pays for a full life.” ~Sophia Loren

“It was when I found out I could make mistakes that I knew I was on to something.” ~Ornette Coleman

“Andy OrangeMood is Motivational Blogger”

9 Responses to "When we make a mistake."

Thank buat oleh2nya🙂

Bagus sekali, Andy. That’s a dignified way to live.🙂 Thank you for your conscientious heart.

saya sih, hampir tiap hari, merasa ada saja kerjaan yang salah dalam mengerjakan. tentu saja kesalahan harian ini termasuk kesalahan kecil.

kalo kesalahan besar, minggu ini saya harus mencari suatu lembaga keagamaan yang bisa diajak untuk kerjasama dalam acara yang lumayan besar, tapi selalu berakhir dengan penolakan. saya minta perpanjangan waktu, kalo satu minggu ke depan belom dapat juga, waduh, makin besar kesalahan saya…

Nice posting Andy….

awal puasa ini, saya menelpon seseorang yg dulu pernah deket dihati (my ex-gf *red), dan Insya Alloh tulus meminta maaf atas kesalahan 3tahun yg lalu, walaupun mungkin dia sudah tidak ingat kesalahan saya, saya tetap meminta maaf, karena merasa kesalahan saya pastilah sangat menyakitkan dia.

Alhamdulillah, sekarang hati saya lebih lega setelah dimaafkan dia, dan berjanji dalam hati tidak akan membuat kesalahan serupa lagi dengan siapapun terutama dengan my gf yg skrg Amien! hehe…

pelajaran yg saya terima adalah meminta maaflah atas kesalahan2 km terdahulu, ga peduli sampai kapan, karena jika anda tidak minta maaf berarti anda menjauhkan hati anda dari rasa tentram dan damai sejati. Believe me!🙂

[…] dicopas dari orangeMOOD […]

If all government official act and think like you, of course Mr. Nurdin Hallid will confess his corrupt activities, apologizes to public, ready to be punished and ready to leave position of representative member and Head of PSSI.

Mengakui kesalahan, memang bukan hal mudah, namun jika kita berani mengakui kesalahan kita, hati menjadi lega. Percayalah orang tetap akan menghargai kita kalau kita berani minta maaf atas kesalahan yang kita lakukan.

Mengakui kesalahan, kunci menuju sukses yang mudah tapi susah!🙂

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
