The Orange Network

Healing yourself!

Posted on: September 8, 2007

Ada kalanya ketika kita sedang mengalami masalah, kita merasa teramat letih, down, stress, dsb. itu wajar, yang tidak wajar adalah jika terlalu berlarut2 dalam masalah, tanpa ada usaha/niat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk saya sendiri ada beberapa hal yang biasanya saya lakukan, dan terbukti cukup efektif untuk membangkitkan kembali semangat yang luntur, menghilangkan stress bahkan mendapatkan jalan keluar. Apa yang bisa kita lakukan?

  • Cobalah bersikaplah sebaliknya, seperti tidak ada masalah, bersemangat, ceria, think positive dsb. Kenapa hal itu bagus? karena tidak ada gunanya menghabiskan energy dan waktu kita untuk berlarut2, alih2 begitu, lebih baik kita fokus pada penyelesaian masalah toh?
  • Menyendiri untuk meditasi, silahkan cari tempat yang sepi, misalnya kamar anda, duduk bersila, tangan di atas lutut terbuka, pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam secara perlahan,hembuskan perlahan, kosongkan pikiran, jangan pikirkan apa2, pusatkan konsentrasi anda pada pernafasan, rasakan udara masuk melalui hidung anda dan mengisi paru2 anda, seharusnya hal itu akan membuat anda lebih relax, karena supply oksigen ke otak menjadi lebih teratur dan banyak, lakukan selama anda mau, biasanya sekitar 10 – 20 menit.
  • Have fun, jika anda type yang tidak terlalu suka meditasi (tetapi sebaiknya anda mencoba, karena meditasi adalah hal yang baik) anda bisa melakukan have fun sejenak untuk melepaskan ketegangan urat-urat syaraf, anda bisa memutar musik kesukaan anda, atau pergi ke karaoke bersama teman, menyanyilah sepuas anda, menyanyi akan membuat perasaan anda lepas dan bersemangat.
  • Olah raga, apa saja yang membuat anda otot bergerak dan berkeringat itu baik untuk jantung anda, jika jantung anda baik, maka aliran darah akan lebih lancar, dan seharusnya stress bisa berkurang.
  • Sharing, jika anda mempunyai blog, anda bisa menuliskan perasaan anda, atau jika anda mempunyai sahabat/keluarga yang bisa diajak berbagi dan meminta nasihatnya, jika anda mempunyai peliharaan berbicaralah dengan mereka. (saya suka berbicara dengan Mika Luna lho… tentang apa saja, dan mereka kadang menjawab “Woof” it means “Don’t worry, everything is gonna be okay”🙂 )
  • Tidur, saya tidak bercanda, ketika kita tidur, seluruh anggota tubuh kita relax, hal itu akan membuat perasaan kita juga lebih relax, dan diharapkan ketika bangun nanti perasaan kita akan lebih baik.

Ada yang punya tips lain?🙂

2 Responses to "Healing yourself!"

Selfhealing yang efektif buat saya adalah berjalan kaki, biasa tanpa arah tujuan. Kalau sudah capek, biasanya kekalutan dan rasa stress itu hilang dengan sendirinya, berganti dengan … haus😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: