The Orange Network

Enjoy your work / leave it… (Part I)

Posted on: April 15, 2007

Ada seorang teman, saat ini dia baru pertama kali mulai bekerja, setelah cukup lama mencari pekerjaan, akhirnya dia mendapatkan 1 pekerjaan di sebuah perusahaan yang industri dan posisinya tidak berhubungan dengan bidang pendidikan yang dia ambil waktu kuliah. Setelah hampir 1 bulan kebetulan saya sering bertemu dia, saya sering melihat dia begitu kelelahan setelah pulang kerja, kemudian menceritakan tentang “ketidaknyamanan” pekerjaan dia dan hal2 lain yang membuat dia merasa malas untuk bangun setiap paginya dan berangkat ke kantor.

Cerita lain adalah seorang teman yang juga baru mulai bekerja, kemudian kantor tersebut membuka lowongan untuk posisi lainnya, lalu entah bagaimana dia ditugasi melakukan pekerjaan tersebut yang artinya dia mengemban 2 posisi dan harus menjalani 2 jenis pekerjaan yang sedikit berbeda, kemudian setelah 1 minggu dijalani, hampir sebagian besar tugas2nya tidak terselesaikan dengan sempurna, baik itu dalam result maupun waktu deadline, dan efek lainnya adalah selama seminggu terakhir selalu lembur dan nampak kelelahan / stress.

Lalu saya juga masih sering mendapat curhat dari teman kantor lama yang mengeluhkan tentang ketidak-nyamanan-nya dikantor, tentang keinginannya untuk segera keluar dari tempat tersebut, keluhannya mengenai system yang kacau dsb tapi hal itu sudah terjadi sejak setahun lebih yang lalu dan ironisnya dia masih ada disana…

Masih ada beberapa cerita yang intinya mirip2, tentang ketidaknyamanan di tempat kita bekerja. itu bisa terjadi oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja, tidak terkecuali fresh graduate, midle management maupun CEO sekalipun, tidak pandang itu perusahaan kecil maupun multinational company, tidak kenal waktu pada saat pertama kali kita bekerja maupun setelah 5 tahun kita bekerja.

Apa yang harus dilakukan? banyak hal, berikut dari pengalaman saya yang sudah melompat 3 kali dari perusahaan2 lama.🙂

  1. Perhatikan sekitar & cari tahu penyebabnya.
  2. Lakukan perubahan.
  3. Minta bantuan kepada orang yang tepat, jika diperlukan.
  4. Buka mata & telinga, persiapkan CV baru dan … loncat.

Saat kita bekerja kita akan merasakan work environment di tempat tersebut, apakah teman-teman anda menyenangkan? anda bisa merasakannya dengan melihat apakah mereka cukup membantu anda ketika anda mengalami masalah dalam pekerjaan anda dan bisakah mereka bekerja sama dengan anda?

Apakah mereka menikmati pekerjaan mereka? bisa dilihat dengan apakah mereka selalu datang tepat waktu dan pulang sedikit lebih lama? apakah mereka selalu bercerita tentang betapa mereka menikmati dan menantangnya pekerjaan mereka atau malah anda sering mendengar keluhan tentang pekerjaan yang membosankan, gaji yang tidak cukup, bos yang menyebalkan, lingkungan kerja yang buruk sampai katering yang tidak enak.

Apakah turn over di perusahaan anda tergolong tinggi? apakah setiap bulan selalu ada orang keluar dan masuk perusahaan? bagaimana dengan karir? berapa tahun orang yang paling lama bekerja di perusahaan tersebut di banding umur perusahaan dan apakah orang tersebut menikmati pekerjaannya? dan masih banyak hal2 yang bisa anda perhatikan untuk menyimpulkan anda menikmati pekerjaan anda sekarang atau tidak, jika tidak…

Cari tahu penyebabnya untuk diri anda sendiri, apa yang menyebabkan anda tidak bisa menikmati pekerjaan anda? apakah tekanan yang diberikan terlalu besar? jika ya temukan solusinya terlebih dahulu sebelum memberitahukan kepada orang lain, anda tentunya tidak ingin kelihatan seperti orang yang suka mengeluh tentang pekerjaan anda dimata orang lain kan? perhatikan baik-baik apakah anda bisa melakukan semua itu, atau memang itu diluar kemampuan anda, jika anda bisa mengatasinya, lakukan dengan baik, jika tidak berikan alasan yang benar-benar masuk akal dan coba ceritakan ke 1 orang teman anda yang bisa anda percaya untuk meminta masukan sebelum anda bicarakan ke lapisan management. Dengarkan pendapat dia, pertimbangkan, dan ambil kesimpulan yang tepat.

1 Response to "Enjoy your work / leave it… (Part I)"

[…] work / leave it… (Part II) Posted April 29, 2007 Melanjutkan dari blog sebelumnya Part I, kemungkinan besok atau lusa tepatnya awal bulan May ada seorang teman yang meninggalkan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: