The Orange Network

Ingin menjadi kaya dosakah?

Posted on: August 6, 2007

Beberapa waktu lalu, ada seorang teman bercerita tentang temannya yang menanyakan tentang 2 pilihan hidup, pertanyaan adalah “Pilih kaya atau bahagia?…” teman saya menjawab bahagia… lalu dia bertanya kepada saya “Kalo lu gimana Ndy?…” Saya menjawab “Bahagia dan kaya…” 

Sudah tahu donk dia bakal bilang apa mendengar jawaban saya itu? MARUK! Saya ketawa sebentar, lalu dia berkata lagi bahwa menurut temannya itu yang “religius”, maruk = serakah = dosa… Well, we know that… kebetulan dia berniat meneruskan pembicaraan, jadi akhirnya saya menjelaskan pendapat saya seperti ini “Di pertanyaan tersebut, tidak ada aturan hanya boleh memilih 1, sekalipun ada, karena 2 pilihan itu baik, dan bisa dicapai bersama-sama, kenapa tidak memiliki keduanya? toh 2 hal tersebut tidak merugikan orang lain”

Lalu dia mengatakan menurut temannya Tuhan berkata serakah itu dosa, saya mencoba menjelaskan lebih lagi maksud jawaban saya “Tuhan ingin yang terbaik untuk umat-Nya kan?, berarti Tuhan tidak akan melarang umatnya untuk bahagia dan juga kaya, aturan-aturan yang ada hanyalah di buat manusia, termasuk pertanyaan tadi, jika kita bahagia dan kaya, kita bisa membantu orang lain dengan lebih baik dan mudah, misal kita sendiri sedang kesulitan masalah financial, lalu ada orang lain yang minta tolong, meskipun kita ingin menolong, tetapi apa yang bisa kita lakukan? lain hal jika kita tidak ada masalah dengan financial, mungkin tanpa orang lain minta tolong, kita bisa membantu sesama seperti menyumbang ke yayasan/orang yang membutuhkan” Teman saya manggut2…

Lalu minggu kemarin, di gereja ada khotbah dari romo yang hampir sama, dan intinya adalah “Kekayaan bukanlah tujuan, melainkan sarana…” dia juga menjelaskan tentang ayat-ayat di alkitab yang isinya memberi tahu bahwa Tuhan tidak melarang umat-Nya menjadi kaya, bahkan menyuruh umat-Nya untuk bekerja melalui murid-muridnya… (saya lupa ayat2nya)

Jadi selamat berusaha untuk menjadi kaya, dan ingatlah untuk membantu sesama…🙂

5 Responses to "Ingin menjadi kaya dosakah?"

Hi Andi, let me the one who post the comment.

Tidak salah kali buat jadi kaya. Terlepas dari dogma agama yang menganjurkan untuk mencari dunia sebanyak-banyaknya seakan-akan akan hidup selamanya, saya memang pingin kok jadi kayak.

Pernah ikutan MLM, arisan berantai, masang adsense Google, adalah berbagai cara yang either berkah atau nista, tujuannya sih biar kayak.

Betul, uang bukan segalanya, tapi kita bisa berbuat banyak hal dengan uang. Uang bikin ribet juga kadang-kadang bikin perselisihan, so biar kamu gak ribet, bisa serahin uang kamu sama saya😀

Ya, benar sekali.
kita bisa menjadi kaya dan bahagia sekaligus, tetapi selama kita tidak menyalahgunakan hal itu.

Kalau kita kaya dan bahagia tapi orang lain yang tidak bernasib sama seperti kita ada di depan mata dan kita dengan enaknya tidak memerdulikannya, berarti itu bukan kaya dan bahagia lagi namanya.

Tapi terlalu kaya itu ribet juga kok, pikiran rasanya jadi stres mikirin uang mulu, so, jadi biasa2 aja is the best choice for me, yang penting bahagia.🙂

Salam kenal.
Yup betul…kaya sekaligus bahagia ok banget…
Asal gak lupa bahwa kaya adalah suatu pilihan begitu juga bahagia.
Yang harus dilihat adalah pilihan yang ini:cara bagaimana mendapat kekayaan itu. Merugikan orang lain kah? Silahkan, toh semua adalah pilihan.

setuju, dan menurutku seh… yang dosa itu adalah saking berambisinya jadi kaya lalu tidak melakukan apa yang tidak benar di mata Tuhan, uang adalah akar dari dosa berlaku banget untuk hal ini.

@herru… hehehe thanks, sayangnya saya ngga mau…

@cs… mungkin ketika di real life (bukan di dunia idealisme) kaya lebih mudah mendatangkan kebahagiaan?… bagi beberapa orang mungkin…

@sayasaja… banyak pilihan didalam hidup yah…🙂

@r… yeah, sometimes money bisa bikin orang jadi gila…

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
