The Orange Network

How to feel more confident everyday

Posted on: September 2, 2007

Semua orang pada dasarnya memiliki rasa percaya diri, ketika kita memutuskan untuk melangkah kemana, berbicara, mengeluarkan pendapat, bertanya, memutuskan sesuatu, dsb itu berasal dari kepercayaan diri. Tentunya kepercayaan diri setiap orang berbeda-beda kadarnya, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Kadar tersebut biasanya berdasarkan dari besar atau kecilnya kemampuan dasar & ekstra, penampilan fisik, pengalaman, edukasi, strata sosial, dsb. Kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk melakukan hal yang satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda, misalnya kita bisa dengan mudah berbicara dengan teman-teman daripada harus berpidato di atas panggung.

Kepercayaan diri sangatlah penting, hampir dalam segala hal, kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja, kita membutuhkan hal itu. Seseorang dengan kepercayaan diri yang bagus, mampu memaksimalkan semua potensi yang dimilikinya, mengembangkannya secara lebih lagi, menyelesaikan masalah, bahkan ketika dalam masalah sekalipun mereka bisa lebih mudah untuk bangkit.

Jadi bagaimana jika kita ingin meningkatkan kepercayaan diri kita?

  • Berpenampilan yang baik, percaya atau tidak penampilan anda membantu anda lebih percaya diri, misalnya, kita akan lebih percaya diri melakukan presentasi jika dengan pakaian yang representative, jika kita merasa pakaian yang kita kenakan kurang layak, atau penampilan kita berantakan, bagaimana kita bisa fokus ke presentasi? Penampilan yang baik tidak harus formal kemeja, celana panjang bahan, intinya adalah anda enak dilihat.
  • Berbicara dengan baik dan benar, dari nada bicara, cara bicara, bahasa yang digunakan kita bisa mengetahui bahwa seseorang itu cukup percaya diri atau tidak, jika seseorang dengan berbicara dengan suara pelan sekali, nada bicara gagap/terputus-putus, tidak jelas struktur kalimatnya, maka kita bisa mengetahui dia sedang mengalami krisis kepercayaan diri.
  • Berjalan dengan tegap dan mantap, anda juga pasti sering mengalami, seringkali jika seorang berjalan di ruangan, tanpa melihatnya pun kita bisa tahu itu bos atau office boy perusahaan kita. Jadi berjalanlah dengan tegap, mantap dan yakin kemana harus melangkah.
  • Kontak mata dengan lawan bicara / audience, jika anda berbicara, usahakan tatap mata pendengar anda, jangan menunduk, atau mengalihkan pandangan atau menghindari pandangan karena hanya akan membuat anda terlihat tidak percaya diri. Tips, jika anda belum terbiasa menatap mata (mungkin karena didepan anda seorang wanita cantik atau pria tampan) tataplah bagian ditengah-tengah mata, itu akan terlihat sama.
  • Ketahui kekuatan anda dan maksimalkan, Jika anda sudah tahu apa bakat dan kemampuan anda, maksimalkanlah, orang yang memiliki bakat dan kemampuan lebih akan lebih percaya diri dengan sendirinya.
  • Ketahui kelemahan anda dan minimalisasikan, Setiap orang juga mempunyai kelemahan, hanya tinggal bagaimana anda meminimalisasikan.
  • Berani mencoba, jangan takut ketika ada hal baru / tugas baru. cobalah terlebih dahulu, ingatlah akan kata-kata “selalu ada untuk yang pertama kali”
  • Belajar dari kesalahan, jika kita pernah membuat kesalahan, don’t worry, keep moving, let it go, learn what’s wrong at last, and focus at the new one.
  • Belajar dari orang lain, perhatikan bagaimana orang lain melakukan sesuatu yang berhasil, pelajari, sempurnakan dan lakukan sendiri.
  • Baca mantera magic, biasanya kalau saya sedang sedikit nervous, saya akan akan membaca mantera magic, terkadang hanya whisper atau dalam hati… apa mantera magic itu?… bebas, yang penting adalah bertujuan menenangkan dan memompa adrenalin agar lebih percaya diri, biasanya mantera saya adalah “Come on come on, I can do it!” atau “God, bless me” percaya atau tidak? just try…

Sekarang anda bisa lebih percaya diri, dengan percaya diri hidup anda akan lebih mudah, anda tidak akan tersesat karena malu bertanya, anda tidak lagi dipandang sebelah mata oleh orang lain karena percaya diri dan yang paling penting anda bisa membantu orang lain apapun bentuknya. Goodluck!

10 Responses to "How to feel more confident everyday"

Banyak tips untuk pede. Cara paling mudah adalah kita harus menggali dan mengasah terus keunikan diri kita masing-masing. Jika kita memiliki kemampuan khusus yang unik, dan tentunya tidak mudah dilakukan orang lain, otomatis rasa percaya diri akan muncul.

Percaya diri memang penting untuk segala hal yang berhubungan dengan sosialisasi masyarakat.

tiap orang itu unik, sehingga dengan keunikan masing-masing, pasti ada ples n minesnya. karena itulah ngga ada alasan untuk tidak PeDe.
percaya diri dan jadi diri sendiri.

Mas Andy, thanks da mampir ke blog q, komen pula. Seneng baca2 postingan si mas. Next time aq mampir lagi untuk baca2 lagi. Maaf juga, kalo ninggal komen di tempat yang ngga tepat, abis blom tau dimana shoutboxnya.
Trus da nyobain ramalan madam cinta di blog q blom ? Just for fun.

cara saya untuk semakin percaya diri selain mengasah kemampuan yang saya miliki juga menggali potensi lain yang ada dalam diri kita menjadi suatu hal yang bermanfaat. dan juga menjadikan kelemahan kita menjadi kelebihan di mata orang lain

be your self😛
apalagi kalo pas ngaca dah keliatan ganteng, jadi makin pede deh (narsis dhikit)…😛

@Nukman… yes that’s right, especialy if we just “average”, so focus at our strength is a good point!🙂

@Jufri… ya dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

@Nico… yup, menjadi diri sendiri itu baik, selama positif.

@linda… wah interesting nih “menjadikan kelemahan kita menjadi kelebihan dimata orang lain” bisa diberikan contoh?

@catur… hahaha memang beda kalau orang ganteng kayak mas Catur yah….

Jadi ingat saat awal teman-teman pria seangkatan mau ditempatkan jadi Wakil Pemimpin Cabang, mereka rame-rame beli kacamata. Awalnyya saya nggak tahu…ternyata biar kelihatan lebih berwibawa, dan matang…hahaha

mas andi tulisannya bagus2…
jadi betah nih di sini..;)

menarik dan cukup mengena………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: