The Orange Network

Pilih2 teman, pilih2 musuh?

Posted on: July 31, 2007

Pernah dengar kata2 “kita adalah rata2 dari teman2 kita” ?… saya dapat kata2 itu dari buku The Success Principles – Jack Canfield kalau tidak salah, dan saya menyadari bahwa itu banyak benarnya, kita ambil contoh jika kebanyakan teman-teman di sekiling kita adalah penjudi, pemabuk, pemalas, penjahat, dsb, maka kita akan cenderung menjadi seperti mereka, meski tidak 100%, begitu juga bila lingkungan kita adalah orang-orang sukses, mandiri, smart, dsb. maka kita akan terbawa arus ke arah yang sama, jadi memang benar intinya kita adalah rata2 dari teman2 kita, tinggal tergantung kita rata2nya rata2 atas dalam arti lebih baik dari yang lain atau rata2 bawah.

Dari kata2 tersebut jadi bagaimana jika kita ingin menjadi orang yang rata2 atas? tentunya dengan “membuat” lingkungan di sekitar menjadi baik dan mendukung kita, bagaimana supaya lingkungan kita ini menjadi baik? salah satunya dengan bergaul dengan orang2 yang baik juga, lalu itu berarti pilih2 teman? akuilah secara terang2an memang kita tidak memilih2 teman kita, kita bisa bilang semua orang bisa menjadi teman kita, itu benar, tetapi dalam berteman juga ada semacam tingkatan, dalam arti teman yang sekedar teman, atau teman yang memang benar2 teman, dimana frekuensi hubungannya akan lebih intens dan sering.

Jadi tentu saja anda sendiri yang berhak menentukan mana yang akan anda pilih menjadi benar2 teman, saya yakin anda sering merasa cocok dengan satu atau beberapa orang dan sebaliknya merasa tidak cocok dengan satu dengan beberapa orang, nah sekarang cobalah untuk lebih jeli, ketika anda merasa cocok dengan seseorang, orang seperti apakah dia? apakah dia seorang yang sukses, smart, mandiri, dapat diandalkan. mau membantu anda menuju keadaan lebih baik? atau sebaliknya? jika memang teman anda tersebut membantu anda menjadi lebih baik, itu artinya anda sudah benar.

Bagaimana ternyata jika tanpa anda sadari teman2 sekeliling anda adalah orang2 yang memang sedikit kurang baik? jika sekarang anda menyadari hal tersebut, berarti ada beberapa yang anda bisa lakukan, yang pertama adalah anda bisa mulai memperluas pergaulan anda dengan teman2 yang lebih baik, bukan berarti menjauhi secara drastis teman2 lama anda lho, dan anda juga bisa mulai membantu teman2 anda, tentu saja bagi mereka yang memang mau dibantu, jika anda tidak bisa membantu/mereka tidak mau dibantu, just let it go…

Lalu hal lain yang saya dapat juga adalah pilih2 musuh, memang sebisa mungkin idealnya kita tidak mempunyai musuh, atau jika terjadi perselisihan cobalah untuk selalu menyelesaikannya baik2, ada kata2 juga “Orang yang hebat adalah orang yang bisa merangkul musuhnya” beberapa kali saya mengalami perselisihan dalam hidup, baik dalam teman, karir dan bisnis, biasanya saya akan merasa emosi juga, tetapi untungnya sekarang saya lebih bisa mengendalikan emosi dan belajar memaafkan, once again, just let it go…

Jadi ketika anda sedang mulai berselisih, cobalah untuk menahan emosi, dan kalau ingat pikir siapa lawan anda? jika lawan anda adalah orang yang cukup berpengaruh, dan bisa merugikan anda di masa sekarang/yang akan datang (sebenarnya mempunyai musuh pasti hanya ada ruginya) sebaiknya anda mengalah untuk menang, atau jika musuh anda hanyalah orang yang tidak memberikan pengaruh apa2 sekalipun jika anda menjadi musuhnya, lebih baik simpan energi, pikiran dan waktu anda untuk yang lebih baik.

Jadi ingat pilih2 teman dan pilih2 hindari musuh, good luck!

3 Responses to "Pilih2 teman, pilih2 musuh?"

Horeee … pertamax
Teman 1000 masih kurang, musuh 1 udah kebanyakan.
Satu lagi, biar hattrick……

*Terpaksa saya edit jadi komentarnya…

Kalau yang dimaksud adalah pilihan antara “pilih2 teman” atau “pilih2 musuh”, maka saya pilih opsi yang kedua.😉

apa yang di kata tu memang betul.. kita adalah seperti kawan kita. so, pilihlah teman yang baik untuk jadi yang terbaik.. adios..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: