The Orange Network

Catch the idea for your blog

Posted on: September 12, 2007

Siapa yang tidak setuju menulis blog adalah sebuah “ritual” yang menyenangkan? apapun bentuk tulisan anda, apapun temanya, apapun isinya, apapun tujuannya, menulis blog bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, saking menyenangkannya untuk beberapa orang terkadang meski sedang kehabisan ide kita masih ingin menulis sesuatu… (am I right friends?)

Kita juga tahu, salah satu faktor blog yang baik adalah konsistensi, karena blog biasanya merupakan daily consume bagi audience anda, usahakan jangan terlalu lama “absen” dalam menulis, apa yang bisa anda coba tulis di blog?

  • Profesi anda, saya yakin banyak orang yang ingin mengetahui apa yang dilakukan seorang arsitek misalnya ketika akan membangun sebuah apartemen / mall mewah, atau bagaimana seh persiapan seorang dokter ketika akan mengoperasi pasien, atau bahkan seorang petani ketika akan memanen padinya, apapun profesi anda, semuanya bisa menjadi menarik bagi orang lain.
  • Hobby, setiap orang mempunyai hobby, sama seperti diatas bagi orang lain yang mempunyai hobby berbeda mereka akan penasaran, untuk yang mempunyai hobby yang sama mereka akan saling sharing biasanya.
  • Travelling, jika anda sering melakukan perjalanan keluar kota apalagi keluar negeri, itu bisa menjadi topik blog yang menarik.
  • Makanan, tidak perlu di sebutkan lagi, banyak sekali blog kuliner yang membuat kita merasa selalu “lapar” diluar sana…🙂
  • Televisi, meski saya mengakui menonton televisi adalah hal yang membosankan dan kurang berguna jika kita tidak bisa memanagenya, tetapi jika kita pandai mem-filter apa yang akan kita tonton, hal itu bisa memacu kreativitas kita, terlebih untuk menulis blog. Cobalah untuk menonton channel2 yang “berbeda” seperti misalnya Travel & Living, Reality Zone, E!, National Geograpic, dsb.
  • Buku, majalah, koran… fakta yang paling jelas adalah orang indonesia minat membaca masih sangat rendah (termasuk saya) jadi selain anda bisa sedikit “berbeda” dari yang lain, anda juga bisa “membantu” yang lain dengan meng-sharing apa yang anda dapatkan dari apa yang anda baca.
  • Musik, pernahkan anda perhatikan bahwa lyric lagu kadang begitu “bagus”, tentu saja karena saya yakin saat membuat lyric itu membutuhkan proses, konsentrasi, mood, dsb yang kuat. Jika anda pengemar musik, anda bisa “membedah” lyric lagu dan menjadikannya topik blog anda.
  • Life problem, o o… sedikit sensitif disini, tapi itu kenyataannya, karena manusia adalah mahluk sosial biasanya kita cenderung untuk saling membantu, dan biasanya ketika seseorang sedang dalam masalah tersebut menuliskan di blog, maka akan banyak orang yang membaca dan berkomunikasi.

Tentunya masih banyak lagi, pada prinsipnya topik apapun bisa menjadi menarik, selama kita tahu bagaimana cara menyampaikannya. Berikutnya akan kita bahas mengenai menjadikan sebuah topik biasa menjadi menarik…🙂

7 Responses to "Catch the idea for your blog"

Oke tx ya
kemarin sempat mampir ke blog saya
walau isinya masih amburadul

oke well
saya selalu kehabisan ide untuk menulis di blog
jadi mungkin tidak bisa share apa apa he he

tapi biasanya saya tidak berusaha keras memikirkannya
mengalir saja
tulis saja yang ada di kepala
dan biarkan begitu saja

kalau udah dibaca ulang kadang2 terasa norak
tinggal di drafft aja he he
tidak di posting

maka itulah yang membuat tulisan saya pendek2 dan rada2 aneh

oke tx ya orange

Blogwalking. Keluyuran ke forum-forum komunitas. Atau, dengan agak “brutal” langsung masuk ke bagian write-new-post dan ketik satu/beberapa kata yang terlintas di pikiran di input title🙂. Kalau maksa harus jadi langsung publish, kalau nda ya save di draft😛.

Banyak yang bilang, blogwalking bisa membantu memperoleh bahan tulisan, tapi saya malah sering ‘getting lost’ kalau kebanyakan blogwalking

Hmm…bagaimana ya…karena menulis blog biasanya kalau ada waktu, diantar kesibukan lainnya.

Yang sulit adalah,ide yang telah ditulis, setelah di baca-baca rasanya kurang pas…akhirnya cuma numpuk pada draft. Kadang keinginan begitu menggebu….jadi kayaknya sangat tergantung “mood” juga. Rasanya sih ide banyak di kepala, menuliskannya untuk menjadi artikel menarik, itu yang sulit.

Kalo Yaya keabisan bahan tulisan buat di blog justru karena terlalu sering menunda, yang akhirnya jd gak nulis2. Sekarang udah mulai belajar menuliskan yang ada di pikiran sendiri nih, mau se-silly apapun itu.

Biasanya sih emang gak pernah bahas topik tertentu, ngalir aja. Kl lg pengen nulis serius, ya serius, kl mau nulis puisi/diary yaa tulisan model gitu deeh.

Selain blogwalking, nonton tv entah itu film atau apalah, baca atau dengerin lagu bs kok jd sumber inspirasi nulis🙂

Prinsip blogwalking untuk inspirasi sederhana. Intuitif malah. Pokoknya begitu ada topik post di blog yang begitu menarik perhatian kita, coba beri komentar di posting tersebut, kemudian gunakan komentar kita itu untuk bahan posting kita sendiri🙂.

Pengennya sih konsisten.., masalahnya koneksi internetnya yang gak ada. Di kampus kadang konek kadang enggak, di fakultas, kadang konek, kadang *sepertinya* sengaja diputus internetnya..

Ahh.. susah..
Mo langganan internet, duit gak ada..
Berarti solusinya cuma ngertik di gEdit dulu, baru kapan2 kalo konek di post.. hahhhh… kok ribet ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: