The Orange Network

Curse of The Golden Flower

Posted on: February 24, 2007

Yeah, it’s saturday, weekend gitu lho, kantor libur, dari tadi santai2, nonton tv, ngeblog, baca2 blog, check email, nonton dvd, lunch bareng ce bentar sebelum dia pergi ke tempat ko2nya, terus lanjutin nonton dvd Curse of The Golden Flower yang semalem tertunda karena ngantuk kecapean.

Curse of The Golden Flower dibintangi oleh Jay Chow, Gong Li, Chow Yun Fat terkesan kolosal, lengkap dengan settingan istana yang megah, dengan ribuan dayang, pasukan, dan detils dari pakaian istana yang patut di acungi jempol. Bagaimana cerita dengan ceritanya sendiri? ceritanya fokus pada konflik di balik kemegahan istana, sang raja yang sebentar lagi akan di gantikan kedudukannya mempunyai 2 istri, yang 1 semua orang mengira sudah meninggal, kemudian memiliki permaisuri lagi Gong Li, kemudian mempunyai 3 orang putra, 1 dari istri pertama, dan 2 dari permaisuri Gong Li.

Ternyata Gong Li merasakan didalam hati sang raja tidak ada wanita lain selain istri pertamanya, dan Gong Li juga berselingkuh dengan anak tirinya sendiri, putra mahkota pertama, calon penerus sang raja. Putra mahkota pertama tidak cekatan, terampil, dan hebat seperti putra mahkota ke dua yang di perankan oleh Jay Chow, dia suka bermain wanita dan dia jatuh cinta dengan putri seorang tabib istana, yang ternyata istri dari sang tabib itu sendiri adalah ibu kandung alias istri pertama sang raja, yang artinya cinta mereka adalah cinta incest / terlarang karena hubungan adik kakak.

Sedangkan sang raja yang mengetahui permaisurinya selingkuh dengan anak kandungnya / putra mahkota pertama menjadi marah dan dendam dan setiap 2 jam menyuruh permaisuri meminum obat yang sudah di beri ramuan agar menjadi gila. Sang permaisuri tahu, tapi tidak bisa berbuat apa2, dia hanya menceritakan kepada anak kandungnya si putra mahkota ke 2, putra mahkota ke 3 yang masih kecil ternyata tahu mengenai hubungan ibunya dan kakak pertamanya, menjadi benci dengan mereka, dan juga ayahnya karena dia selalu dianggap masih anak kecil.

Jay Chow yang menyayangi ibunya berusaha menolong ibunya dan akan melakukan pemberontakan melawan ayahnya pada festival upacara bunga matahari. Dan pada hari H itu terjadilah peristiwa berdarah, jay cho memimpin pasukan menembus benteng istana, sementara itu didalam terjadilah konflik ketika istri pertama, anaknya dan tabibnya sedang di buru pembunuh bayaran atas perintah sang raja, mereka semua mati dengan mengenaskan dan sakit hati, putra mahkota pertama di bunuh oleh adiknya sendiri putra mahkota ke 3, dan putra mahkota ke 3 dibunuh oleh sang raja, lalu Jay Chow gagal menembus pertahanan benteng istana, dan dihukum akan di asingkan selama 5 tahun, namun akhirnya memilih bunuh diri dihadapan permaisuri/ibunya dan ibunya masih saja di beri racun, meski ending cerita itu kurang jelas nasib permaisuri apakah mati / gila.

Pusing mendengar penjelasan saya? lebih baik nonton filmnya, cukup bagus dari segi setting dan detils istana dan pakaian. *untuk pakaian, kita akan sering melihat (maaf) payudara yang tersembul keluar karena semua dayang dan permaisurinya memakai pakaian model kemben.🙂

Apa nilai dari film itu? yang terpikir oleh saya adalah, kemegahan yang nampak didepan mata, bukan berarti kebahagian didalam hati. Setiap orang mempunyai masalah dan konflik dalam diri, hanya saja tidak semua orang akan memperlihatkannya. Jadilah bijaksana dalam mengambil keputusan.

Have a nice weekend!

2 Responses to "Curse of The Golden Flower"

i think it’s a great movie, and deep too… and Gong Li is very beautiful…

@mey… iya tuh gong li kok makin tua makin jadi :p eh btw perhatiin ngga peran2 yang dia dapet kok kebanyakan berakhir tragis yah hidupnya… Curse of The Golden Flower, Memoirs of Geisha… apa lagi yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
%d bloggers like this: