The Orange Network

Thumbs Down for Pizza Hut Citraland and Two Thumbs up for Toyota

Posted on: August 27, 2007

Setelah kemarin opini dari saya tentang service Shell yang yahud di sini dan di sini, dan jeleknya service Honda Ah… Ass! (AHASS) di sini, kemarin saya semakin salut pada service Toyota, yang sebelumnya Toyota Kebun Jeruk juga memberikan extra service (baca selengkapnya di sini) lagi2 Toyota di Kapuk Muara menunjukan bahwa standar mereka benar-benar memuaskan pelanggan.

Berdasarkan apa saya menilai begitu?

  • Satpam yang ramah, dari pertama kali datang, membantu menayakan keperluan saya, memberikan tiket antrian, membantu parkir, menyetopkan kendaraan ketika pulang, ucapan terima kasih yang tulus.
  • Customer service yang ramah, mendengarkan dengan seksama cerita kita, melihat langsung mobil ketika kita membutuhkan bantuan, memberikan solusi yang baik dan masuk akal, memberikan alternative service, tidak memaksa masalah biaya, bisa menerima booking service sebelumnya, memberitahukan kepada kita bahwa sudah selesai servicenya dan mobil kita sudah disiapkan di depan pintu keluar.
  • System yang teratur ketika saya melihat dari atas ruang tunggu, pengerjaan yang cukup cepat, hasil yang memuaskan, garansi service yang fair, staff yang jujur. (dompet saya ketinggalan di mobil dan masih utuh semua)
  • Bangunan yang bersih, toilet yang bersih, ruang tunggu yang nyaman, free coffe, free food & drink sesuai jatah, bacaan yang update, televisi yang besar.

So two tumbs up for Toyota!

Lalu sorenya kita ke Pizza Hut Citraland, hanya ingin take away karena rencana mau menghabiskan waktu dengan nonton dvd The Apprentice, kami hanya memesan Personal Pan pizza American Favorite + Chicken Wings, semua ok selama memesan, waktu menunggu… 10 menit berlalu pesanan belum ready, 15 menit berlalu pesanan belum ready, saya lihat suasana restoran masih standard dan belum/tidak sedang peak / rame2nya…

Saya memberikan kode membuka telapak tangan ketika si kasir melihat saya yang sudah beberapa kali melihat jam, dia mengerti code saya dan mungkin berniat mengecek orderan, lalu datang seorang wanita yang nampaknya sedikit emosi, masalahnya adalah mereka sudah makan, dan menambah pesanan, tetapi pesanan mereka tidak datang2, sedangkan meja disebelah mereka yang baru datang, dengan pesanan yang banyak dan sama sudah datang, mereka ingin cancel, tetapi pelayan kurang setuju dengan alasan sudah dibuat, lalu mereka bersitegang.

Suaminya yang menggendong anaknya datang, dan lebih emosian lagi, anaknya juga yang di gendong jadi berdiri di meja kasir, melihat itu saya mengurungkan niat saya yang bermaksud menanyakan pesanan saya, yang ada ntar si kasir tambah panik dan kasihan. Setelah itu pesanan kedua tamu itu keluar, tapi si tamu tetap minta cancel, mungkin si tamu juga harus pergi segera, saya tidak memperhatikan apakah si tamu akhirnya bisa cancel atau tidak. Kejadian itu cukup menarik perhatian karena suara mereka cukup keras.

Setelah itu saya ke meja kasir dan menanyakan pesanan saya yang sudah 25-30 menit belum datang, dan akhirnya datang, lalu saya pergi pulang, sesampainya dirumah ketika membuka pizza pasangan saya sedikit bete karena ternyata pizzanya masih putih dan tidak matang sama sekali, bisa anda bayangkan rasa Pizza yang mentah?…  nampaknya mereka memasak terburu-buru, untuk chicken wing sih rasanya normal-normal saja. So kami kecewa dengan pelayanan Pizza Hut di Citraland, product Pizza adalah menu utama disana, jadi standar mutu untuk Pizzanya harus di jaga, kalau Pizzanya saja tidak matang/enak lalu kami mau makan apa lain kali disana? lalu pelayan dan manager restoran yang tidak sigap dalam menghadapi keluhan customer juga menjadi penyebab utama kekecewaan pelanggan, mungkin jika terjadi masalah seperti itu, sebaiknya pihak Pizza Hut segera meminta maaf dan memperbolehkan customer untuk meng-cancel order karena customer sudah tidak puas, bahkan jika mereka profesional, Pizza Hut akan memberikan gratis pesanan mereka selain meminta maaf.🙂

Service yang baik adalah salah satu jaminan long term pelanggan akan kembali lagi dan memberitahukan ke kerabatnya/orang lain, apalagi dengan teknologi yang ada seperti sekarang, blog misalnya, efek world of mouth akan lebih luas lagi, so becarefull buat pemain bisnis.🙂

