The Orange Network

Harga sebuah kejujuran? kebahagiaan!

Posted on: January 17, 2007

Hari ini saya sedikit lebih senang dari biasanya, kenapa? selain hari ini hari sabtu dimana setiap sore jam 4 – 6 saya melakukan olahraga favorit saya yaitu futsal. hari ini juga saya melakukan sebuah kejujuran yang pada menit-menit sebelumnya sempat berpikir untuk berlaku curang.

 

Rencananya jam 20.55 saya akan menonton Happy Feet, film cartoon tentang penguin yang tidak bisa bernyanyi tapi bisa ngedance bersama pacar saya dan adiknya, karena saya tahu hari sabtu biasa penonton rame sekali, saya sudah antri tiket jam 1 selama 45 menit, dan saya membeli memakai BCA side card buy 1 get 1, jadi harga tiket masuk yang seharusnya Rp. 35.000 pertiket, menjadi Rp. 35.000 per 2 tiket, dan itu masuk tagihan credit card langsung, jadi totalnya saya beli 4 tiket seharga Rp. 70.000 *kami hanya ber 3, tapi ada tiket 4.

 

Pacar saya menjemput adiknya terlebih dahulu, sayangnya dia terjebak macet jadi tidak bisa kembali ke Jakarta tepat waktu, akhirnya saya berencana menjual kembali tiket tersebut di sekitar loket karena saya yakin masih banyak orang yang mengantri. Sebenernya terlintas juga mau nonton sama temen akrab, tapi ngga begitu mood dan rasanya mereka sedang malam mingguan juga sama pasangan masing2, dan karena saya sedikit lelah setelah main futsal, jadilah kepikiran di jual aja. Dugaan saya benar sesampainya disana 20.30 orang masih ramai mengantri tiket, saya melihat-lihat sebentar pengantri, saya mencari orang yang tepat, dalam hal ini, jumlah dan orangnya yang ngga terlalu banyak bertanya-tanya atau malah mencurigai saya nantinya sebagai calo.

 

Kebetulan ada seorang ibu dengan ketiga anaknya yang baru datang dan sedang melihat-lihat jadwal bioskop, saya yakin mereka akan menonton Happy Feet karena memang meski film itu segala umur, tapi anak-anak yang pasti sangat ingin menontonnya dibanding Eragon, Curse of The Secret Garden atau The Grudge 2.

 

Saya menghampirinya dan mengatakan “Selamat malam ibu, maaf menggangu” wanita itu saya panggil ibu karena dia memakai jilbab, dari dandanannya dia orang yang cukup berada karena hp yang di pegangnya N73, lalu anaknya cewe yang paling besar memakai HP N70, dan ibu itu memegang tas Guess, dan sedikit saya lihat blink2 di bagian leher dan tangan.

 

Wanita itu tersenyum “ya ada apa?” “Ibu pasti mau menonton Happy Feet yah bersama anak-anak, saya ada tiket 4 dan saya tidak jadi menonton karena teman-teman saya berhalangan hadir terkena macet, saya mau menjualnya” saya to the point menjelaskan maksud saya, ibu itu tersenyum dan bertanya “untuk hari ini? jam berapa? kursinya dimana?” “ya untuk hari ini, sebentar lagi jam 20.55, dan kursi di tengah baris E, saya mengantri tadi siang” jawab saya.

 

Dia sempat sedikit ragu, dan dia melihat anaknya yang masih mengantri di paling belakang kira2 ada 30 an orang lagi baru sampai depan, dan bisa dipastikan saat itu tiket sudah terjual habis, meskipun midnight, tapi saya juga yakin mereka tidak akan menonton midnite karena 3 anak-anak itu tidak akan kuat menonton pertunjukan yang mulainya saja jam 23.45m jadi saya memastikannya “Ibu, kalo ibu mau mengantri, saya yakin tiket sudah terjual habis, atau mungkin ibu mau coba membeli cash dulu disana yang antriannya sedikit?” untuk pembelian cash harga pertiket adalah Rp. 35.000, maka ibu itu harus mengeluarkan uang minimal Rp. 140.000 jika ber 4, itu artinya suaminya tidak ikut. atau Rp. 175.000 jika ber 5 dengan suaminya.

 

“tunggu sebentar ya dek, saya telepon suami saya dulu” katanya sembari memencet hpnya, namun karena di dalam 21 tidak ada sinyal dia minta ijin keluar, dan saya menunggu di sana sembari melihat-lihat pengantri lain, jika ibu ini tidak jadi, dan saya hanya mempunyai waktu 10 menit lagi sebelum pukul 20.55. Ngga lama kemudian ibu itu datang lagi dan mengatakan “ok, saya mau deh” sambil membuka dompetnya.

 

“berapa semuanya?” saat itu terlintas saya bisa menjualnya minimal seharga 25 ribu pertiket  dan saya akan mendapatkan keuntungan, bahkan jika saya menjualnya seharga 35 ribu saya juga sedikit yakin ibu itu akan mau, karena anak-anaknya yang sangat ingin menonton, dan soal harga dia tidak akan jadi masalah, “ehm saya membelinya tadi siang menggunakan side card bca, jadi saya hanya membeli seharga 70 ribu untuk 4 tiket ini, ibu bisa membayar senilai 70 ribu saja” “hah? kamu yakin? saya lucky sekali donk, ngga perlu antri dan harga tiketnya murah, dan kenapa kamu jujur sekali?!” sambil mengeluarkan uang 100 ribuan dan menyerahkannya kepada saya, tiket saya berikan ke anaknya yang paling kecil karena dia begitu penasaran, lalu saya mengambil dompet, sayangnya uang saya hanya 50 ribuan semua dan 20 ribu, jadi saya tidak ada kembalian 30 ribu, ibu itu mengeluarkan 50 ribu dan bertanya kepada anaknya agar mengeluarkan 20 ribu, jadi pas. “Saya juga beruntung kok bu, selamat menikmati filmnya” sembari menerima uang dan memasukan  dompet saya, lalu saya pergi meninggalkan mereka yang nampaknya akan membeli popcorn dan minuman untuk didalam bioskop.

 

Saat keluar dari sana, saya tersenyum sendiri dan berpikir, kenapa yah saya tidak mau mengambil keuntungan saat itu? “ah, saya yang beruntung, saya tidak rugi 70 ribu, dan saya bisa berbuat jujur hari ini.”  jika saya menjual harga semua tiket itu 140 ribu, saya mungkin malah bisa rugi 70 ribu, karena mereka tidak jadi menonton hari ini, atau mungkin mereka akan bertele-tele dan terjadi tawar menawar, atau mungkin saya akan di sebut calo, karena disana ada penjaga yang berdiri tepat di bagian cash only, dan tiket itu akan hangus karena waktunya sudah expired, dan saya akan merasa bersalah karena menipu 70 ribu dan saya masih percaya dosa dan karma🙂 semoga saya, anda, kita semua bisa berbuat jujur untuk kebaikan bersama.

Leave a Reply

OrangeCategory

OrangePhotos

DSC_5739

DSC_5726

DSC_5716

More Photos
