The Orange Network

Enjoy your work / leave it… (Part II)

Posted on: April 29, 2007

Melanjutkan dari blog sebelumnya Part I, kemungkinan besok atau lusa tepatnya awal bulan May ada seorang teman yang meninggalkan pekerjaannya, meninggalkan atau dikeluarkan, resign or fired, apapun itu kenyataannya adalah sama, tidak bekerja untuk perusahaan tersebut lagi.

Tentu saja bukan karena dia membaca dan terinspirasi blog saya lho *nampaknya dia bukan type orang yang suka membaca blog* kalau dari cerita dia sekilas versi dia adalah karena system perusahaannya yang kurang bagus, dan kalau dari versi saya memang perusahaannya sedikit “old fashion” dalam arti belum memanfaatkan teknologi / sistem yang sudah ada dan lebih baik untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, dan juga ada sedikit masalah antara individu teman saya dengan orang kantornya termasuk managernya.

Dia bertanya apa yang harus dia lakukan? sebetulnya pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban karena memang keadaannya adalah dia dipaksa berhenti dengan cara halus, jadi saya hanya menyarankan untuk menerima dengan baik, dan mempersiapkan untuk yang berikutnya dalam arti mencari pekerjaan baru yang lebih baik dan belajar dari pengalaman tersebut.

“If you read this blog my friends,I want you to know don’t worry to find another better job, you don’t lose anything because you already started from zero.”

Apakah saya membenarkan tindakannya? tentu saja tidak semuanya, karena pada prinsipnya dia juga harus sedikit banyak belajar agar di kemudian hari tidak terjadi hal seperti ini lagi, hal ini kebetulan saja dia baru mulai bekerja, dan perusahaanya biasa saja, dengan jabatan dan salary yang standar, sehingga dia keluar pun tidak akan kehilangan terlalu besar, karena di lain tempat dan dilain waktu masih ada yang lebih baik, tetapi jika dikemudian hari hal seperti ini terjadi lagi, tentu saja ada masalah dengan dirinya, dan dia harus segera menyadari dan memperbaikinya.

Office

Lakukan perubahan! mungkin beberapa dari anda akan berpikir saat ini “ngomong sih gampang, lah g cuman staf biasa, gimana mo ngubah situasi di kantor?…” yang dimaksud perubahan disini adalah perubahan sesuai tingkatan dan kemampuan anda masing2. Jika anda seorang manager yang baru masuk di perusahaan lain, dan sistem di perusahaan tersebut sangat payah, dan anda bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik berdasarkan pengalaman, kemampuan, case studie, rencana yang brilian, dan support dari orang yang anda butuhkan, tentu saja anda bisa melakukan perubahan dengan lebih gampang.

Bagaimana dengan nasib karyawan junior? apakah mereka ditakdirkan untuk menerima begitu saja keadaan yang ada? tentu saja tidak, anda bisa mulai melakukan perubahan dengan mencatat terlebih dahulu apa saja yang menurut anda tidak beres, dan bukti2nya, lalu sharinglah dengan orang lain yang bisa memberikan anda masukan yang anda percaya, lihat bagaimana respon dia, jika memang rencana anda bagus, anda bisa mulai membuat langkah2 yang harus di tempuh agar perubahan tersebut berhasil, lalu cobalah untuk memberitahukan orang lain di kantor anda dan meminta pendapat mereka dengan baik.

Jangan ragu mengeluarkan pendapat anda saat meeting, namun anda harus mempersiapkan segalanya dengan baik, tentu saja anda tidak ingin ide anda dianggap  ide konyolkan, saya yakin jika perusahaan anda bagus, maka perusahaan anda akan menghargai setiap masukan, kritik dan saran dari setiap pegawainya.

Perubahan lain yang bisa anda lakukan adalah perubahan pada diri anda sendiri, maksudnya adalah bagaimana anda menyikapi keadaan di sekitar tempat kerja anda, jika anda sadar bahwa keadaan di kantor kurang begitu baik, cobalah untuk tidak terpengaruh dan memperburuk keadaan, dan berilah contoh yang baik. Seperti misalnya orang di kantor anda selalu datang terlambat, apakah berarti anda juga harus datang terlambat? tidakkan?! hal lain orang di kantor anda menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, cobalah untuk memberitahu mereka dengan halus, dan jangan terpengaruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: