The Orange Network

Pentingnya design packaging

Posted on: January 17, 2007

Siang tadi seperti biasa saat makan saya selalu sambil menonton televisi, entah apapun itu acaranya, kebetulan yang terpasang chanel tv5 france, tentu saja saya tidak mengerti bahasanya, tapi who care, saya cuman mau menonton selama saya sibuk makan. Di acara tersebut ada 2 orang pria dan wanita memakai pakaian formal dan membawa laptop, lalu datang juga 2 orang pria dan wanita memakai pakaian santai.

Nampaknya 2 orang formal itu akan melakukan pengetesan sesuatu karena mereka memasangkan kacamata yang dilengkapi kamera tanpa cable, 1 mengarah ke mata dan satu lagi mengarah ke depan, dan laptop tadi ternyata merekam kemana arah kornea mata bergerak dari kamera 1 dan kemana arah pandangan kita dari kamera 2.

 

Rupanya mereka akan menguji disebuah supermarket, 2 orang itu di beri daftar belanjaan, kemudian mereka akan mencari barang yang ada dan saat mereka berjalan tentu saja mata mereka bergerak dan berhenti pada spot2 tertentu selama seperkian detik, nah dari sana akan muncul barang apa yang paling menarik perhatian mereka, baik itu dari posisi, design, dan lainnya.

 

Saat itu saya juga makin tahu bahwa pentingnya peletakan posisi barang dagangan, design packaging, kemudahan akses, dan sebagainya. Dan tentu saja saya terkagum-kagum bahwa orang luar negeri memikirkan sampai segitu detilsnya, dan saya penasaran apakah itu sudah di terapkan di supermarket di sini seperti Hero, Giant, Carefour, atau mungkin Alfa/Indo Mart?

 

Pengalaman lain yang menunjukan bahwa keprofesionalan di negeri kita dan negeri orang cukup jauh adalah saat saya mengendarai bis double decker 2 tingkat dengan atap terbuka yang disediakan gratis untuk turis melihat pohon natal dan lampu-lampunya di sepanjang jalan orchard singapore, disana terdapat seorang mungkin masih anak kuliahan dimana dia menjadi komentator live selama perjalanan itu berlangsung menggunakan bahasa english dan di iringi musik natal.

 

Terlihat sekali profesionalnya karena menurut saya pribadi dan ce saya saat itu cara membawakannya jauh lebih bagus dari pembawa acara di radio indonesia yang pernah saya dengar, bahkan untuk beberapa acara televisi Indo sekalipun, dia menjelaskan dengan penuh humour ringan, keterangan yang jelas, dan informatif, misalnya ketika melintas sebuat pohon natal dari brand Swarovsky yang terkenal dengan crystal mahalnya, dia mengatakan “Kemungkinan ini adalah pohon natal termahal di singapore saat ini, dibuat dengan xxx crystal, selama xxx hari, di design oleh xxx dan akan terus menghias disana sampai tanggal 2 january 2007” dsb.

 

Saya sendiri ingin menjadi profesional di salah satu bidang, semoga kita semua juga menjadi profesional di bidangnya masing2.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
