The Orange Network

Are u ready for comment at your blog?!

Posted on: July 25, 2007

Saat kita menulis disebuah blog, tentang apa saja, biasanya kita akan “membuka” topik yang kita tulis tersebut, dalam arti bisa di komentari oleh orang lain (jika kita hanya ingin menyampaikan sesuatu tetapi tidak ingin orang lain memberikan komentar, sebaiknya lebih baik matikan fungsi komentar di blog anda) namun ada beberapa hal yang harus kita ingat bahwa orang lain tentu saja bisa dan berhak mempunyai pendapat yang berbeda tentang tulisan anda, terlepas dari tulisan anda sekedar iseng maupun yang serius.

Perbedaan pendapat itu terkadang bisa menjadi sebuah awal perdebatan, yang nantinya bisa berjalan dengan baik, maupun menuju ke arah debat “kusir”, ada beberapa keuntungan ketika komentar dari seseorang “berbeda” dengan pendapat kita, positifnya adalah :

  • Topik akan meluas.
  • Topik akan menjadi seru untuk dibahas lebih lanjut.
  • Baik penulis maupun audience akan mendapatkan pengetahuan yang lain.
  • Blog anda terlihat lebih “hidup”

Tetapi beberapa komentar dapat menyebabkan :

  • Terjadi debat kusir.
  • Pembahasan melenceng dari topik semual.
  • Bisa menimbulkan persepsi negatif dari use yang lain.
  • Bisa membuat penulis dan audience kehilangan kesabaran dan emosi lalu menimbulkan perselisihan.

Lalu bagaimana sebaiknya kita bersikap menghadapi komentar-komentar didalam blog kita?

  • Selalu ingat bahwa akan ada orang lain yang berhak berpikiran berbeda dengan kita.
  • Ingatlah bahwa orang lain bisa mempunyai pengetahuan, kemampuan, wawasan dsb yang memang lebih baik daripada kita di topik yang sedang kita bahas.
  • Cobalah untuk selalu positive thinking, meski beberapa komentar bersifat memojokan anda.
  • Cobalah untuk menjelaskan apa maksud anda di topik itu secara lebih jelas, biasanya beberapa orang hanya mengerti sebagian dari maksud anda.
  • Cobalah untuk membahas apa yang menjadi topik, bukan mengenai komentar personally yang memang mungkin sudah “melenceng” arahnya.
  • Selalu ingat tidak ada istilah menang atau kalah dalam perdebatan, menang atau kalah tidak ada artinya, anda tidak akan mendapatkan apa2.
  • Jika komentar sudah menggunakan kata2 kasar/SARA/porn, anda berhak menghapus dan memblock user tersebut, tanpa pikir panjang. (termasuk SPAM/Junk)

Bagaimana dengan kita sendiri ketika mengkomentari blog orang lain :

  • Sebaiknya memberikan komentar yang cukup “perlu”, maksudnya tidak dalam kategori junk/spam.
  • Cobalah untuk selalu membaca ulang / menggunakan fasilitas preview sebelum anda meng-submit, karena selain anda bisa mengechek penulisan anda, anda juga bisa memikirkan bagaimana kira2 reaksinya nanti.
  • Cobalah untuk selalu berkomentar dengan tujuan yang positive, misalnya untuk mengembangkan topik, mendapatkan informasi lebih, dsb.
  • Tidak berkomentar dengan maksud menjatuhkan, menyinggung personally, menggunakan bahasa kasar/SARA/porn.
  • Berkomentar basa basi sedikit berbeda dengan spam/junk, basa basi masih bisa di terima seperti “nice blog, salam kenal…” sedangkan spam/junk seperti “pertamaaaaaaaaaa…” “setujuuuuuuuuuu…” dsb.

Se”miring” apapun komentar yang diterima, janganlah terbawa emosi, keep on focus…

8 Responses to "Are u ready for comment at your blog?!"

So far belum mas, tapi kalaupun ada. Saya akan perhatikan tingkatan komentarnya, apabila komentarnya terlalu miring dan terkesan mendiscredit individu tertentu, maka akan saya delete.

Beda kalau komentar yg ada bersifat professional, pasti akan menarik buat bahan diskusi. Dan komentar2 seperti inilah yg bikin suatu blog makin hidup.
Jadi perlu ditanggapi secara professional juga. Jangan asal dan sebisa mungkin gak bersifat menggurui, kan lebih nyaman kalau komentar yg ada berkesan sharing dan blajar bersama gitu loh. Hehe….😉

IMHO

kalau kata saya mah ketika suatu tulisan dipublikasikan dalam media terbuka seperti blogger, kita sudah semestinya mempersiapkan diri untuk hal-hal yang terburuk. Kalau tidak siap, ya dimoderate saja komentar yang masuk.

By the way, sependek yang saya tau, komentar yang nyelekit terhadap suatu opini akan menyulut pro kontra blogger yang lain, yang pada akhirnya malah membuat rame. Uhuy!!

so far sih engga pernah..alhamdulillah..

mungkin tergantung topik di postingannya kali, mas, bisa mengundang komentar ‘miring’ atau engga..;-)

*just my humble opinion*

Hmm syukurlah sampai saat ini belum ada yang komentar aneh. Tapi memang harus disadari, bahwa tiap orang mempunyai persepsi berbeda, dan sepanjang bermaksud baik, kita harus berpikir positive thinking.

Blog Andy enak dibaca, sederhana bahasanya, mudah dimengerti, jadi risiko dapat komentar miring sangat kecil. Tapi kalaupun ada, ya gak perlu dikomentari balik, ntar malah tambah rame.

@caturpw… betul, beberapa kali saya lihat blog, setelah mendapat sebuah komentar yang mungkin mempunyai opini yang “sedikit” berbeda dari penulis, si penulis langsung merasa “ngga mau kalah” dan lupa bahwa blognya di open untuk di diskusikan bersama.

@lita… topik apa aja bisa lho, serius atau santai, komentar orang pasti beragam.

@edratna… hehehe, saya mencoba menulis dengan santai meski topik2nya bisa juga dibahas serius.

OrangeMood pasti dapet inspirasi dari kejadian yang menimpa saya ya🙂 ge er abisss, hehehehe

btw sorry baru sempet baca🙂

Famous remarks are very seldom quoted correctly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: