The Orange Network

Online Viral Marketing?!

Posted on: April 30, 2007

“Viral marketing describes any strategy that encourages individuals to pass on a marketing message to others, creating the potential for exponential growth in the message’s exposure and influence. Like viruses, such strategies take advantage of rapid multiplication to explode the message to thousands, to millions.” ‘The Six Simple Principles of Viral Marketing’ by Dr. Ralph F. Wilson

Viral marketing and viral advertising refer to marketing techniques that use pre-existing social networks to produce increases in brand awareness, through self-replicating viral processes, analogous to the spread of pathological and computer viruses. It can often be word-of-mouth delivered and enhanced online; it can harness the network effect of the Internet and can be very useful in reaching a large number of people rapidly.” Wikipedia

Saat ini saya sedang memikirkan sebuah konsep untuk viral marketing untuk salah satu produk elektronik komputer di Indonesia, meski sebenernya bukan tanggung jawab saya, tetapi karena beberapa pihak yang meminta bantuan dan itu berhubungan dengan proyek saya maka saya mencoba membantu sebisa saya. Saya sudah memiliki beberapa ide, hanya saja saya masih berpikir ide-ide tersebut kurang B I G atau W O W😦

Membuat viral marketing melalui media online tidaklah segampang teori, apalagi untuk pasar Indonesia, hal ini membutuhkan tantangan tersendiri, oleh karena itu saya ingin sharing disini mungkin ada beberapa teman yang bisa kasih masukan, kira2 konsep apa yang bisa dijadikan online viral marketing agar sukses dan berhasil?!

Bagi yang belum tahu apa itu viral marketing, silahkan bisa cari di wikipedia atau google, prinsip simplenya adalah sebuah konsep penyampaian pesan yang dikemas sedemikian rupa melalui media yang dipilih agar tercipta suatu penyebaran pesan yang cepat dan massal dan berdampak positif.

Mengenai syarat2 viral marketing yang baik saya akan coba bantu jelaskan… tapi besok pagi saja yah, saya mengantuk sekali… bantal, guling dan selimut disekitar saya terlalu nyaman membuat saya ingin segera menutup laptop ini… hahaha selamat malam…🙂

oh ya di tunggu ide2nya… saya janji kalau idenya bagus, saya akan kontek dan traktir makan… :p

Update : sementara di pending dulu, perubahan konsep dari client. thanks.

3 Responses to "Online Viral Marketing?!"

Wow.. keren..

Kalo mau viral marketing di suatu media ya.. kalo lewat media, paling gampang lewat internet; karena tentunya internet itu yang paling cepet di dunia modern ini.

Konsepnya? hmm.. gatau deh. Hahaha.. mungkin taroh ad di MSN / Windows Live Messenger biar tiap kali log-in muncul pop-up. Kalo dibayangin orang yang pake messenger sih.. ratusan juta kali (worldwide). Tapi ya, considering messenger itu dari microsoft, dan messenger2 lainnya jg dari company2 gede, negosiasinya si makan biaya gede menurut gw.. ^^ hehehe..

Tapi ya, di internet aja..

Oh..
Ato sewa hacker ato pembuat virus yang jago untuk bikinin semacem ‘virus’ (tapi bukan virus) yg bakal kasih tau produknya whatever the product is (jadi kyk di film aja.. nyewa hacker terkenal.. lol)

@patrick… iya judulnya saja online viral marketing, jadi memang mau buat di media internet, mengenai ads di windows live messenger, ym, dsb itu kan hanya platformnya, yang g maksud konsep dasarnya viral marketingnya.🙂

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
