The Orange Network

Dare to Try Online Business?

Posted on: July 23, 2007

Internet… Salah satu penemuan yang berpengaruh dalam banyak hal, termasuk dalam hal metode bisnis, lalu beberapa orang berpikir berbisnis di dunia online lebih mudah dan menguntungkan, mudah karena katanya modal kecil, tinggal bikin web, promosiin webnya, dan duit bakal datang 24 jam sehari… sesimple itukah?… kalau iya, mungkin sudah dari dulu kita semua berbisnis online dan menjadi kaya raya. Dan sebenarnya contoh cerita diatas adalah bukan bisnis online murni, hanya bisnis traditional dengan memanfaatkan media internet, karena beberapa proses masih terjadi di offline.

Lalu apakah yang disebut dengan bisnis online murni? bisnis online murni adalah bisnis yang segala prosesnya terjadi melalui media internet, apakah ada bisnis seperti itu?ada! contohnya game online, komunitas online, aplikasi online, iklan online, konsultasi online, video online, musik online, hiburan online, hostingan, forum, portal, dsb.

Hal2 apa saja yang kita perlu ketahui sebelum mencoba berbisnis online, mari kita bahas satu persatu (saya tidak akan membahas terlalu dalam karena bisa teramat panjang, jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa ditanyakan di comment) :

  1. Penelitian
    Bisnis apapun idealnya membutuhkan sebuah reseach/penelitan, researchnya mencakup dari kebutuhan masyarakat, trend yang sedang berkembang, penyediaan barang/jasa, proses stock/pengaturan, pricing/penentuan harga, positioning, proses distribusi jika ada, rencana marketing dan promosi, dan masih banyak lainnya.Begitu juga dengan bisnis online, jangan pernah berpikir dengan menggunakan media internet artinya anda sudah mengatasi masalah promosi, distribusi dan lainnya karena produk/jasa anda dapat diakses secara global oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

    Tetaplah lakukan penelitian, apa yang harus diteliti ketika akan memulai bisnis online? banyak! dan hampir sama seperti bisnis offline, seperti misalnya anda harus menentukan target market anda, lalu meneliti internet behaviornya, meneliti competitor atau pesaing yang sudah ada dan yang akan muncul, membuat sebuah diferensiasi yang membedakan anda dengan yang jutaan pemain lainnya, dsb dsb dsb. (saya juga pusing jika sedang memikirkan hal tersebut.)

  2. Modal Usaha
    Jika bisnis anda sebenarnya adalah bisnis offline yang akan memulai memanfaatkan media internet sebagai optional, modalnya tidak terlalu besar tentunya, anda membutuhkan website, yang sesuai dengan model bisnis anda dan dapat membantu proses bisnis utama anda di berbagai lini.Jika anda memulai bisnis online yang benar2 bisnis online seperti misalnya game online, well… jika anda tidak siap mental, fisik, waktu dan materi, anda bisa mengurungkan niat anda. Tetapi jangan khawatir tidak semua bisnis online murni juga mahal, seperti misalnya membuat jasa hostingan, portal, konsultasi online, dsb.
  3. Persiapan (Teknis & Non Teknis)
    Persiapan teknis meliputi infrastruktur, website, perangkat keras dan lunak, staf programmer, designer, operator, dsb.
  4. Operasional
    Karena bisnis online memungkinkan anda melakukan proses bisnis secara 24 jam / 7 hari / 365 hari tanpa berhenti, maka anda juga harus mengantisipasi masalah operasionalnya, apakah anda akan tetap menghandle 24/7/365 dengan menyediakan operator yang selalu standby, atau anda akan memproses bisnis keesokan harinya saat aktifitas kerja.
  5. Marketing
    Mempunyai sebuah website membantu anda dalam proses marketing bisnis anda, tetapi siapa yang akan tahu dan berkunjung ke website anda jika anda baru mulai? Jadi intinya anda juga perlu memarketingkan website bisnis anda, banyak cara, dari yang gratis dan ampuh seperti “mouth to mouth” atau dari mulut ke mulut, menyebarkan lewat millis, forum. komunitas dll yang berhubungan, sampai menyebarkan brosur, stiker, merchandise, dsb, sampai yang mempromosikan lewat iklan di media-media tradisional seperti majalah, koran, radio, televisi sampai internet itu sendiri dengan berpromosi di media yang sudah lebih dulu terkenal dengan target market yang sesuai.
  6. Perbaikan
    Bisnis apapun juga selalu mengalami hambatan atau masalah, begitu juga dengan bisnis online, ketahui masalahnya dan lakukan perbaikan secara berkala, tidak ada model bisnis yang instant perfect, semuanya membutuhkan perbaikan dari waktu ke waktu.

Wah kelihatannya kompleks?iya anda benar! Kalau begitu apakah masih lebih mudah berbisnis offline?sama saja, prinsipnya bisnis yang bisa berjalan dengan baik, membutuhkan penanganan yang baik pula. Adakah keuntungannya bisnis online dibanding bisnis offline? ada :

  1. Memungkinkan anda mendapatkan penghasilan meski anda tidak turun tangan untuk bekerja.
  2. Memungkinkan proses bisnis berjalan 24/7/365.
  3. Memungkinkan minimalisasi human error, karena semua dilakukan secara otomatis.
  4. Meminimalisasikan costdan tenaga untuk tenaga kerja karena hanya membutuhkan beberapa orang dalam prosesnya.
  5. Memungkinan bisnis anda terdengar ke seluruh dunia karena menggunakan media internet.

Adakah kerugiannya? mungkin bukan disebut kerugian, tetapi hambatan/tantangan.

  1. Karena anda menggunakan media internet, itu artinya anda harus siap menghadapi seluruh dunia, bisnis anda bisa dengan mudah dijiplak, bahkan dihancurkan oleh kompetitor yang lebih kuat dan cerdik.
  2. Bisnis online murni biasanya membutuhkan waktu paling cepat 1 – 2 tahun untuk mulai dikenal dan berkembang, jadi biasanya membutuhkan dana operational cost yang cukup tinggi dalam kurun waktu tersebut.
  3. Internet begitu cepat berkembang dan berubah trendnya, anda harus selalu mengikuti “Wave” dan mempersiapkan diri supaya tidak terhempas.
  4. Jika anda tinggal di negara yang belum maju, bisnis online mempunyai tantangan yang lebih besar dalam sosialisasinya.
  5. Untuk beberapa model bisnis modal yang dibutuhkan cukup besar dengan nilai return yang cukup lama.
  6. Ketergantungan akan infrastrukture.

Jadi masih berani berbisnis online? saya sendiri menjawab “kenapa tidak?…” 4 tahun berkenalan dengan dunia online, membuat saya “jatuh cinta” dan masih belum mau berpaling ke lain “hati” meski sempat “ditolak” mentah2 dan “jatuh” sesekali, tetapi saya percaya suatu saat saya akan “menaklukannya”… bagaimana dengan anda?…

3 Responses to "Dare to Try Online Business?"

Posting menarik. Saya baru memanfaatkan untuk mengirim bahan mengajar melalui email….hmm, ternyata gara-gara ngeblog ada yang nawari kerja sama..

Tapi prinsip berbisnis tetap sama, semua harus dilakukan R & D dulu, apa yang kita tawarkan, target marketnya apa, promosinya bagaimana…karena perilaku konsumen terus berubah.

kerja keras adalah point penting, karena banyak orang yang tertipu kegiatan yang berkedok bisnis online yang nyatanya hanyalah arisan berantai ataupun piramida uang. Gak ada sukses instan…

pake konsep CRM supaya tambah maju bisnis onlinenya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: