The Orange Network

Orang Sabar Disayang Tuhan?!

Posted on: January 17, 2007

Kesabaran pada prinsipnya dimiliki oleh setiap manusia, hanya saja menurut orang-orang kebanyakan, kesabaran ada batasnya, nah batas itu yang berbeda-beda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Kalo orang jawa bilang “Sumbune Pendek” atau “Sumbune Dawa” : Sumbu disini berarti tali poros yang biasanya di pake untuk menyalakan kompor, atau tali poros yang terletak pada petasan/dinamit untuk menyalakannya, Dawa berarti panjang. Dengan kata lain, Sumbune Pendek itu sama artinya dengan kesabarannya sedikit dab sebaliknya.

Tentu saja tidak ada standar internasional untuk ukuran batas kesabaran seseorang, karena hidup manusia itu begitu komplek. Dulu dan sampai sekarang *meski sekarang agak-agak berkurang menurut saya, bahwa wanita itu lebih sabar dari pria, dan memang sudah seharusnya. Karena wanita yang biasanya merawat dan mengasuh anak-anak dimana porsinya lebih banyak, dan tentu saja tingkah laku anak-anak yang terkadang membuat kita jengkel dan harusnya bisa di maklumi / di sabari karena memang masih anak-anak. Tapi akhir-akhir ini saya sering melihat kaum wanita juga sudah mulai “Pendek Sumbune” alias memiliki kesabaran yang sedikit dengan dalih emansipasi wanita.

Terlepas dari persoalan diatas, sebenernya sabar itu sangat memberikan nilai positif dalam diri kita apabila kita melakukannya dengan tepat, dalam arti sabar akan membuat kita untuk lebih menunggu waktu yang tepat dan berpikir lebih lagi sebelum kita melakukan sesuatu yang biasanya menghasilkan suatu rumusan yang baik ketimbang keputusan yang diambil secara terburu-buru apalagi dicampur dengan emosi. Tetapi sabar  sebaiknya tidak untuk selamanya, karena biasanya hal itu bisa dijadikan pihak lain untuk mengambil keuntungan karena menganggap kita tidak berdaya.

Beberapa waktu lalu saya merasa kesabaran saya sedang diuji, dan sampai saat saya masih menjalani proses bersabar, semoga saya bisa menemukan batas kesabaran saya di saat yang pas, sehingga saya bisa mengambil keputusan dengan baik dan benar, karena ini menyangkut masa depan saya.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
