The Orange Network

How to make yourself and arround u happy?!

Posted on: March 1, 2007

Hari ini saya mendapat pertanyaan dari teman, “Ndy, kenapa seh u kok keliatan happy terus?” saya hanya menjawab “Ha? masa seh?! baguslah ” sambil tersenyum… apakah saya memang orang yang gembira setiap waktu? apakah saya tidak mempunyai masalah? apakah ada tips dan trik yang bisa di bagi? hmmm I don’t know, I just want to be happy, and trying always be happy…

Setiap orang ada masalah, begitu juga saya, bahkan kalo di pikir2 detik ini pun saya ada beberapa masalah, misalnya? saya belum deal dengan client, dan masih gantung sampe 11 march nanti, saya belum punya koper kecil / sedang buat ke bangkok rabu depan nanti, saya belum siapin mata uangnya, di kepala belakang saya ada benjolan aneh, badan saya cape2, sampai ac dikamar saya bocor dan belum sempat panggil tukang, beberapa kali saya telepon client dapet orang yang menyebalkan, target quartal saya belum terpenuhi, apalagi target tahunan, target pribadi, dsb dsb wah seabrek deh…

Besar atau kecil setiap orang ada masalah, mungkin saya ada sedikit kebiasaan dalam keadaan apapun saya bisa tetap tenang, emosi dan ekspresi saya sekarang jauh lebih stabil dibanding dulu, mungkin karena pengaruh umur dan pengalaman2 dulu2, sekarang saya berpikir, ketika ada masalah, sebisa mungkin tetap tenang, rileks, berpikir jernih, dan kalo bisa tetep happy, masalah apapun pasti ada jalan keluarnya, tinggal jalan keluarnya itu baik atau buruk, seandainya buruk pun ngga terlalu buruk jika belum menyangkut hidup dan mati seseorang.🙂

Jadi gimana donk biar bisa happy terus? saya ngga bisa jelasin, saya juga ngga bisa saranin, saya bukan psikolog, tapi yang biasanya saya lakukan adalah :

  • Bersyukurlah dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang. Ini adalah cara yang paling sering saya alami, ketika saya sedang down, saya berpikir thanks god for giving me all of this, I know this is hard for me / us, but I know You gived me this situation because You want me better and better. Tuhan memberikan cobaan kepada saya / kita, pasti Dia ingin kita lebih baik lagi, jadi tetaplah berusaha, diluar sana banyak yang jauh lebih parah dari kita, dan mereka tetap berusaha, kenapa kita ngga?
  • Sabar. Orang sabar itu baik, baik buat kesehatan, baik buat diri sendiri, baik untuk lingkungan, orang ngga sabar itu gampang marah, bisa bikin darah tinggi, bisa bikin orang lain marah juga, bisa bikin kecelakaan, bisa bikin kehilangan pekerjaan, client, jabatan, uang dsb.
  • Berdoa. Kita mahluk yang lemah, saat sudah tidak ada siapa2 atau apapun yang bisa kita lakukan, kita masih bisa berdoa, berdoalah dengan sungguh2, tepatilah kata2 kita, pasti doa kita akan terkabul cepat atau lambat.
  • Smile. Senyum itu gampang dan enak, murah, sehat, bikin tampang kelihatan cakep/cantik, bikin orang lain senang dan bales senyum, bikin suasana mencair, nah senyum yang bagus lagi senyum itu menularkan kebahagiaan di sekitar u.
  • Berusaha dan berusaha. Coba dulu sampai benar2 ngga bisa, kalo ngga bisa coba minta bantuan, kalo masih ngga bisa, coba cara lain, kalo memang harus ada yang dikorbankan, ya pilih yang terbaik, hidup itu banyak pilihan dan pengorbanan kan?!
  • Jangan memusingkan hal2 kecil. Jangan suka mengkomplen tentang keadaan u atau hal2 kecil yang sebenernya malah membuat kita semakin down atau memperburuk keadaan, cobalah relax, flexible tetapi tetap focus dengan apa yang kita capai. misalnya dalam keadaan macet, daripada kita mengomel2, coba putar radio dan cari diskusi yang menarik atau paling tidak musik favorite, atau misal teman kerja kita menyebalkan, bersikaplah santai, focus pada apa yang harus kita capai dan lakukan, biarkan dia bicara dan kalahkan dia dengan keahlian kita.
  • Berbahagialah atas hal2 kecil. kadang kita banyak mendapat keberuntungan/prestasi, tapi kita ngga melihat semua hal itu, yang kita lihat biasanya hanya hal2 yang menyebalkan, coba perhatikan baik2, apa yang sudah kamu dapatkan sekarang ini? misalnya anda bisa membaca blog ini, anda bisa menggunakan internet, anda mempunyai komputer, anda tinggal dirumah yang kokoh, memiliki keluarga yang baik, bisa sekolah, mempunyai pekerjaan, mempunyai teman dan kekasih, dsb dsb dsb… look how lucky you are now?!🙂
  • Buatlah diri anda sibuk. Orang yang sibuk tidak ada waktu untuk bersedih, tetapi hindari juga stress, sibuklah dengan keadaan anda menikmati pekerjaan dan apa yang sedang anda lakukan.

so are u happy now?🙂

oh ya ada kata2 bagus… “You only live once, but if you work it, one is enough!”🙂

*updated : 04 march 2007

5 Responses to "How to make yourself and arround u happy?!"

dr semua hal” yg diatas semuanya uda gw lakuin.. cm 1 yg rada ga bs “Jangan Memusingkan Hal2 kecil” klw masalah kesabaran.. ya lumayan lah.. biar sedikit tp gw da berusaha coba sabar.. tp kadang suka kebablasan jg.. namanya jg manusia heh..

cm banyak yg bilang klw gw ga pernah terlalu ambil pusing sama hal” yg suck. kadang gw buat enjoy.. biarpun sebel biasanya sebel hari itu jg ga mau dibawa larut.. ga enak..
yg gw mau masalah kelar hari itu jg.. tp biasanya masalah na itu dateng dr gw na sendiri.. ya kaya memusingkan hal kecil en gw bikin gede.. heh.. maklum ya.. namanya jg ce gt loch :p

errghh,, pusing ddeh ikutin saran kk / om Andy.

Kenapa? Guwe orangnya itu terlalu “Arrogan” untuk diajak berkumpul, apalagi pesta-pesta.

Apa yang membuat hidupku selama ini kuanggap tidak Arrogan?

Simple…

Teman.

Temenku banyak banget, aku enggak punya musuh, semua bisa sayang aku. Padahal? Semua tahu bahwa aku orangnya super-duper arrogan. Diajak omong aja kadang-kadang enggak connect sama purposenya.

Kenapa di inet aku banyak bicara?

Semua kearroganan ku kalo kuanggap sendiri merupakan ketakutan ku. Aku takut banget kalo misalnya aku udah menjalin hubungan sama orang, tapi tahu-tahu orang itu meninggal, diculik, pergi ke negri yang jauh, dsb (mungkin rada-rada berfantasi ya?). Inet satu-satunya teman bicaraku yang tidak kutakutkan hilang. Aku enggak menjalin hubungan sama temen-temen ku. Mereka yang melakukan. Sebenernya aku juga butuh teman, tapi aku takut, takut banget. Entah kenapa, itulah jalan hidupku. I’m a MAN!!!

@deutzy

Hebat, baru pertama kali aku denger orang yang “hidup tanpa beban”, ato kata lainnya “live without burden”. Huff,, i wish my life can be like you…

nice tips… dan g juga setuju makin tambah umur makin stabil, makin sabar n lebih terkontrol, waktu abg kek nya meledak-ledak :p
mnrt g poin paling bagus itu bersyukur untuk yg udah kita miliki… like the bible says ‘in all things, give thanks’ I think it can really help us to be happy cos the moment we take a notice and give thanks for all the things we have, we realize God has given us very much.

@deutzy… biasanya ce lebih sabar lagi dari co lho…🙂

@bca… arogan? yang dimaksud mungkin keras kepala? mau menang sendiri? dalam beberapa hal memang kita harus tegas, tapi bukan berarti merugikan orang lain, mungkin itu perbedaannya. Dan semua hal yang kita miliki sekarang ini seperti materi, teman, keluarga, orang2 yang kita sayangi, peliharaan kesayangan dsb ngga ada yang abadi, justru karena itu selagi kita bisa bersama mereka, cobalah untuk menghargainya, jika memang sudah waktunya berpisah, dan beberapa hal kita tidak bisa mencegahnya seperti kematian, jarak, perbedaan prinsip, relakan saja dengan tenang.

@mey… iya mey, bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang itu bisa membuat kita ngerasa beruntung banget disaat lagi down… dan membuat kita lebih semangat untuk lebih berusaha dan bangkit…🙂

@OrangeMood

Aku enggak pernah takud sama yang namanya kematian. Arogan dalam hidupku itu maknanya ; Keras kepala, penyendiri, enggak connect kalo diajak omong, dan laen-laen lah.

Mami guwe sendiri yang bilang persis kaya OM :

“Aku itu selalu dihargai orang lain, tapi kenapa aku sendiri enggak menghargai orang lain?” (sudut pandang orang ke-3).

BTW, thanks buat sarannya, doain aja aku enggak tambhah arogan.

Sering temen guwe bilang : “Hoi, kamu kog diem kenapa seh?”

Terang aja guwe jawab : “Terserah”

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