11 Responses to "Thumbs Down for Pizza Hut Citraland and Two Thumbs up for Toyota"

wah… keputusan untuk “menunggu lebih lama” di Pizza Hut ada baiknya juga. Bisa jadi memang sistem dan mekanisme di tempat itu yang belum jalan dengan baik ya😀
Favorit saya masih McD. Pizza Hut nomor dua. Hehehe

Salam kenal,

Jika kita pesan Pizza Hut, mereka selalu bilang agar mau menunggu 30 menit…jadi itu memang standarnya, entah yang di Pasar Raya, PIM, ataupun yang di Jl Fatmawati. Jadi kalau kita menambah pesanan, tentu akan menunggu lagi 30 menit. Mungkin pelayan yang di Citraland lupa memberitahu ini….bukan membela ya, tapi standard masak pizza mereka memang 30 menit.

Toyota? Keluarga saya pencinta Toyota, kalau ada apa-apa tinggal memasukkan ke bengkel Auto 2000 yang di Lebak bulus…atau menilpon dan memanggil pegawainya. Jika kerusakan tak parah, bisa dikerjakan dirumah kita…dan hasilnya baik.

Tapi saya punya juga langganan bengkel, yang orangnya bisa dipanggil ke kantor atau ke rumah. jadi mobil bisa diperbaiki, dan kita bisa kerja dengan tenang. Membayarnya pun melalui rekening dia di bank….aman….

Keliahatannya tuh oven udah harus diganti deh!
And kelihatannya tuh kasir orang baru juga, jadi nggak bisa ngendaliin suasana.
Di Surabaya Pizza Hut nggak jauh beda.
Apalagi kalau Sabtu n Minggu.
Nggak rame nggak sepi, pesanan tetep aja datengnya 30 menit kemudian.
Fiuh…

Mungkin sebaiknya kalau standard masaknya 30menit, dari awal harusnya sudah dibilang “silahkan ditunggu 30menit ya pak”, nah berdasarkan pengalaman saya di Pizza Hut, mereka biasa bilangnya “Silahkan ditunggu 15menit”

Waduh, jangan over promise under deliver gini lah.
Tapi tetep… Pizza Hut masih kusuka, baru aja santap satu slice nih… ada yg ultah, lumayaannn

Andi pegenya kapan, klo weekend emang pake lama tuh! makan disana aja pake lama kok!

hehehehe… Klo diliat sih sepertinya kekurangan pelayan gitu! waktu itu makan aja yang muter2 pelayanya cuma 3 orang padahalkan tempatnya lumayan gede ^^

Pizza mentah? bisa dioven lagi ga ya dirumah?🙂
menunggu makanan [apalagi kalo perut udah laper banget] emang bisa bikin naik darah.
kalo pengalaman saya resto fast food yang greetingnya ramah A&W. keluar resto selalu ada “Terimakasih atas kunjungannya, lain kali kembali…”

@isnuansa: Pizza mentah bisa sih di Oven lagi di rumah, cuma… kita kan beli makanan fast food biar bisa langsung di makan, masa sampe rumah kudu masak lagi ^^

pernah juga punya pengalaman hampir sama di pizza hut.

kelamaan nunggu mau dibatalin aja ngga bisa, padahal orderannya blm diapa2in..

tapi jadi nambah pengalaman..
jangan nambah pesenan di pizza hut..hehe..

hemm ,,, pizza hut y
ada pengalaman ga enak nich sama pizza hut
waktu itu g mau pesen delivery udah telp k pizza hut yg di slipi disuruh telp ke pizza hut d tempat lain, katanya biar lebih deket.
uda d telp ternyata malah dsuruh telp k slipi
g bener2 ngerasa dimainin
udah ill feel dech ma pizza hut

[…] orang lain seperti misalnya service Shell pertama dan kedua yang benar-benar memuaskan, service Toyota, service St. Regis Singapore (saya tidak perlu menuliskannya bukan? St. Regis Singapore adalah 6 […]

memang citraland pizza hut GOBLOK. tapi rekan2 mau dapet pizza gratis??? gini teman saya dulu pernah pesan pizza hut dari citraland untuk di anter ke rumahnya. tapi setelah di tunggu 2 selama 1 jam anteran belum nongol2. beliau telp ke pizza hut citraland lagi dan ngamuk2 dengan manager nya behubung dengan banyaknya tamu (anak2) di rumahnya. tapi manager rada cuek aja. (biasa di amerika customer = king, tapi di indonesia saya manager dan harus di sembah2 – orang pangkat).. lah teman saya nga tau gimana complain ke pizza hut website dari usa. besoknya saya dengar dia di kejar2 dengan management pizza hut indonesia. minta maaf dan sampe beberapa kali ngaterin pizza gratis beberapa loyang.. yah coba aja kalo ada complain.. di tulis ke website pizza hut..

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
