The Orange Network

Web 2.0 *again?

Posted on: May 11, 2007

Begitu banyak web 2.0 yang bermunculan sekarang, tetapi adakah yang dari developer local? entah kenapa dan sangat disayangkan, developer dari Indonesia sampai saat ini belum pernah ada yang ciptaannya terdengar cukup kencang di dunia internet international, seperti misalnya Friendster, Flickr, Digg, Facebook, MySpace, Google, Yahoo, dsb.

Sore tadi saya sempat berbincang2 dengan teman lama saya, tepatnya teman skripsi saya saat kuliah, Felix namanya, menurut saya, dia adalah salah satu orang yang saya kenal yang paham akan konsep web 2.0, dia adalah web designer dari bidang usahanya sendiri Stucel, pernah menjadi bagian dalam team saya saat membangun online community Cystage, dan karya terakhirnya adalah MoodMill : sebuah web 2.0 yang bisa mengekspresikan mood usernya. Ide dasarnya menarik dan orisinil, saya pribadi optimis itu bisa dikembangkan menjadi konsep yang lebih bagus lagi.

Berbicara mengenai web 2.0, saya yang memang hobby membuat konsep dari ide2 yang saya dapatkan entah darimana saja itu datangnya, berniat membuat web 2.0, dengan konsep yang simple dan sudah 50% “terurai”kan dalam MindMap Manager, karena saya tidak bisa program dan desain, saya berniat meminta bantuan ke teman saya yang lain, pada awalnya saya berniat “membayar” seperti layaknya saya memesan pembuatan website, tetapi saya mencoba menawarkan dulu ke 2 teman saya : Iming dan Felix mengenai proyek “mimpi” saya tersebut. Karena saya optimis proyek ini akan jauh bisa berjalan dengan baik bila dikelola bersama-sama dengan mereka. Toh semakin banyak “otak” semakin baik, saya conceptornya menangani masalah internet behavior, userfriendly, dan tetek bengeknya, Iming sebagai programmer, dan Felix sebagai designernya.

Cukup lama dan sangat menyenangkan ketika saya berdiskusi dengan Felix, karena memang kita mempunyai visi yang sama yaitu menggebrak dunia online melalui karya kita, pada prinsipnya kita harus terus menggodok konsep tersebut, dan masih akan mendengar masukan dari rekan saya Iming. Iming adalah programer handal, dia juga teman satu kampus, pernah menjadi bagian dalam team Cystage juga, dan skill programernya tidak usah diragukan lagi.

Semoga web 2.0 karya kita benar-benar mampu menggebrak dunia online international dan local, pasti akan banyak halangan seperti masalah biaya jika memang kita harus berinvestasi lebih seperti dedicated server, bandwith cost, dan sebagainya, tetapi saya percaya, itu urusan ke sekian setelah konsep awalnya matang.

Silahkan ditunggu sekitar 3-6 bulan kedepan.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
