The Orange Network

Being selfish is not evil?!

Posted on: August 1, 2007

Selfish adalah perbuatan/pikiran yang mementingkan kepentingan/keinginan diri sendiri diatas kepentingan yang lain. Pernahkah anda seperti itu? pasti pernah! termasuk saya, contoh simple, anda dan keluarga anda sedang menonton televisi, kebetulan hanya ada 1 televisi didalam rumah, anda memilih acara gosip, sedangkan saat itu ada ayah, kakak laki2, ibu atau bahkan yang lainnya, remote ada di tangan anda, dan tidak ada satupun yang berani mengubah channel favorite anda.

Selfish

ps: I like this picture!

Dari contoh diatas, sebenarnya itu adalah salah satu bentuk selfish yang kecil dan tidak terlalu merugikan orang lain, itulah yang saya maksud dengan selfish is not evil. Masa begitu saja selfish, kalau tidak mau dibilang selfish harus bagaimana? misalnya ketika anda sedang menonton tv sendirian, itu memang kendali penuh ada ditangan anda, tapi begitu ada anggota keluarga lain yang duduk dan menonton, anda mungkin bisa sekedar menanyakan dia mau menonton acara apa, atau memang sama seperti anda sekarang.

Tentunya hal2 seperti itu sering sekali terjadi dilingkungan lainnya seperti kerja/bisnis, lingkungan yang “keras” akan bisa menuntut diri anda menjadi selfish, dan itu biasanya diperlukan jika anda ingin “melesat” lebih cepat. Misalnya ketika dalam sebuah meeting bos anda menanyakan “Siapa yang akan menghandle project ini?” mungkin anda atau mungkin rekan kerja anda ada yang saat itu juga mengatakan “Saya yang akan menghandle project ini!” so is that selfish things? maybe a little… is that evil?… no!

Jadi bentuk selfish bagaimana yang tidak termasuk evil?

  • Dalam kondisi persaingan.
  • Tidak merugikan orang lain. (secara langsung)
  • Mempunyai alasan yang baik.

Memang idealnya adalah tidak selfish, can you?!

ps : saya menemukan quiz seberapa selfishnya kita di sini, saya sendiri hasilnya :

You Are 28% Selfish
In general, you are a very giving person who treats others very well.
But at times, you insist on getting your way – when it matters most to you.

6 Responses to "Being selfish is not evil?!"

Eh orange aku mau duong filenya gambarmmu itu, keren abis…
aku juga udah tes ternyata aku 58% selfish lho..
Dimana aku tahu kapan saatnya harus dan tidak untuk being selfish…

@evelyn…
Just right click at image and choose “save pictures/images as” menu.

Selfish yang tidak evil adalah relative, pada beberapa orang yang sangat “lurus” hidupnya mungkin selfish = evil… seperti misalnya kalau kamu menanyakan kepada orang yang “dalam” dalam hal keagaamaan.

Tetapi kalau kembali ke realitanya, di dunia ini banyak orang yang sukses dan sebenarnya kalau di cermati mereka termasuk selfish, tetapi karena mereka tahu kapan dan bagaimana, dan juga karena sudah sukses, mereka tahu bagaimana meng”cover”nya…

let say, Bill Gates? project Windows termasuk selfish karena tidak open sources seperti Linux, merugikan/evil? no. apalagi orang sukses seperti Donald Trump yang bermain di bidang bisnis kelas atas.

Mungkin supaya bisa membantu mengetahui, cobalah berpikir memutar balikan posisi ketika akan melakukan perbuatan yang dianggap selfish, apakah dampaknya akan merugikan secara langsung, atau jika kamu tidak melakukannya juga akan ada orang lain yang melakukannya.

Contohnya begini, Jika kamu menemukan uang di jalan yang sepi sebesar 100 ribu misalnya dan tidak ada petunjuk apapun, apa yang kamu lakukan? ambil, selfish? iya, evil? tidak, karena kalau kamu tidak mengambilnya juga akan ada orang lain yang mengambilnya.

Contoh lain, misal jika perusahaan menawarkan training ke luar negeri hanya untuk 1 orang di sebuah team, dan kamu memenuhi syarat dan menginginkannya, maka jangan ragu untuk mengajukan diri meskipun ada teman kerja kamu yang juga menginginkannya, masalah siapa yang diterima itu terserah bos nanti, jika kamu tidak melakukannya, teman kamu juga akan mendapat saingan dari orang lain yang mungkin menginginkannya.

Jadi intinya saat Fair Game.

halo ^_^ salam kenal, nice pic thereūüėÄ aku save ya…

setelah ikut tes, ternyata aku 41% selfish, quite balanced. hoho

juga waktu ngatri WC pagi2… sodara gua 6 boss… gilaaa selfih di pake tuh tiap pagi

[…] ps : kedengerannya egois / mementingkan diri sendiri, tetapi anda masih ingatkan bahwa Selfish is Not Evil… […]

Tanggapan OrangeMood untuk Evelyn membantu saya untuk lebih memahami pesan dalam artikel ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: