The Orange Network

Know yourself better! (Part III)

Posted on: July 21, 2007

Hey… this is Saturday, why still there?… turn of your laptop, hang out with your friends now! hahaha… Saya sendiri ngga kemana2, istirahat saja sambil ngurus doggy, back to topic…

Point :
1. Apa kemampuan utama kamu? (sesuatu yang kamu dapat dari pembelajaran dan dikuasai dengan baik)
2. Apa bakat utama kamu? (sesuatu yang menonjol sejak kecil dan bisa diolah)
3. Apa kelemahan kamu? (fisik dan psikologis)
4. Apa ketakutan utama kamu? (fisik dan psikologis)
5. Apa yang kamu rasakan sekarang? (dalam 1, 3 ,6 atau 12 bulan terakhir)
6. Apa yang kamu inginkan? (yang besifat non materi)
7. Apa yang sudah kamu lakukan untuk menambah pengetahuan/wawasan/keahlian kamu?
8. Apa yang sudah pernah anda capai selama ini?
9. Apa langkah2 kamu untuk mencapai apa yang kamu inginkan?
10. Apa rencana kamu untuk 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun kedepan?

Tips Point 6 :
Coba jawab pertanyaan ini “What do you want now?” beberapa orang bisa menjawab dengan baik, beberapa orang tidak pasti, dan banyak orang tidak tahu harus bagaimana, ketahuilah apa yang anda inginkan dan kejarlah! bagaimana anda bisa mencapai kesuksesan jika anda tidak menginginkannya?! Dengan mengetahui keinginan anda, anda akan bisa meng-“explore” jalan keluarnya.
Contoh : Saya ingin penghasilan saya bertambah 1 juta perbulan. lalu anda tentu akan berpikir bagaimana caranya bukan? sangat berbeda keadaannya jika anda sama sekali tidak terlintas pikiran/mengingkan hal tersebut tentunya.

Tips Point 7 :
Jika anda masih mempunyai waktu, tenaga, pikiran dan materi, pergunakanlah kesempatan yang ada untuk memperluas pengetahuan anda, entah itu ikut kursus, membaca buku, browsing, dsb. perhatikan apa yang anda butuhkan, dan fokuslah ke arah sana untuk mendukungnya.

Tips Point 8 :
Yang perlu diingat point ini bukan untuk menyombongkan diri, tetapi jangan pedulikan juga orang lain yang menganggap anda sombong dengan melakukan hal ini, point ini sangat berguna untuk memotivasi anda bahkan orang lain jika mereka berpikiran positif, misalnya : jika anda berhasil melakukan sesuatu, catatlah dan ingatlah, ketika anda sedang down, atau dalam proses pencapaian hal lain, anda bisa mengingat bahwa anda pernah sukses, dan kali inipun anda bisa sukses selama berusaha yang terbaik, jika anda mempunyai teman yang membutuhkan bantuan, anda bisa memberikan nasihat diri anda sebagai contoh, berikanlah nasihat dengan maksud jika anda bisa, maka teman anda juga seharusnya bisa.

Tips Point 9 :
Planing, ketika anda ingin mencapai suatu tujuan yang kenyataannya cukup sulit, anda akan membutuhkan rencana yang matang, persiapan yang mantap, dan semangat yang kuat serta stamina yang tahan lama, anda pasti pernah mendengar tentang cerita Michael Jordan yang mengatakan “Untuk melakukan tembakan 1 bola kedalam keranjang yang sempurna, saya harus melalui ribuan bahkan jutaan kali kegagalan selama latihan”. Kecuali anda seorang yang sangat beruntung, anda bisa melakukan hal baru yang membawa anda menuju kesuksesan, tapi tidak mungkin untuk selamanya kan?!

Tips Point 10 :
Last but not least, try to make a plan, for 3 month, 6 month or 1 years, this is good for you as a guide and track, rencana ini akan mengingatkan anda selalu tentang tujuan anda, jika anda sedikit “melenceng” dari jalur, at least ada yang mengingatkan anda, yaitu diri anda sendiri melalui rencana ini. Jangan terlalu pusing membuat rencananya, karena rencana ini sendiri akan flexible saat dijalankan, tetapi ingatlah untuk tetap mencapai tujuan yang sama.

*Setelah anda menjawab pertanyaan2 diatas, cobalah meminta bantuan orang lain (teman baik, saudara, mentor) agar lebih mudah memahami diri anda jika memang diperlukan, seperti misalnya tanyakan pendapat orang lain tentang diri anda dari pertanyaan2 diatas ke orang yang anda percaya dia bisa membantu anda. Jangan merasa malu atau kelihatan tolol dengan melakukan hal tersebut, teman yang baik tidak akan menertawakan anda (well maybe for a while) bahkan mungkin dia akan kagum dan mengikuti apa yang anda lakukan.

* Simpan catatan tersebut, sering2 lah dibaca, dipahami, dan direvisi ke arah yang lebih baik.

Well, this is a good start for us to know ourself better and better… Sekali lagi luangkan waktu sedikit untuk lebih sering mengenali diri anda untuk memaksimalkan potensi diri anda dan menuju sukses! “if you wanna change the world better, you must change yourself better first!”

2 Responses to "Know yourself better! (Part III)"

Well said, Andy, well said. It’s much easier to change ourselves than changing the whole world.

Benar kata Andy, kita mulai merubah diri kita menjadi lebih baik…semoga nantinya dunia juga akan semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: