The Orange Network

Selling is Challenging!

Posted on: September 15, 2007

Selling is challenging, itu yang ada di pikiran saya setelah 3 bulan saya beralih profesi dari yang tadinya di “belakang meja” sekarang berada di “barisan paling depan” Menjual sesuatu itu benar-benar menantang lho, ada yang bilang mudah mungkin karena dia memang sales handal atau bukan sales sama sekali, ada yang bilang sulit mungkin karena dia kurang handal atau belum beruntung.

Kenapa menantang? tentu saja karena kita akan berhadapan dengan characteristic calon pembeli yang berbeda-beda. Ada yang tidak rewel, ada yang rewel, ada yang membutuhkan penjelasan panjang lebar, ada yang maunya di “tantang” terlebih dahulu, ada yang mau “ngetest” saja, sampai ada yang cuman nanya2. Menantang karena tidak ada batasannya, ketika kita ditargetkan untuk menjual sekian, bahkan ketika sudah mencapai batas pun kita akan terus berusaha menjual lagi dan lagi.

Mana yang lebih mudah menjual barang yang murah meriah? atau mahal? basicnya sama saja, setiap produk/jasa selama produk/jasa itu bagus, harga tidak menjadi masalah, coba kalau diperhatikan misalnya bidang property, rumah dari harga yang murah sampai yang mahal sekalipun bisa dijual, selama produknya bagus dari berbagai segi, the important thing is you can sale or not?

Saya belum mau bercerita tentang selling skill itu sendiri, karena jujur selling skil sangat luas dan hampir tidak ada batasan dan selalu berubah tergantung keadaan, kemarin saya mengatakan ada rekan kerja yang pindah divisi, sekarang dia berada di back end, terus terang sebenarnya saya menyayangkan, dan mungkin jika saya bos-nya, saya akan memberikan dia kesempatan paling tidak satu quartal lagi, karena sepengatahuan saya dia bagus dan saya banyak belajar dari dia yang memang lebih dahulu masuk dibanding saya.

Sebelumnya beberapa bulan yang lalu juga ada sales yang resign… iya resign, kalau case yang itu, saya memang melihat mental dan spirit dari salesnya sudah begitu down karena pressure yang sangat tinggi, Well itulah keputusan dia, semoga dia mendapatkan yang terbaik, lalu bagaimana dengan saya ataupun anda yang mungkin ada yang berprofesi sebagai sales… “Keep focus on your efforts, do the best and God will be take the rest!”  

ps : berikutnya ingatkan saya untuk saling sharing selling tips.🙂

>>>
“Andy OrangeMood is Online Advertising Consultant & Motivational Blogger”

4 Responses to "Selling is Challenging!"

selling ya.. klo menurut saya sih tergantung jiwa-nya.. hahaha berhubung saya bukan jiwa penjual jadi kalo ada MLM yang harus nyari orang sambil jual barang kayaknya bukan bidang saya.

eh ya mas, gift nya udah nyampe, makasih ya mas😀

Selama ini Yaya menjalankan bisnis selling mas. Ada bisnis jualan pulsa, bisnis jualan jasa membuat layout blog, bisnis jualan Oriflame.

So far…fine2 aja kok,biarpun sering dibilang “pedagang banget sih loe Ya.”🙂

Menjual adalah mudah-mudah susah…sangat tergantung pada bakat dan art….tapi juga bisa dilatih.

Menurut saya dunia marketing, termasuk selling…very interesting…karena duniaku disekitar ini pula. Disini kita bisa mengenal berbagai macam karakter orang, dan banyak belajar dari mereka.

[…] “ujung tombak”, meski akhirnya mengundurkan diri, memang saya pun mengakui pekerjaan “menjual” itu tidak se”indah” bayangan kebanyakan orang termasuk saya […]

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
