The Orange Network

Know yourself better! (Part II)

Posted on: July 18, 2007

Setelah kita mengetahui manfaat dari “Mengenal diri kita secara lebih baik” disini, lalu bagaimana caranya agar kita lebih tahu tentang diri kita sepenuhnya? berikut tipsnya, it works for me…

  • Cobalah menjawab pertanyaan2 seperti dibawah ini terlebih dahulu di secarik kertas dengan jelas dan details.

1. Apa kemampuan utama kamu? (sesuatu yang kamu dapat dari pembelajaran dan dikuasai dengan baik)
2. Apa bakat utama kamu? (sesuatu yang menonjol sejak kecil dan bisa diolah)
3. Apa kelemahan kamu? (fisik dan psikologis)
4. Apa ketakutan utama kamu? (fisik dan psikologis)
5. Apa yang kamu rasakan sekarang? (dalam 1, 3 ,6 atau 12 bulan terakhir)
6. Apa yang kamu inginkan? (yang besifat non materi)
7. Apa yang sudah kamu lakukan untuk menambah pengetahuan/wawasan/keahlian kamu?
8. Apa yang sudah pernah anda capai selama ini?
9. Apa langkah2 kamu untuk mencapai apa yang kamu inginkan?
10. Apa rencana kamu untuk 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun kedepan?

Contoh :
Jawaban yang kurang baik : Karir yang bagus.
Jawaban yang baik : Naik pangkat jadi Asst. Manager 1 tahun lagi, naik pangkat jadi Manager 3 tahun lagi di perusahaan sekarang.

Jawaban yang kurang baik : Lulus kuliah.
Jawaban yang baik : Lulus kuliah dengan ipk minimal 3,5 dari 4 tahun depan.

  • Setelah menjawab pertanyaan2 diatas, coba explore lebih lagi tiap pointnya, kira2 bagaimana supaya anda bisa mengatasi kelemahan anda, memperkuat kelebihan anda, mengasah bakat anda, menghilangkan ketakutan anda, membuat rencana / target anda, dsb.

Tips Point 1 :
Perhatikan kemampuan yang sudah kamu miliki, apakah itu cukup? (tentu saja sebenarnya tidak akan pernah cukup, learning is no limit right?!) tetapi cobalah untuk fokus ke kebutuhan utama anda dulu misalnya jika anda sedang mengenyam pendidikan lagi, karir, bisnis, dsb. Jika belum cukup dan dirasa mampu dan bisa, ambilah kesempatan, seperti melanjutkan kuliah lagi, mengambil kursus/pelatihan, mengikuti seminar, sampai belajar sendiri dari buku/sumber lain.

Tips Point 2 :
Bakat sesuatu yang kita miliki sejak lahir dan bisa di kembangkan menjadi sesuatu yang berguna, tidak semua orang punya dan memahami bakatnya dengan cepat, seperti misalnya bakat seni (menyanyi, melukis, menari, memahat, dsb) atau olahragawan dsb. Jika kamu memilikinya coba perhatikan, bisakah hal tersebut mendukung kamu untuk masa sekarang? misalnya mengikuti Indonesian Idol jika kamu merasa kamu bagus dalam menyanyi, I’m not kidding guys, it’s worthed for experience and the challenges, forget about win and lose, just try if you think you can!

Tips Point 3 :
Kelemahan kita harus kita ketahui dan akui, kebodohan dalam suatu hal adalah wajar, tidak ada 1 manusiapun di dunia ini yang bisa segalanya, bodoh bukan berarti untuk selamanya, bodoh bisa kita ubah menjadi pintar, misalnya saya mengakui saya bodoh dalam hal hitung2an uang seperti saham, investasi, dsb. tentu saja saya bisa menjadi pintar dengan mempelajarinya jika memang itu diperlukan.

Begitu juga dengan cacat fisik, kita sudah sering melihat orang cacat yang mempunyai kelebihan jauh dibanding kita, seperti misalnya seorang programmer handal yang ternyata duduk di kursi roda, kelemahan fisik bisa menjadi kendala, tapi tidak mutlak.

Tips Point 4 :
Beberapa orang mengalami phobia, trauma dan ketakukan akan sesuatu, jika ketakutan itu masih dalam batas wajar, itu normal, tetapi jika ketakutan itu bisa menghalangi kesuksesan anda, sebaiknya anda harus bisa belajar agar segera bisa mengatasinya. Jika anda ingin menjadi seorang dokter, tetapi anda takut darah, mau tidak mau anda harus belajar bagaimana cara mengatasinya, Jika anda seorang pebisnis, anda harus berani mengambil resiko kehilangan segala yang anda pertaruhkan, Jika anda ingin naik karir, anda harus berani mengambil tanggung jawab yang lebih besar.

Tips Point 5 :
Review! review perjalanan hidup anda, minimal 3 bulan terakhir, lebih bagus lagi jika bisa setiap tahun ada catatan apa yang sudah anda capai, apa target anda yang belum tercapai, apa mimpi anda, apa masalah anda, bagaimana anda menjalani kehidupan anda dalam kurun waktu terakhir, dengan review anda akan selalu “stay on right track” dan bisa memperbaiki keadaan secara konsisten.

Tips Point 6-10 bisa anda baca nanti malam, have a nice day!

1 Response to "Know yourself better! (Part II)"

Jadi nyadar selama ini gue ngapain aja yak……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: