The Orange Network

Steve Jobs berubah sikap mengenai DRM

Posted on: March 3, 2007

Steve JobsSteve Jobs si CEO Apple *Salah satu orang yang saya kagumi. 🙂 membuat pernyataan yang membuat para pengamat industri kaget, bagaimana ngga, dia meminta model baru dimana lagu dibeli dan dijual tanpa batasan DRM (Digital Rights Management), padahal itunes sendiri bisa berkembang pesat lantaran sistem DRM.

Apa itu DRM?

Digital Rights Management adalah semacam system untuk membatasi / melindungi hak cipta, anggap saja anda membeli sebuah lagu lewat itunes (toko musik Apple) lewat internet, anda sudah membayar dan memiliki lagu tersebut di ipod anda, tetapi anda tidak bisa meng-share lagu tersebut ke orang lain atau ke media lain selain ipod. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembajakan lagu yang merajalela di internet, tetapi untuk apa? hacker dan pembajak masih mempunyai 1001 cara untuk melucuti itu semua.

Lalu kenapa seh si Steve itu berani mengeluarkan statement seperti itu? apa dia ngga khawatir tuh, kalo ga pake DRM penjualan ipod bisa menurun karena orang bisa saja mendengarkan lagu ngga pake ipod lagi? mungkin saja tidak, karena Steve sendiri sudah sangat percaya diri dengan kemampuan team Apple yang begitu wah dari segi design dan future.🙂 wanna try to challenge Apple? just try…

Mungkin saja dia sekarang berpikir ingin lebih membebaskan konsumen dengan berbagai banyak piliham karena menurut dia ngga semua penggemar musik itu melakukan pembajakan, dan sistem DRM dianggap merepotkan / membatasi kepuasaan konsumen, anggap saja seperti mendownload film melalui itunes yang terdapat masa expired, jika kita tidak menonton dalam batas waktu yang ditentukan, kita akan kehilangan kesempatan berikutnya, mengesalkan bukan? itu mungkin yang ada di pikirannya.

Bagaimana dengan negara Indonesia? hahaha mungkin engga terlalu ngefek, dengan atau tanpa DRM, dengan atau bukan ipod, bajakan tetap masih merajalela…🙂 *termasuk saya? iya tuh lagu2 di hardisk saya semua bajakan, bahkan saya tidak mempunyai satu keping pun koleksi musik atau film yang original, hanya beberapa vcd alladin yang saya beli di Gramedia untuk keponakan saya.🙂

Source : Majalah Bussines Week, 7 maret 2007.

1 Response to "Steve Jobs berubah sikap mengenai DRM"

Nih CEO Apple bener-bener caring banget deh sama pembeli produk-produknya. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: