The Orange Network

Ramalan, sebaiknya percaya atau tidak?!

Posted on: April 1, 2007

Kemarin waktu saya berkumpul bersama kakak2 saya, kita ada sempet ngomongin soal ramalan salah satu peramal lokal yang namanya sering terdengar, nama ngetrendnya “Mama Lauren”, kebetulan juga majalah Kartini bulan ini membahas ramalan tersebut disertai foto2 gambar awan yang vertical seperti garis lurus yang katanya “tanda2” akan ada bencana seperti gempa atau tsunami, sayangnya saya lupa untuk membaca masalah tersebut karena terlalu asik bermain dengan keponakan2 saya.

Terlepas dari itu semua saya jadi berpikir, jika saya mempunyai kemampuan “khusus” seperti mereka, apakah saya akan melakukan hal yang sama seperti mereka? mengeluarkan statement yang membuat bulu kuduk merinding, menghisap harapan, menghapus kebahagian orang2 disekitar kita dan orang banyak lainnya? lalu apa yang harus kita lakukan? apakah mereka memberi tahu kita harus bagaimana? apa yang mereka lakukan juga dengan dirinya sendiri? apakah mereka pergi ke tempat yang aman seperti luar negeri misalnya? atau sembunyi di bunker bawah tanah dengan persediaan makanan untuk 6 bulan? atau mereka menghubungi pemerintah supaya melakukan program persiapan dan pencegahan bencana alam? atau hanya sekedar cari popularitas dengan menyebar-nyebarkan kemampuan ramalan mereka di media?

Buat yang membaca blog ini, please jika kalian mempunyai kemampuan “khusus” sebisa mungkin pergunakanlah dengan baik untuk menolong sesama, bukan sekedar ngomong tanpa solusi. let say kita bisa melihat kejadian mendatang, misalnya anak tetangga akan tertabrak sepeda motor, apa yang sebaiknya kita lakukan? beritahu orang tua mereka, beri tahu si anak, dan perhatikan situasi dan berusahalah untuk mencegahnya.

Ah itu mah masalah kecil jadi gampang ngomongnya, coba kalo ramalannya bencana alam tsunami setinggi 15 meter… apa yang bisa kita lakukan? cobalah untuk menghubungi badan pengawas bencana alam pemerintah, perhatikan gejala alam dengan lebih baik, beritahu orang2 agar bersiap2 dan tetaplah untuk tidak panik, dan cobalah untuk berdoa. Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan, itu hanya pikiran sekilas saya. At least jangan membuat takut orang2 disekitar kita dengan keraguan, bimbang, panik tanpa ada solusi atau usahanya.

Kembali ke ramalan yang serem itu, saya sendiri berpikir jika ramalan itu benar, saya bisa apa yah? mo pergi ke luar negeri ngga mungkin karena saya sendiri ngga begitu yakin ramalan itu akan benar2 terjadi, dan ngga ada duit juga, mo ngumpet di bunker jelas ngga ada, mo ngumpet di apartemen paling tinggi, ngga ada apartemennya, mo pulang ke kampung jelas ngga mungkin karena saya kerja dan butuh duit, so? pasrah? sementara ini iya, saya hanya bisa berdoa supaya hal itu tidak terjadi, sambil memperhatikan gejala2 alam.

berikut saya pastekan gejala2 tsunami :

Tips peringatan tsunami:

1. Jika Anda merasakan gempa yang sangat kuat sementara Anda di pantai
segeralah meninggalkan pantai

2. Jika permukaan air di pantai surut mendadak tidak seperti biasanya
segeralah pergi menjauhi pantai

3. Jika melihat ombak yang kuat dan tidak seperti biasanya, bisa jadi
merupakan gelombang pendahuluan awal tsunami dari gempa jauh. Segeralah
menjauh dari pantai.

4. Jika mendengar suara gemuruh/genderang/ledakan dari arah pantai segeralah
menjauh dari pantai.

5. Jika angin dingin bertiup dengan bau garam menyengat segeralah menjauh
dari pantai

Tips aman tsunami:

1. Tsunami bergerak dan menjalar dengan sangat cepat jangan coba-coba ingin
melihat tsunami

2. Tsunami berupa deretan gelombang-gelombang yang susul menyusul

3. Gelombang tsunami yang pertama belum tentu gelombang yang paling besar

4. Setiap gelombang antara satu dengan yang lain bisa selama beberapa menit
hingga 1 jam. Sehingga ancaman bahaya tsunami bisa berlangsung selama 1 jam.

Sumber Gejala Tsunami, ftjnet, Awan Vertical, Mitos2 Bencana Alam, Mitos Awan Gempa, Tsunami 17 july 2006

note : jika kalian ada sumber2 pengetahuan lainnya yang berguna silahkan sharing di sini, terima kasih.

Jadi marilah kita bersama2 waspada dan saling sharing informasi yang berguna dan MASUK AKAL dengan solusi2 yang mungkin bisa kita lakukan untuk mencegah hal2 yang buruk terjadi kepada kita. Daripada ngeramal yang nakut-nakutin doank, atau ngeramal yang jelek2 doank, mendingan ngeramal kapan itu monorel di Indonesia bisa selesai, kapan itu busway jadi semua dan Jakarta ngga macet, terus apa yang harus dilakukan? atau gimana caranya biar Indonesia bisa maju, dsb. Ramal seh boleh, tapi pake logika plus solusi donk…🙂

27 Responses to "Ramalan, sebaiknya percaya atau tidak?!"

Salam dalam Kristus,…

Mohon baca Matius 12:39-42,….mengenai niniweh dan banjir,…dr ratu selatan dn Putera manusia.

Lalu ,…anda lihat kejadian2 di negara ini,…apa kesimpulann anda,…

Semoga Tuhan kita yesus Kristus,..alpha omega,…selalu melindungi dan mengampuni kita.

@chriss…welcome here🙂 maaf saya tidak punya alkitab saat ini, saya coba cari di online dan menemukan ini http://www.bit.net.id/SABDA-Web/Mat/B_Mat12.htm apakah itu benar yang dimaksud? kalo benar, saya juga masih tidak mengerti maksudnya… mohon penjelasannya menurut anda jika berkenan…🙂

saya tidak bisa menyimpulkan apa2 tentang kejadian di negara ini karena saya bukan siapa2, saya hanya bisa berpikir untuk diri sendiri dan mungkin orang2 di sekitar saya (bisa melalui blog ini juga) bahwa seandainya kita bisa saling menolong sesama keadaan akan jauh lebih baik, atau jika tidak mau/tidak bisa menolong sesama, setidaknya jangan membuat orang lain menderita.🙂

Maaf,saya tidak pernah membuat org lain menderita,….coba anda baca baik2….pada hari KIAMAT,…akan di bangkitkan org2 NINIWEH …ratu dari negara selatan,..(MOHON BACA 12;41,12:42,..KHUSUSNYA),….ratu dari negara selatan,…bukan QUEEN OF SHEBA seperti penafsiran banyak romo2 dan pendeta kristen saat ini.Karena ayat ini bicara MASA DEPAN/FUTURE.
BUKAN MASA LALU,…coba baca INJIL/ALKITAB dalam bahasa INGGRIS,…ratu dr negara selatan disebut QUEEN OF THE SOUTH,..RATU SELATAN!!….negara mana yg punya legenda RATU SELATAN?….INDONESIA.

MAAF SEKALI saya TIDAK MENAKUTi2,….Matius 12:40….anak manusia(Yesus)…diperut bumi,…tahukah anda kalo SEMUA…GEMPA…TSUNAMI….ANGIN dll ditentukan oleh perputaran inti bumi?,,,,,sekali lagi saya tidak menakut2i.Dan saya juga benci org yg nakut2in,…

SARAN: dr segi spiritual,….sebaiknya selalu berdoa,..dan MEMAAFKAN,…krn KITAPUN sekarang sedang diEVAULASI,….apapun dosa kita,..kalo say tidak mohon keadilan,..tapi PENGAMPUNAN(baru2 aja ada doa tobat nasional,..apakah kita mohon tobat kpdNYA,..tapi TIDAK MAU MEMAAFKAN SSAMA??)…..jangan menghakimi kalo kamu tdak mau dihakimi.
dr segi logic,….waspada terhadap gempa,…karena sejak thn 2000 an INDONESIA mulai aktif,…(lihat web site USGS).Tanah dibawah kita mulai aktif bergerak dan suatu saatakan ada trigger2 gempa besar.(tsunami2004,terbesar abad ini,..lumpur sidoarjo ..pertama kali didunia,…IS IT JUST AN EVERYDAY DISASTER?)
Daerah aman didunia…australia,…di indonesia..kalimantan.

Saya juga bukan siapa2,…hanya beberapa puluh tahun yg lalu saya pernah meriset gempa indonesia semasa sekolah di AS.

Saya sudah,.berbuat…tanpa ada yg tau,…saya menyarankan pada seorang pejabat utk pasang alat tsunami warning disekitar p seribu.(tadinya jkt tidak dikategorikan rawan tsunami,..hanya pantai sel)

YG PLG PENTING SAYA TIDAK PERCAYA MAMA LAURENT,….karena hanya DIA ANAK MANUSIA(Yesus) YG TAU…

Mungkin pendapat saya spt org gila,..ga pa2 kalo itu bisa menyadarkan,…dan menyelamatkan.

ANDA tau hasil riset saya puluhan tahun yg lalu?…indonesia LEBIH AKTIF dr California…patahan gempanya,..dan klo liat data USGS,…mulai aktif sejak thn 2000an.

Mendingan monorail ga jadi,..drpada jadi,..nanti naik mobil sendiri disuruh bayar ERP(ELECTRONIC ROAD PRICING),…..sadar ga ya,…bahwa hal itu ga fair?….dan dinegara lain ga ada.klo bandingannya singapore,..ya ga sebanding,…penduduk jkt 5-6x dr singapore.dn singapore bukan monorail man,..MRT…lain.

waduh chriss… saya juga tidak ngomong anda membuat orang lain menderita kok… commentar saya diatas bukan spesific pada anda lho…

wah sudah riset dari puluhan tahun… boleh tahu lebih detils tentang siapa Anda?🙂

ehm jujur gaya bahasa anda susah dimengerti oleh saya dan mungkin beberapa orang lain… but thanks for comment…

Ramalan buat gw sedikit percaya banyakan ga..
gw ga gt terlalu pusing memikirkan ramalan mama laurent yg kebanyakan orang bilang ramalan dia selalu tepat. Dia bilang taon ini masih ada lagi kecelakaan pesawat, kapal laut tenggelam, Gempa. Buat gw yg mendengar mama laurent ngomong gt ga bikin gw jadi parno.
so, jalanin aja hidup u drpd menebak2 kejadian yg akan terjadi tp lom pasti terjadi..

sekedar info,..alkitab ONLINE yg anda pakai,..beda dr alkitab yg saya punya,…ga ada kata…”KIAMAT”…di alkitab!

@chriss… saya tidak punya alkitab offline apalagi online…🙂 anyway we think better you introduce yourself 1st with more details like give your own blog link… thanks.

ada2 aja commentnya… hahaha…

masalahnya kembali kepada kita percaya atw ga… mrk sudah beruaha untuk bicara tp sapa yg percaya? percaya aja ga, gimana mrk minta bantuan org lain untuk memberi solusi… hehehehe… spt misalnya tsunami… pemerintah ga percaya…

mama laurent,, meskipun kita sama** bataq!!
tapi ,,jangan-jangan dari semua ramalan mama laurent itu,,yg memang kadang** benar terjadi!! Maybe mama loren sendiri yg membuat bencana itu sendiri!!
JGN TERSINGGUNG,,MAMAKAN TEGAR MENGHADAPI SEMUANYA TERMASUK KRITIK PEDASKU!!!
OH,IYA AKU KAN DI PEKANBARU!
kata mama, akn terjadi bencana besar di RIAU tgl 4 april, eh sekarang kan udah tanggal 5 april,,
Buktinya gak ada terjadi apa-apa tuh!!!!ye…yee..

chriss,, salut deh gwe sama loe!!
SEMOGA TUHAN MEMBERKATIMU!!
EH,, KALIAN SEMUA PERCAYA SAMA RAMALAN APA SAMA TUHAN???
JODOH DITANGAN TUHAN..
MATI DITANGAN TUHAN..
HIDUP DITANGAN TUHAN..
TAPI KIAMAT.. TAK AKAN PERNAH TERJADI!!!

@dian putri… walah2… santai aja non… btw lebih bagus kalo linknya ke blog official u sendiri, bukan ke google! berani bicara, berani tanggung jawab.🙂

Serahkan saja sgala nya ke TANGAN Tuhan.. Ia yg ciptakan kita… dan hanya Dia yg tau masa depan…

@Dian Putri,….thanks and may GOD bless you too,..always!You will never walk alone….

selama ini yang diketahui Tuhan cuma satu,dan ketika Dia punya rencana tidak ada yang pernah bisa tahu, selalu rahasia, berarti hebat dong yang bisa tahu, boleh tahu wajah Tuhan kayak apa?

boleh tau ga alamat mama laurent dan no telpny ga sich??

Thx’s yeeeee

bis minta alamt mama laurent? thnks

saya minta di bantu untuk di ramal karena begitu banyak masalah dalam hidup saya.

thank’s
ida

@Ade & Yuni… Tentu saja saya tidak tahu.🙂
@Ida… Maaf ya sebelumnya, seandainya anda diramal, lalu hasil ramalan tersebut anda kurang beruntung bahkan dalam jangka waktu yang lama misalkan, apakah itu akan membuat anda merasa lebih baik? atau bisa berjaga-jaga? Saya rasa tidak.

Masalah butuh jalan keluar untuk menyelesaikannya, bukan ramalan. Untuk menyelesaikan masalah, anda harus tahu pokok permasalahannya, lalu memikirkan jalan keluarnya, jalan keluar dari masalah biasanya tidak hanya satu, dan anda juga bisa meminta bantuan orang lain yang anda percaya, dari mulai sekedar saran, sampai benar2 yang bisa membantu anda.

Trust me, tidak ada yang bisa meramal 100%, even jika saya bertemu peramal yang tanpa diminta meramalkan nasib saya, saya hanya akan mengganggapnya sebagai hiburan, percayalah pada Tuhan, mintalah bimbingan-Nya, percayalah pada diri sendiri juga bahwa anda akan bisa mengatasi segala masalah yang ada dan perkuat diri anda. Goodluck.

Tolong minta alamat dan no., Telp Mama Laurent

Minta tlong alamat dan telp Mama Laurent ya…..

alamat mama loren & no telp sekalian ths

Salam Mama Lorens

Apa khabar kak Lorens?
aku ,nani rawamangun
semoga masih ingat
minta dong nomor telpon kakak
nani rindu
salam takzim

halo namaku setia,bisa tahu alamat mama laurent dan no telp yg bisa dihubungi? ini penting buanget
trims banyak yg membantu

tololng ramalin saya dgn cowo saya dia bintangnya virgo sedang saya bintangnya scorpio tololng yach…….makacieh

saya memang punya masalah dgn cowok saya,tp terkadang dia anggap biasa kayak gk da mslh g7 aku bingung kadang dia manja dan kadng dia nyebelin tp aku bruntung bsa dpatin dia

AKU SAYANG KAMU ARI MUACCCAAAH

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
