The Orange Network

Hemat pangkal kaya… katanya lho! :)

Posted on: April 18, 2007

Ada temen yang lagi pusing sama tagihan credit cardnya, pemakaianya over sampai dia cuman bisa bayar bunganya… terus dia juga bilang, dulu gaji 1 juta berasa kurang, naik 2 juta berasa kurang juga, naik 5 juta juga berasa kurang… kapan puasnya yah?! mungkin hal yang sama sedang anda rasakan?! kalo iya itu tandanya anda kurang berhemat!

Berhemat itu penting lho, ngga cuman lantaran hemat pangkal kaya, tapi berhemat itu membuat kita jadi lebih dewasa dalam beberapa hal seperti misalnya bijaksana dalam mengambil keputusan, sepenuhnya mengontrol diri kita, dan masih banyak efek positif lainnya sampai peduli lingkungan. Berhemat itu membuat kita terbiasa melakukan segala sesuatu secara efisien dan efektif, misalnya berhemat menggunakan listrik = menghemat pengeluaran tagihan listrik = peduli sumber daya listrik, berhemat belanja barang tertier = menabung = memikirkan masa depan yang lebih baik.

Gimana seh caranya biar bisa hemat? berikut tip-tipsnya…

  1. Seandainya tidak/belum diperlukan, jangan membuat kartu kredit, apapun promosinya, apapun banknya, kalau anda belum memerlukan sebaiknya jangan meng-apply, bagaimana kita tahu kita sudah memerlukan kartu kredit atau belum? kalau kita belum bisa menghasilkan / memenuhi kebutuhan sendiri jelas kita belum memerlukan kartu kredit. Kalau kita jarang berpergian keluar kota/keluar negeri sebenernya juga tidak diperlukan karena kita akan jarang menginap di hotel dan melakukan transaksi yang membutuhkan kartu kredit. Jika anda sudah mempunyai kartu kredit, sebisa mungkin jangan selalu dibawa jika anda sadar kartu kredit anda membahayakan keuangan anda.
  2. Selalu ingat maksimal penggunaan kartu kredit perbulan yang ideal adalah 1/5 atau 1/6 dari penghasilan anda. Jika penggunaan kartu kredit anda berlebihan dari 1/5 penghasilan anda, sebaiknya anda mulai berhati-hati dan lebih berhemat.
  3. Prioritaskan membeli kebutuhan pokok terlebih dahulu, seperti kebutuhan sehari-hari dan wajib, cobalah untuk tidak terlalu sering membeli barang yang tidak berguna meskipun murah.
  4. Tahan keinginan untuk membeli saat itu juga, jika sedang ingin membeli barang, cobalah untuk menundanya sebisa mungkin, dengan cara misalnya menunggu waktu diskon yang tepat, menunggu gajian, menunggu model baru, dsb. bisa saja anda berubah pikiran di lain waktu yang artinya anda tidak jadi membeli barang tersebut.
  5. Jangan pernah membeli barang yang benar-benar baru launching, terutama barang-barang elektronik, karena biasanya barang tersebut akan terus turun harganya selama 3 bulan pertama.
  6. Lakukan comparison produk dari segala segi seperti harga, quality, performance, dsb hal itu akan berpengaruh juga seperti point 2.
  7. Jangan pernah membeli barang karena keinginan saja, selalu pertimbangkan apakah barang itu kita butuhkan saat ini dan berguna?! jika iya ingat point no 2,3,4 jika memang sangat berguna baru kita bisa mempertimbangkannya
  8. Jangan selalu membanding2kan barang yang sudah kita miliki dengan orang lain, percayalah bahwa selama yang anda miliki masih bisa berfungsi dengan baik, maka anda tidak membutuhkan barang baru.
  9. Nikmati barang yang anda miliki sekarang / alihkan perhatian anda ke hal lain, misal handphone anda sudah out to date, janganlah berpikir anda harus segera menggantinya, cuek saja dan selalu berpendapat, barang ini saja sudah cukup buat saya.
  10. Jika memang harus membeli baran, usahakan beli sesuai kebutuhan saja, misalnya jika anda hanya memerlukan handphone untuk telepon, sms, dan musik, anda tidak membutuhkan sebuah PDA canggih, atau handphone 3G dengan kamera 3.2 MP, anda bisa memilih handphone yang murah dengan kemampuan musik yang cukup. Atau jika anda ingin mempunyai sebuah laptop untuk memudahkan pekerjaan saja, anda tidak perlu membeli laptop seharga 20 juta keatas, laptop seharga 6 juta sudah cukup untuk browsing, email, dan office application.
  11. Menabung di bank lain beberapa bagian langsung setelah gajian, setelah anda menerima gajian, sebisa mungkin langsung di tabungkan ke bank lain beberapa bagiannya, yang artinya anda membiasakan hanya menggunakan tabungan yang lain untuk keperluan belanja dll, sedangkan tabungan yang 1 nya hanya untuk tabungan murni, seandainya bisa tidak perlu ATM, credit card, dan hal2 lain yang bisa membuat gampang mengurangi jumlah tabungan.
  12. Biasakan hidup hemat dalam segala hal, saat anda menjalani hari2 anda, usahakan untuk selalu tampil low profile, lupakan saja gengsi, social class, dsb jika memang anda belum sangat mapan. Penampilan memang bisa membantu anda, tetapi tidak mutlak, selama anda masih bisa berusaha supaya terlihat rapi, bersih dan sopan, lagipula untuk mendapatkan respect dari orang lain tidak hanya dari penampilan kok, cara bicara, body language, wawasan, pandangan, prestasi dsb lebih berperan.
  13. Manfaatkan Deposito berkala, seandainya anda tidak terlalu crucial keuangannya dalam arti anda tidak mengalami aliran dana yang berubah2 misalnya, anda bisa menggunakan deposite yang artinya bunga bisa lebih besar, dan waktu pengambilan sangat dilimit
  14. Ikutlah asuransi dan investasi yang tepat, dibanding anda menghabiskan uang hanya untuk belanja yang tidak perlu, sebaiknya anda berpikir untuk investasi kecil seperti asuransi jiwa yang digabung dengan investasi dengan premi asuransi mulai dari 100 ribu perbulan sampai beberapa juta, yang hasilnya bisa anda nikmati jika anda terkena musibah, atau setelah beberapa tahun kemudian.
  15. Jika anda bisa memasak, memasaklah, karena memasak jauh lebih murah dibanding makan di luar/restoran.
  16. Catat detil pengeluaran, cara ini sangat efektif, anda mencatat semua detil pengeluaran per hari, misal setiap mala sebelum tidur anda mencatat pengeluaran hari ini, lebih bagus lagi kalau anda buat di excel yang artinya bisa langsung kelihatan jumlahnya, anda bisa ingat berhemat jika pengeluaran sudah mulai membengkak, atau anda bisa mereview pengeluaran2 yang tidak penting jadi di bulan berikutnya anda tidak melakukannya lagi.
  17. Cari tahu cara lain untuk sesuatu hal yang bisa membuat anda lebih berhemat, misalnya anda mempunyai motor dan mobil, biasanya anda pergi ke kantor menggunakan mobil, padahal anda tidak terlalu membutuhkan semua itu karena anda bukan orang yang sering keluar kantor untuk aktivitasnya, atau malah sering keluar kantor tetapi sebenernya pakai motorpun bisa, dan jarak dari anda ke kantor tidak terlalu jauh / < 1 jam perjalanan, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan menggunakan sepeda motor, selain hemat ongkos parkir dan bahan bakar anda juga menghemat waktu perjalanan anda, tidak perlu repot urusan daerah 3 in 1, tidak terlalu stress gara2 macet di Jakarta yang sudah menjadi langganan.

Rasanya untuk sementara tips dan triknya segitu dulu, jika ada tambahan akan saya update, mungkin anda bisa menambahkan dari pengalaman pribadi anda?! selamat berhemat, semoga sukses!🙂

update 2 points 16 & 17. (21 April 2007 11.19 PM)

11 Responses to "Hemat pangkal kaya… katanya lho! :)"

masih untung punya credit card ndi, gw ngeply sana sini ga ada yg di approve, alhasil cuma ada yang kartu tambahan dari bokap doank zzzzzzzz dahhhhhhhhh

@wi2… ngga apa2 wi, g punya c2 juga dipake cuman buat kalo ke carefour… :p

Hahaha… Pitshu punya kartu kredit kadang ga kepake sama sekali selama beberapa bulan. Limit 7 jt berdua ama cc.

Tapi gaji g habis di.. yang namanya makan, untuk makan 1 bulan bisa lebih dari 1jt :(( padahal gaji kecil hiks… lom bayar kost 650rb hahaha.

-Pitshu-
*bagi duit dunk!

@pitshu… Memang seh di Jakarta makan 10 ribu itu sekarang ala kadarnya, foodcort2 di perkantoran daerah perkantoran itu rata2 malah sudah 15k – 20k sekali makan…🙂

Yah apa lagi yang namanya Pitshu susah makan, ga bisa makan sayuran ga bisa makan pedes. Kadang klo mo ngirit makan nasi sama soup doank Rp.8.000,- / Rp. 10.000,- hehehe.

Ini aja sedang berusaha, biar pagi hanya cukup minum segelas susu aja, jangan sarapan mie atau roti ^^. Jadi 1 hari an makan bisa di bawah Rp.30.000,- hehehe.

-Pitshu-

[…] Berhemat! itu adalah jalan terbaik, anda bisa melihat2 tipsnya disini […]

[…] Berhemat! itu adalah jalan terbaik, anda bisa melihat2 tipsnya disini […]

[…] juga. Jadi kenapa tidak sebaiknya anda lakukan? Berhemat bisa membuat anda menjadi kaya dan tips berhemat ada disini. Jika anda tidak bisa berhemat, mungkin selamanya anda tidak akan pernah kaya dan rasanya tidak […]

Mas Andy, bagus banget blognya. Sudah lama ngga main kesini. Apakabar Mas? Artikel berhematnya dan target 2009 membakar semangat banget mas…mudah2an bisa ikut2an sukses seperti mas Andy, btw sepertinya target May 2009 mas Andy sama dengan saya…kita barengan nih..Sukses ya Mas

Hi Pandu, terima kasih, sama2 sukses di 2009 ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: