The Orange Network

Winners Never Cheat!

Posted on: September 12, 2007

Guys, as a friend, I wanna tell you something… like the tittle above “Winners Never Cheat” is definitely true… keep that in your mind, and you will be the real winners!

CheatingAda kejadian yang membuat saya ingin sharing hal tersebut dalam minggu-minggu ini, ada seorang staf dari company agency, yang ingin mencoba menjadi perantara antara saya dan salah satu client saya dalam hal pemasangan iklan online, sebetulnya saya sudah “berhubungan langsung” dengan client tersebut, jadi dengan adanya dia sebenarnya tidak memberikan pengaruh apa-apa, hanya saja untuk memperluas dan menjaga hubungan, maka saya mempersilahkan dia mencoba untuk menjadi perantara. (tentunya dia akan mendapat agency commision jika project tersebut berjalan)

Ketika beberapa kali berhubungan dan lunch meeting dengan dia saya merasakan sesuatu yang tidak “beres”, yang pertama adalah dia ingin me-mark up report yang biasanya kami berikan ke client, tentu saja dengan tegas kami MENOLAK, whatever the result, that is the fact, dan dari hasil analysis saya hasilnya adalah average, not bad lah. Tetapi dia mengatakan bahwa network local lain lebih tinggi hasilnya karena mereka melakukan MARK UP hasil reportnya. Holycrap… saya sedikit terkejut mendengar hal tersebut, karena saya tidak pernah berpikiran negatif tentang hal tersebut sekalipun kepada kompetitor

Saya tetap mengatakan pada dia, we CAN NOT do that, mark up the report is stupid thing to do… the smart clients will known sooner or later… dan saya juga menjelaskan bahwa report yang client dapat dari setiap campaign di network kami adalah dari THIRD PARTY seperti Double Click, Eye Blaster atau Aquantive, bukan dari kami, bukan juga dari medianya, yang berarti SANGAT INDEPENDENT / UNTOUCHABLE… he said ok, he will tell the truth. lalu hari ini saya menghubungi dia lagi ingin menanyakan bagaimana respon client, dia mengatakan “seperti yang saya bilang, lebih baik di mark up agar client senang, sekarang client lebih memilih network kompetitor dari pada network mas Andy…” entah kenapa saya malah tiba2 tertawa, dan saya mengatakan “Ok, no problem, I will take the rest…” dan kita ngobrol sebentar tentang hal lain.

Maybe he didn’t realize, mark up the report can be suicidal things for their business sooner or later… why?…

  1. Tidak semua client itu sangat “bodoh”, smart clients can track your result campaign easily, just ask the designer a little things to do and voila… their campaign movement is revealed.
  2. Tidak semua client itu “buta”, secara logika dan kasat mata, dan juga sudah pernah saya bahas disini tentang pemilihan network dengan spot iklan yang sedikit akan lebih mendukung hasil campaign yang baik berdasarkan click through
  3. Tidak semua client melihat hasil CTR saja, ada beberapa metric lain yang sekarang dianggap penting untuk mengukur keberhasilan sebuah campaign yang dinamakan dengan INTERACTION metric dengan teknologi Rich Media. Smart client juga akan melihat real effect dari campaign seperti effect ke sales, berapa lead yang didapat, berapa data yang didapat, dan sebagainya tergantung dari objectif mereka.
  4. He speak with the wrong person… which is me!🙂 Saya mempunyai data & informasi lain yang sebenarnya bisa meng-“kick” kompetitor dengan cukup “keras” mengenai mark-up hasil report, tentu saja saya tidak akan melakukan itu, I like challenges dan fair game, don’t you?🙂

So, mungkin dia hanya ingin menyenangkan clients, dia juga tidak sepenuhnya salah karena sebenarnya yang paling bersalah adalah MEDIANYA yang mau dan memperbolehkan result report campaignnya di mark up. Anyway so it’s time for me to explain more to the clients about the “real” good online campaign.🙂

Dari pengalaman ini kita juga bisa mengambil kesimpulan :

  • Profesionalisme network international untuk online campaign cukup bagus, apalagi di tunjang dengan adanya pihak ketiga yang sangat independent.
  • Winners never cheat, trust me, not only in this case, but many things… I will share another story next time.

Goodluck, keep fighting…

ps : Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang akan melaksanakannya.

4 Responses to "Winners Never Cheat!"

Saya tetap memilih profesional, never mark up.

saya setuju mas Andi, banyak yang mark up report bukan hanya network local tapi jg medianya sendiri kadang masih suka mark up report agar client “happy”.

Padahal bunuh diri yang paling cepat menurut saya untuk media online adalah ketika mereka memutuskan untuk mengutak atik reportnya.

Third party server yang independent pasti akan bisa mentrack result yang sebenarnya.

Oh iya salam kenal ya🙂 mari kita sama2 coba bangun marketshare online ads di indo ya mas Andi.

[…] Winners Never Cheat! Sharing pengalaman pribadi tentang kredibilitas seseorang dari sebuah agency lokal, network lokal, network internasional dan pentingnya pihak ketiga yang independent dan profesional. […]

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
